Tips Menjadi Penulis Lepas | Yang Perlu Di Perhatikan Oleh Calon Penulis Lepas

Recomended


Tips menjadi penulis lepas - Pekerjaan menjadi penulis lepas, akhir-akhir ini sering menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Biasanya, mereka yang mengerjakannya adalah kalangan mahasiswa, freelancer, dan kadang para blogger yang masih belum di terima oleh Google AdSense. Dan pekerjaan ini ternyata cukup membuahkan hasil yang lumayan. Tentunya jika tulisan mereka menarik perhatian para pencari penulis lepas.

Tips Menjadi Penulis Lepas | Yang Perlu Di Perhatikan Oleh Calon Penulis Lepas

Sebagai penulis lepas, tentu kita tahu apa yang mau di tulis, berdasarkan petunjuk yang telah di berikan oleh mereka yang sedang mencari penulis lepas. Oleh karenanya, kita harus benar-benar menguasai topik yang akan kita tulis nantinya. Dan juga, kata kunci serta artikel harus serelevan mungkin. Agar mereka puas dengan tulisan kita.

Sering saya menemui, banyak para penulis lepas yang kesulitan membuat artikel, hal ini terjadi karena mereka terlalu memaksakan kehendaknya. Sehingga, artikel yang mereka buat sulit untuk di terima oleh para penyedia pekerjaan untuk penulis lepas. Bahkan, meskipun mereka bisa menyelesaikan artikel yang di pesan, isi artikelnya kadang tidak sesuai (tidak relevan).



1. Artikel berkualitas
Sebelum Anda berminat menjadi penulis lepas, maka saya sarankan untuk Anda mengetahui terlebih dahulu, artikel apa yang di butuhkan oleh pemesan? Karena ini jelas, para pemesan ingin tulisan yang berkualitas untuk di posting di situs mereka. Maka dari itu, cobalah pahami dulu artikel apa yang mereka inginkan? Jika mereka menginginkan artikel tentang kesehatan, maka carilah sumber referensi terlebih dahulu, dan rangkailah sesuai dengan gaya bahasa yang Anda kuasai. Bila perlu, Anda pelajari bahasa-bahasa medis. Sehingga artikel Anda terlihat begitu berkualitas dan terpercaya.

2. Hindari copy paste / rewrite
Banyak penulis lepas yang bermain curang. Salah satunya dengan cara copy paste atau rewrite. Jangan Anda tiru! Karena para pemesan artikel pun sekarang sangat jeli memilih suatu artikel. Jika Anda ingin tulisan Anda di pesan banyak orang, maka buatlah artikel hasil tulisan sendiri. Membaca artikel orang lain boleh, karena itu kebutuhan refrensi dan inspirasi Anda. Tapi jangan sesekali Anda copy paste. Kecuali memang Anda harus menyalinnya.

Menyalin yang saya maksud adalah, ketika Anda mengharuskan menuliskan definisi atau sesuatu yang berhubungan dengan penjelasan, maka silahkan copy paste. Asalkan dengan menyertai sumbernya. Sebagai contohnya adalah, semisal Anda mendapatkan pengertian sebuah definisi dari Wikipedia, maka serahkanlah link menuju Wikipedia yang menunjukkan definisi dari paragraf yang Anda salin tersebut. Jika seperti ini, maka pemesan pun akan memaklumi nya, dan juga artikel yang Anda buat tidak berkesan mengada-ada.

3. Memahami benar-benar apa yang akan di tulis
Pernahkah Anda menulis artikel dengan tema yang tidak pernah Anda tulis sebelumnya? Jika pernah, bagaimana Anda bisa menyelesaikannya? Dan jika belum pernah, apakah bisa menyelesaikannya? Tentu poin ini sangat perlu di perhatikan. Karena jika Anda terlalu memaksakan kehendak karena bayarannya cukup tinggi, maka yang ada Anda akan merasa tertekan.

Sebagai pemula, sebaiknya jangan terlalu tergiur dengan bayaran mahal, jika memang tema yang di tentukan tidak sesuai kemampuan. Cukuplah mengambil job yang benar-benar Anda kuasai, karena itu akan memudahkan pekerjaan Anda. Belajarlah terlebih dahulu jika ingin membuat artikel tentang apa saja. Caranya dengan membaca-baca buku ataupun artikel yang telah tersebar di internet. Tapi jika memang bukan wilayah Anda, maka jauhi saja. Dari pada Anda akan tertekan, lebih baik tetap berada di zona aman.

4. Terus kembangkan gaya bahasa menulis Anda
Jika Anda banyak membaca buku-buku ataupun artikel, tentu Anda akan mendapat banyak gaya bahasa tulisan yang berbeda. Berapa kata yang belum pernah Anda dengar ataupun yang belum Anda ketahui artinya, maka di situ Anda akan menemukannya. Dan dari situ juga, Anda akan mencari tahu apa artinya kata tersebut? Maka terlahirlah gaya bahasa baru, yang bisa Anda pakai untuk artikel Anda. Bila artikel Anda memiliki gaya bahasa yang luas, bukan tidak mungkin lagi artikel Anda akan banyak di minati oleh penyedia job.

# Kesimpulannya
Dari 4 poin di atas, bisa kita simpulkan. Bahwasanya menjadi penulis lepas itu gampang-gampang sulit. Karena meskipun kerjanya cuma hanya menulis di notepad, dan berhadapan dengan komputer, nyatanya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tentu kita harus bisa menulis, menguasai berbagai bidang, dan memperbanyak gaya bahasa baru, agar mereka tidak pernah bosan dengan tulisan kita. Jika 4 poin di atas di perhatikan dengan baik-baik, maka insya Allah Anda akan bisa menjadi penulis lepas yang banyak menghasilkan pendapatan dari penyedia job. Semoga bermanfaat.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Tips Menjadi Penulis Lepas | Yang Perlu Di Perhatikan Oleh Calon Penulis Lepas"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.