Pertimbangkan Blog Gratisan Untuk Memulai Belajar Blogging

Recomended


Pertimbangkan Blog Gratisan Untuk Memulai Belajar Blogging - Terjun di dunia blogging, tentu menjadi pilihan yang keren bagi sebagian orang. Karena, bisa berbagi banyak infomasi yang penting kepada orang banyak, adalah sesuatu yang indah. Keindahan itu akan terlahir dan beranjak dewasa, ketika blog yang kita kelola, benar-benar mendapat sambutan yang hangat dari banyaknya pengguna internet.

Pertimbangkan Blog Gratisan Untuk Memulai Belajar Blogging

Berbagi hal yang positif kepada orang banyak, tentu membuat kesenangan untuk kita sendiri. Meskipun kita capek menulis, bila tulisan kita bisa menyelesaikan masalah pembaca, tentu rasa capek tersebut akan hilang dengan sendirinya. Terlebih bila banyak pembaca yang mengontak kita secara langsung. Baik via email, ataupun melalui media sosial. 

Akan tetapi, untuk meraih itu kita harus bisa menyukai kerjaan kita tersebut. Jika kamu suka menulis, maka menulis lah dengan baik dan tulus. Maka tulisanmu itu niscaya akan ngena di hati pembaca. Dan jika kamu suka berbagi informasi yang positif dan bermanfaat, maka berikanlah informasi itu secara detil dan jangan hoax! Maka pembaca pun akan berterimakasih kepada Anda.

Jika kamu bisa seperti itu, maka mereka yang sudah tahu dan sudah merasakan pelayanan kamu melalui blog yang kamu kelola itu dan merasa puas, mereka akan kembali lagi, saat mereka mencari referensi yang tepat untuk masalahnya lagi. Dan lagi-lagi tulisanmu berhasil menyelesaikan masalahnya. Tentu, mereka akan menjadi visitor tetap untuk blog kamu, dan akan menjadi cikal bakal layanan pengiklan secara gratis. 

Maksudnya layanan pengiklan secara gratis?  Maksudnya, mereka itu puas dengan tulisanmu. Sudah pasti mereka akan bercerita kepada rekan-rekannya yang lain bila menanyakan masalah yang serupa. Bukankah itu seperti iklan? Dan iklan tersebut lahir atas dasar kesadaran mereka sendiri, bukan kamu yang nyuruh. Jadi, kamu tidak perlu membayar.

Berbicara tentang blog, tentu sebagai admin atau pemilik blog kita di tuntut untuk merawat blog yang kita kelola, hingga menjadi dewasa dan bahkan bila berminat, bisa kamu upgrade menjadi website yang profesional. Tapi untuk kamu yang baru belajar, cukup buat blog yang gratisan saja.

Kenapa gratisan? Jangan pandang gratisnya dulu, karena ini sebagai tahap pembelajaran. Jika kamu sudah memahami terik-teriknya, maka itu akan memudahkan kamu, bila ingin menjadikan blog kamu lebih profesional. 

Lagi pula, membuat blog itu bukan hanya sekedar tulis-menulis artikel lalu publikasi saja. Karena harus memahami strategi supaya artikel yang di posting bisa terindeks di mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya) bila ingin populer. Terkecuali, jika kamu hanya ingin membuat blog pribadi untuk sendiri saja.

Terutama dan yang paling utama dari blog gratisan adalah, kamu bisa belajar teknik SEO yang di butuhkan supaya artikel kamu nongkrong di halaman pertama Google. Dan juga sebagai bahan praktek kamu untuk belajar mengurus sebuah website. Jika sudah handal dan blog kamu bisa mendatangkan pendapatan sendiri, itu bisa kamu pertimbangkan untuk membeli domain dan hosting untuk blog kamu sendiri (upgrade). 

Yap, benar sekali! Meskipun hanya bermodal blog gratisan, kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan dari blog kamu, melalui jasa pengiklan yang bersedia menayangkan iklannya di blog kamu. Jika kamu ingin berkontribusi dengan AdSense, itu juga bisa. Asalkan blog kamu di buat dari blogger (blogspot). 

Memang, tidak ada salahnya bila kamu ingin langsung membeli domain dan hosting. Yang saya khawatirkan adalah, ketika kamu mengalami kesulitan dan rasa jenuh, nanti website yang kamu bangun akan terbengkalai dengan percuma. Tapi itu sah-sah saja, karena itu pilihan kamu sendiri. Dan yang menjadi masalah utama, bila kamu mengalami kesulitan karena kurang memahami alat-alat kerja blog kamu, kamu akan merasa depresi dan menyerah. Jadi, blog gratisan pun bisa kamu pertimbangkan.

Besarkan lah terlebih dahulu blog gratisan kamu itu, ketika kamu sudah mantap, silahkan untuk meng-upgrade nya. Jangan khawatir postingan kamu akan hilang. Karena banyak cara yang bisa kamu ikuti lewati Google. Di situ banyak postingan yang berbicara tentang migrasi blog gratisan ke hosting pribadi.

Lalu yang paling menguntungkan dari blog pribadi, kita tidak perlu memikirkan akan keamanan blog kita. Karena itu semua sudah di tanggung oleh penyedia layanan blogging sendiri. Dan kamu tidak perlu memikirkan total penyimpanan hosting kamu. Karena blog gratisan itu, ruang space nya tak terbatas. Yang perlu kamu lakukan adalah, belajar tentang bagaimana mengoptimasi blog kamu supaya SEO friendly.

Di samping kelebihan, pasti ada kekurangan. Kekurangan dari blog gratisan adalah, hanya pada keterbatasan kita dalam membuat kontennya. Yaitu, tidak boleh melanggar atas ketentuan dari penyedia blogging nya. Seperti tidak boleh membuat konten dewasa, konten kekerasan, dan konten-konten lainnya yang berbau negatif. Tentu itu bukan suatu masalah, bukan? Karena kamu hanya ingin berbagi hal-hal yang positif.
Baca juga : Perbedaan Blog dengan YouTube
Tidak perlu khawatir di katakan cupu ataupun pecinta gratisan.... Karena yang bayar, belum tentu berkualitas seperti gratisan. Karena, pengguna internet tidak memandang blog yang bayar, atau blog yang gratisan untuk mencari referensi. Tapi memandang dari segi kontennya. Bisa membantu atau tidak? Nah, itu bisa kamu jadikan patokan.

Sebenarnya jika kamu tahu di luaran sana, banyak para master yang masih menggunakan blog gratisan. Karena lebih simpel dan tidak ribet. Karena yang terpenting, adalah isi kontennya. Ini bukan berarti saya melarang kamu untuk membuat blog berbayar. Tapi hanya sekedar memberi pertimbangan untuk kamu, sebelum membuat blog.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

2 Responses to "Pertimbangkan Blog Gratisan Untuk Memulai Belajar Blogging"

  1. Terima kasih info nya mas bermanfaat dan mencerahkan. Saya juga ada rencana self hosting atau migrasi ke WordPress, tapi yang saya pertimbangan sama persis dengan tulisan di atas. Semua perlu proses dan mudah-mudahan proses perkembangan ini tak terkendala oleh sesuatu dan lain hal. Rintangan pasti ada, tapi dengan tepat dan komitmen yang kuat, saya yakin kerja keras tidak akan berhianat dengan hasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sukses Om Nino.. Tetap Semangat
      Salam Blogger

      Hapus

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.