3 Kiat Supaya Tetap Semangat Di YouTube

Recomended


3 Kiat Supaya Tetap Semangat Di YouTube - Mempunyai channel YouTube dengan berisikan video original hasil karya sendiri memanglah sulit untuk cepat di tonton banyak orang dan cepat terkenal. Tak ayal, banyak YouTuber pemula yang tidak meneruskan karya-karyanya. Alasannya, "bikin video capek-capek tapi sedikit yang nonton!". Ya, itu adalah hal yang lumrah terjadi. Tapi sayangnya, Anda tidak akan pernah menemui kesuksesan channel Anda bila berfikir seperti itu.

3 Kiat Supaya Tetap Semangat Di YouTube

Pasalnya, ada beberapa faktor yang mampu mendorong kreator YouTube hingga menuju ke jenjang kesuksesannya. Salah satunya dengan tetap membuat video sesuai passion-nya. Mungkin itu saja tidak cukup, jika tidak di barengi dengan usaha mempromosikan video buatannya. Tentunya, keberhasilan seseorang itu tidak bisa di prediksi menggunakan waktu ataupun prediksi yang lainnya. Karena, setiap proses ada yang cepat dan ada yang lambat
.
Dalam kasus ini, kreator di tuntut untuk memikirkan hal apa saja yang dapat di lakukan supaya tidak ngedrop di saat videonya tidak banyak yang menonton. Ini adalah tugas untuk sang kreator agar bisa berfikir positif terhadap respon dari viewer nya yang tidak pernah tembus dari angka 100-1000 view. Tentu itu adalah hal yang menyesakkan. Namun jangan khawatir! Di sini saya ingin memberikan sedikit referensi supaya semangat Anda kembali membara lagi dalam menjadi YouTuber dan mendapatkan impian Anda. Berikut referensinya:

1. Hobi atau uang?

Saat Anda memilih untuk menjadi seorang YouTuber, apa tujuan pertama Anda? Ingin menjalankan hobi, atau mendapatkan uang? Dari pertanyaan di atas, bisa Anda renungkan dalam hati dan pikiran Anda. Jika Anda memikirkan uang, pantaslah Anda menyerah. Tapi bila di pikiran Anda adalah hobi, maka lanjutkanlah! Karena itu adalah karya terbaik Anda yang sudah Anda lakukan dalam hidup Anda.
Suatu saat, entah itu esok ataupun tahun depan, niscaya karya Anda akan banyak di kenal. Asalkan Anda tetap konsisten terhadap channel Anda itu. Lagi pula, kapan lagi Anda bisa menunjukkan karya Anda kepada orang banyak selain di YouTube? Di dunia nyata? Apakah Anda yakin? Jika di dunia nyata karya Anda itu banyak yang suka, apa salahnya bila terus di unggah di channel YouTube Anda? Supaya membuat channel lebih populer.
Tapi bila di dunia nyata video Anda kurang peminatnya, apa salahnya bila cari peminat yang lebih luas? Dan itu tempatnya tidak lain adalah di YouTube. Dan untuk menjaring peminat yang lebih banyak, bisa Anda share di berbagai media sosial yang Anda punya. Bila perlu, buat semua akun sosial media yang ada di internet, dan silahkan promosikan sesuai strategi Anda. Mungkin, viewer yang sedikit itu di karenakan orang yang berminat pada video Anda, belum mengetahui keberadaan karya Anda tersebut. Maka dari itu, luaskanlah jaringan channel seluas-luasnya. Supaya calon viewer setia Anda tahu.

2. Kunjungi channel lain dan berinteraksi

Penting sekali untuk berkunjung ke channel orang lain. Tujuannya, untuk bersilaturahmi dengan YouTuber lainnya dan juga mencari inspirasi dari channel tersebut. Dengan catatan, channel yang Anda kunjungi harus sesuai dengan Niche channel Anda. Jika channel Anda tentang Game, berkunjunglah ke channel gaming lainnya, dan silahkan berinteraksi dengan pemilik channel-nya. Bertanyalah yang perlu di pertanyakan. Dan jangan sampai menjadi spam!

Semua channel yang ada di YouTube, jangan sekali-kali kita anggap sebagai saingan! Karena, jika tidak ada mereka YouTube pun tidak akan seramai sekarang, dan mungkin saja YouTube sudah di tutup. Lagi pula, Anda menjadi seorang YouTuber, sudah pasti karena ada inspirasi dari mereka, bukan? Untuk itu, berkenalan lah lebih dekat dengan mereka, dan dapatkan sedikit-sedikit ilmu dari mereka.

3. Apa yang perlu di benahi?

Meskipun video yang kita unggah di YouTube tidak bisa di edit lagi, bukan berarti kita tidak bisa membenahi apa yang salah dari video kita? Perhatikan semua video yang kita unggah, dan lihatlah dari retensi pemirsa yang dapat Anda temukan di YouTube analitik. Dari pengamatan tersebut, tentu Anda bisa memprediksi kenapa video Anda tidak bisa menjadi viral? Bukan sepenuhnya salah Anda dan video Anda. Tapi di sini, karena Anda masih belajar. Dan sekarang waktunya untuk membenahi apa yang harus di benahi.
Baca juga : 6 Kiat Menjadi Youtuber Gaming
Buat video baru dengan sasaran tembak yang lebih luas lagi. Dengan cara memberi sedikit evolusi di video Anda. Jangan sampai pada saat editing, Anda asal edit-edit saja. Karena itu sangat berpengaruh terhadap kekuatan dari video baru Anda. Usahakan buat video yang lebih fresh dan lebih nendang dari video sebelumnya. Pikirkan target pasar yang ramai. Ini sangat berpengaruh terhadap nasib video baru Anda. Apakah nasibnya akan sama dengan video sebelumnya, ataukah akan membuat rekor baru di Channel Anda? Itu tugas Anda untuk memoles video Anda.

Untuk langkah selanjutnya, semua tergantung Anda. Menyerah, atau lanjut? Yang terpenting, jangan sampai viewer yang sedikit, membuat Anda menjadi frustasi dan depresi. Hehehe... Ini tentang karya, bukan tentang turnamen. Jadi, buatlah karya terbaik Anda menjadi di gemari oleh banyak orang. Selamat berkarya.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "3 Kiat Supaya Tetap Semangat Di YouTube"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.