Saling Tukar Subscribe Channel YouTube? Ini Untung Dan Ruginya

Recomended


Saling Tukar Subscribe Channel YouTube? Ini Untung Dan Ruginya - Apa artinya subscriber bagi seorang YouTuber? Mungkin Anda akan menjawab, "itu sangat-sangat penting!" Ya, itu adalah jawaban yang sangat tepat. Pasalnya, YouTuber akan merasa hampa tanpa seorang subscriber. Dimana sumber semangat para YouTuber adalah dari para subscriber atau orang yang berlangganan channel YouTuber tersebut. Itu artinya, jika subscriber nya banyak, sudah pasti para YouTuber akan merasa senang, dan begitupun sebaliknya. Jika subscriber nya sedikit, maka semangatnya pun sedikit pula. Oleh sebabnya, banyak cara yang di lakukan supaya subscriber mereka banyak. Seperti membayar subscriber bayaran, menyebar link di berbagai media sosial, dan juga yang sering terjadi adalah barter subscribe. Atau lebih jelasnya, "Anda subscribe, saya subscribe".

Saling Tukar Subscribe Channel YouTube? Ini Untung Dan Ruginya

Dalam hal ini nampaknya kita semua sepakat, bahwa subscriber itu memiliki arti penting bagi semua YouTuber. Namun arti subscriber sendiri bagi YouTuber adalah, sesuatu yang sangat spesial. Ibaratnya, klub sepak bola tanpa suporter, konser band tanpa penonton, dan lain sebagainya. Tentu itu akan terasa begitu hampa. Karena mereka tidak tahu melakukan itu untuk siapa? Untuk diri sendiri? Itu tidak mungkin! Saya yakin, kebanyakan orang yang membuat channel YouTube adalah dengan tujuan videonya banyak yang menonton dan juga banyak yang subscribe channel mereka. Apalagi sekarang, para konten kreator di YouTube bisa mendapatkan uang. Sudah pasti, mereka menginginkan subscriber yang banyak.

Berbicara YouTuber yang upload video atas dasar untuk diri sendiri, itu mungkin memang ada. Untuk tujuannya sendiri, hanya YouTuber itu yang tahu. Entah itu untuk mendedikasikan karyanya, ataupun untuk kepentingan pribadi lainnya. Yang jelas, hampir semua YouTuber memilih untuk memonetisasi videonya agar mendapat imbalan dari YouTube ataupun pengiklan. Nah, untuk mendapatkannya, tentu membutuhkan jasa dari orang yang mau menonton video tersebut. Dan agar mendapat banyak view, tentu saja harus memiliki subscriber yang banyak. Lalu, bagaimana caranya mendapat banyak subscriber? Tentu saja, dengan cara konsisten upload video yang di buat sendiri. Maka pasti akan ada orang yang menyukainya.

Meski demikian, bukanlah hal yang mudah mendapatkan banyak subscriber. Pasalnya, kita harus benar-benar mengetahui apa yang di inginkan penonton, dan video yang bagaimana yang berpotensi banyak mengundang orang untuk menyukai channel kita? Lalu, apakah perlu untuk meminta sesama YouTuber untuk saling subscribe? Atau lebih tepatnya barter subscribe? Kasus inilah yang ingin saya bahas pada postingan kali ini.

Pentingkah saling subscribe untuk mendapat banyak subscriber? Lalu, apa untung dan ruginya?

Sering sekali saya menemui orang yang mempunyai channel YouTube, lalu meminta orang lain untuk berlangganan chanelnya, dengan imbalan akan berlangganan balik. Itu sah-sah saja! Namun ada hal yang harus Anda ketahui mengenai hal ini. Yaitu untung dan ruginya. Bahwasanya, orang yang benar-benar ingin berlangganan channel kita itu, berdasarkan atas dasar keinginannya sendiri. Dalam artian, orang itu memang benar-benar suka dengan semua video yang kita buat, ataupun penasaran dengan video apa lagi yang akan kita buat berikutnya? Sehingga, orang itu akan mensubscribe channel kita, supaya bisa mengikuti terus kegiatan channel kita dalam jangka yang panjang (tidak ketinggalan).

Lalu, bila kita meminta orang lain untuk subscribe channel kita, apakah orang itu akan menjadi subscriber aktif? Atau malah menjadi subscriber pasif? Karena sudah pasti orang itu mensubscribe channel kita, karena mendapat perintah dari kita. Untuk menonton tidaknya, hanya mereka yang tahu. Toh kita tidak akan pernah tahu siapa saja yang menonton channel kita. Bukan begitu? Nah, berbicara untung dan ruginya, sudah pasti bisa di tebak. Untungnya kita mendapat subscriber banyak, dan ruginya jumlah subscriber tidak sebanding dengan jumlah viewer. Apalagi subscriber yang kita dapat, hasil dari membayar. Sudah pasti kita rugi banyak. Berbeda halnya jika kita mendapat subscriber banyak atas dasar kemauan dari orang tersebut, sudah pasti hasil memuaskan yang akan kita dapat, meskipun hanya mendapat 100 subscriber.

Menurut saya, lebih baik tidak punya subscriber, namun orang yang menonton karena memang suka. Daripada banyak subscriber, yang menonton kebanyakan bukan dari orang yang subscribe channel kita. Itu adalah hal yang terbaik menurut saya. Tapi jika Anda memang ingin mendapat banyak subscriber dengan cara seperti itu, ya silahkan saja! Itu hak Anda. Namun yang jelas, pendapatan anda dari AdSense, akan lama meningkatnya. Mungkin jika kita menunggu orang lain subscribe channel kita sendiri, itu lebih memakan waktu yang lama. Tapi percayalah! Dengan konsistensi, hasilnya akan jauh lebih memuaskan di banding saling tukar subscribe. Dan pendapatan AdSense pun, pasti jauh lebih banyak. Karena yang menonton, adalah subscriber yang tulus berlangganan channel kita, bukan orang yang di pinta oleh kita.

Nah, bila Anda ingin mendapat banyak subscriber organik (asli), lakukanlah cara yang seperti YouTuber profesional lakukan. Yaitu:
  1. Buatlah video hasil karya sendiri / pemikiran sendiri / original
  2. Cari tahu apa yang banyak orang lain cari
  3. Promosikan dengan cara yang relevan (tidak nyepam)
  4. Terus konsisten upload berdasarkan waktu yang di tentukan
  5. Usahakan video tetap pada jalur Anda
  6. Tetap jadi diri Anda
  7. Lebih interaktif dengan pemirsa
  8. Abaikan jumlah subscriber (teruslah konsisten)
  9. Jangan terpengaruh jumlah view
  10. Terus berusaha (karena hasilnya akan semanis kerasnya usaha)

Ya, mungkin itu saja yang bisa saya tulis pada postingan saya kali ini. Tentu saja, tentang bagaimana caranya agar mendapat banyak subscribe itu, tergantung bagaimana kita nya sendiri. Mau beli, mau tukar, mau apa itu? Itu terserah pada diri kita masing-masing. Yang jelas, pada postingan ini, saya hanya menuliskan berdasarkan pengamatan saya saja. Nah, semoga bermanfaat...

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Saling Tukar Subscribe Channel YouTube? Ini Untung Dan Ruginya"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.