Tips Agar Akun Facebook Tidak Mudah di Bajak

Recomended


Tips Agar Akun Facebook Tidak Mudah di Bajak - Bagaimanakah cara agar akun facebook tidak mudah di Bajak? Di awal kehadirannya, facebook adalah sebuah media sosial yang sangat populer dan begitu mudah untuk membuatnya. Setelah bertahun-tahun, media sosial ini mengalami banyak pengembangan dengan sistem keamanan yang kian dipercanggih.
Tips Agar Akun Facebook Tidak Mudah di Bajak

Pertimbangannya karena dulu setiap orang bisa membuat facebook dengan mudahnya, bahkan lebih dari satu. Sementara itu, ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang dengan tujuan buruk untuk mencuri data dan menyalahgunakan pemakaian akun facebook. Sampai hari ini pun masih dijumpai sejumlah kasus pencurian data atau penyalahgunaan akun facebook. Oleh karena, diwajibkan bagi setiap pemilik akun facebook untuk meningkatkan sistem perlindungan keamanan di dalamnya.

Kebiasaan Pemakaian

Kebiasaan pemakaian juga sangat penting dan berpengaruh pada tingkat keamanan akun facebook Anda. Misalnya, dari jaringan apakah Anda menggunakan dan mengakses facebook. Para pengguna facebook di warnet atau ruang-ruang publik wajib memahami ini sebaik-baiknya. Kalau bisa, jangan biasakan membuka facebook, email, atau akun media online lainnya dari warnet atau tempat-tempat publik. Lebih aman untuk menggunakannya dari perangkat pribadi.

Kebiasaan pemakaian juga terkait pada masalah-masalah teknik seperti bagaimana Anda seharusnya logout meski dari perangkat pribadi. Hal itu untuk mencegah risiko penyalahgunaan akun saat Anda lengah atau lupa. Langkah ini juga berlaku untuk semua jenis akun media sosial yang Anda miliki di internet.

Kebiasaan memakai facebook juga termasuk bagian penting dari upaya pengamanan akun Anda. Berhati-hati selama mengaksesnya pun menjadi satu faktor penting yang bisa menjamin sistem perlindungan dalam akun facebook. Contohnya, jangan sekali-kali asal klik tautan yang disebarkan orang lain atau bahkan teman Anda sendiri. Sekarang ini, banyak sekali model pencurian data dengan menggunakan tautan yang seolah-olah asli padahal merupakan phising. Sekali klik maka akan menyebar dan memasuki data-data informasi yang diinput dalam facebook. Apalagi jika akun tersebut tersinkronisasi pada email dan sejumlah akun media lain yang Anda miliki. 

Pengaturan Password

Mungkin ada sebagian orang yang menganggap facebook sebagai hal sepele. Alias dimanfaatkan sebagai media main-main dan bukan sesuatu yang serius. Namun sekarang ini tren pemakaian facebook sudah mencapai perannya yang signifikan, baik untuk sekadar berbagi informasi atau bisnis. Pihak facebook sendiri sudah melakukan banyak pembenahan kebijakan pemakaian serta perlindungan atas setiap hak penggunanya. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk menganggap facebook sebagai media sosial untuk keperluan iseng semata. Konsekuensinya ialah membuat akun facebook dengan password yang aman dan bisa menjamin perlindungannya secara maksimal.

Ada sejumlah prinsip pengaturan password yang sekiranya bisa membantu mencegah upaya hacking dari pihak-pihak tak bertanggungjawab seperti berikut ini.

Kombinasi password. Buatlah password yang rumit namun tidak membingungkan Anda sendiri. Kombinasinya dari huruf, angka, simbol dan sebagainya. Hindarilah pembuatan password yang menggunakan kombinasi dari nama, tanggal lahir, tahun lahir, atau apa pun yang berkaitan dengan data pribadi Anda. Termasuk pula dengan beberapa hal yang bisa terkait dengan hobi, pekerjaan, kesukaan, dan macam-macam.

Hindari pula pemakaian password yang sama untuk semua akun media sosial yang Anda miliki. Jadi, bedakanlah setiap password untuk facebook, instagram, twitter, email, dan media-media online yang Anda miliki.

Disarankan untuk selalu mengganti password secara rutin. Tidak perlu setiap hari, namun bisa sebulan sekali atau tergantung pertimbangan Anda sendiri.

Ada fitur pertanyaan keamanan dalam facebook yang wajib dimanfaatkan. Ini adalah lapisan perlindungan yang akan membantu memaksimalkan sistem keamanan di akun facebook Anda.

Pengaturan Keamanan Internal Facebook

Pengaturan keamanan internal facebook terkait dengan setiap fitur yang disediakan oleh facebook. Misalnya menu penandaan/tagging, posting, informasi pribadi, dan sebagainya. Aturlah sedemikian rupa sehingga akun facebook Anda tidak terekspos secara publik dan hanya teman-teman Anda sendiri yang bisa melihatnya. Kecuali jika tujuannya untuk promosi, maka pengaturannya pasti harus publik. Pengaturan keamanan internal facebook terdiri dari beberapa lapis yang bisa Anda manfaatkan dengan mengeceknya secara rutin.
Kesimpulannya, berhati-hatilah selama menggunakan facebook dan selalu mengawasi pengaturan keamanan yang telah Anda terapkan di situ.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Tips Agar Akun Facebook Tidak Mudah di Bajak"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.