5 Langkah Dasar Membuat Web Series

Recomended


5 Langkah Dasar Membuat Web Series - Bagaimana caranya membuat web series yang bagus? - Web series memang sebuah konten yang menarik untuk ditonton. Apa lagi buat anda yang bermain YouTube, membuat web series adalah pilihan yang tepat. Tapi, apakah anda tahu caranya supaya web series anda terlihat bagus? Tentu perlu banyak belajar mengenai cara pengambilan gambar hingga pengeditan video.

Belakangan ini web series sering menjadi pilihan banyak orang untuk sebuah hiburan ringan di smartphone maupun laptopnya. Pasalnya, web series biasanya kental dengan konten-konten komedi yang cukup mengocok perut. Apalagi sekarang YouTube sudah mulai populer, jadi mudah untuk mempromosikan web series yang anda buat.

5 Langkah Dasar Membuat Web Series

Mungkin sebagian dari anda berpikir, jika membuat web series itu perlu kemampuan broadcast yang hebat, dan perlu keahlian khusus untuk pengeditan videonya. Jika anda berpikir seperti itu, artinya anda tidak mau berusaha dan menyerah sebelum perang. Karena, tidak perlu kita kuliah di jurusan broadcasting dan tidak perlu juga kursus bagaimana caranya mengedit sebuah video. Di jaman sekarang, aplikasi editor video sudah tersedia banyak. Dari yang gratis, hingga berbayar. Dari untuk PC, hingga untuk smartphone. Anda bisa belajar dari situ.

Tentukan Genre
Jika anda ingin mulai belajar membuat web series, ada baiknya kesampingkan dulu urusan kamera, edit video, dan lain sebagainya. Anda cukup fokus terlebih dahulu pada genre yang ingin dibuat. Apakah itu komedi, action, atau yang lainnya? Itu terserah anda. Karena anda sutradaranya, silahkan tentukan.

Genre sendiri berguna untuk menentukan alur cerita dan ciri khas produksi kita. Dan juga tentunya membantu kita dalam pencarian aktor, ide cerita, dan latar belakangnya. Itu semua bisa dipikirkan menggunakan genre yang di tentukan. Jikalau genrenya komedi, carilah aktor yang suka bercanda. Supaya ketika tepat pada adegan lucu, si aktor tidak canggung dan semuanya terasa alami.

Pilih Aktornya
Untuk membuat serial komedi yang pecah, harus diperankan oleh orang yang memang kesehariannya bisa ngelucu. Hal ini di percaya supaya skenario yang sudah di buat, tidak menjadi garing ketika di bawakan oleh aktor yang kurang menguasai adegannya. Karena komedi itu harus dari hati, dan terkesan tidak di buat-buat. Karena kalau terlihat memaksa, maka orang yang menonton tidak akan tertawa, dan video Anda akan di close.

Anda tentu tahu dengan Sule dan Andre, bukan? Mereka adalah dua orang yang mempunyai sosok humoris yang alami. Sehingga ketika mereka melucu, maka tidak ada tawaan yang terdengar terpaksa, tapi semuanya alami. Itu contoh dampak positif dari pemilihan seorang aktor. Karena penonton itu ingin melihat adegan yang tidak seperti memaksa. Atau intinya, terlihat seperti real, sehingga dapat terbawa suasana.

Setting Latar belakang
Latar belakang fungsinya untuk mencocokkan dengan alur cerita yang di buat. Tidak mungkin juga ketika ada adegan romantis, latar belakangnya di tempat pembuangan sampah. Ada baiknya berada di sebuah taman bunga, atau tempat lainnya yang relevan. Pilihlah latar belakang yang cocok dengan alur ceritanya, dan setting lah sebagus mungkin.

Latar belakang ini juga sangat menentukan faktor kualitas video anda. Jika anda memilih latar belakang yang asal-asalan, tentu penonton akan merasa tidak terbawa alur ceritanya, yang ada akan bertanya-tanya mengenai latar belakangnya. Dan tentunya, video yang sudah susah payah di buat, terasa begitu memaksa dan seperti tidak pernah di siapkan sebelumnya.

Pahami Pengambilan gambarnya
Ini adalah faktor terpenting lainnya pada sebuah video yang akan di buat. Yaitu proses pengambilan gambar. Dalam proses pengambilan gambar, maka orang yang di tunjuk sebagai kameramen harus tahu betul, posisi mana yang harus di ambil, dan di posisi mana yang tidak harus di ambil. Penonton akan menilai kelayakan video dari posisi pengambilan gambarnya.

Jika saja suatu film kameranya tidak begitu beraturan, sudah pasti kita akan kesulitan melihat adegan yang diperagakan sang aktor. Dan tentu saja, kita pun ingin melihat visual yang realistis dan menawan dari sebuah film. Maka dari itu, cobalah belajar mengambil gambar dari posisi yang tepat. Sehingga web series yang Anda buat, seperti layaknya buatan orang profesional.

Cari Referensi
Cobalah lihat film-film luar atau dalam negeri yang visual nya bagus. Pelajari pengambilan gambarnya melalui satu transisi ke transisi lainnya. Dengan kamu sering mengamati, maka perlahan-lahan kamu pun akan mempunyai imajinasi dari mana kamu akan mengambil gambarnya di tiap-tiap adegan.
Baca juga : Manfaatkan Share Ability Untuk Video Jadi Viral
Selain itu, dengan sering menonton film-film layar lebar, anda akan mempelajari bagaimana menyeting semua tempat yang di butuhkan untuk latar belakang dan juga alur cerita yang begitu menarik di menit-menit awal film tersebut. Jadi intinya, anda tidak harus kursus ataupun kuliah jurusan broadcasting, cukup dengan mempelajari film-film layar lebar saja, anda juga bisa membuat web series yang hebat.

Dan juga yang paling penting adalah, Anda harus belajar video editing. Supaya anda tidak perlu menyewa orang lain untuk membuat film anda bagus. Jika anda menguasai semuanya, maka anda secara tidak langsung bisa menjadi seorang sutradara, dan juga penulis sebuah film. Itu hebat, kan? Tapi anda juga perlu belajar dari orang lain agar tidak tersesat saat belajar, dan  bisa bertanya secara langsung ke ahlinya.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "5 Langkah Dasar Membuat Web Series"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.