Macam-Macam Strategi Pemasaran

Recomended


Macam-Macam Strategi Pemasaran - Dalam melakukan kegiatan pemasaran, perusahaan harus mempunyai sebuah strategi sebelum melakukan kegiatan pemasaran tersebut. Strategi pemasaran terdiri dari bermacam-macam strategi yang mungkin saja berbeda penggunaannya antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Namun tujuan semua sama yaitu untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan laba yang maksimal. 


Macam-Macam Strategi Pemasaran
Gambar Macam-Macam Strategi Pemasaran

Pengertian strategi pemasaran ialah merupakan suatu proses seleksi pasar yang ditarget, penentuan posisi bersaing dan pengmbangan suatu bauran pemasaran yang efektif untuk mencapai serta melayani konsumen yang telah ditarget.

Menurut Assauri (2008 : 163), strategi pemasaran dapat klasifikasikan menjadi tiga macam sebagai berikut :

1. Strategi pemasaran - Tidak membeda-bedakan pasar atau Undifferentiated marketing

Strategi pemasaran jenis ini, perusahaan tidak membeda-bedakan konsumen berdasarkan suatu kriteria khusus, jadi perusahaan memenuhi kebutuhan konsumen secara umum tanpa membeda-bedakan. 

Strategi pemasaran seperti ini bertujuan untuk melakukan penjualan produk secara massal. Perusahaan memfokuskan perhatiannya kepada seluruh kebutuhan konsumen-konsumennya. Keuntungan bagi perusahaan dalam menggunakan strategi pemasaran ini ialah perusahaan dapat mengefisienkan biaya dan kelemahannya ialah perusahaan akan mengalami persaigan sengit dengan dari perusahaan lainnya yang menggunakan strategi pemasaran seperti ini juga.

2. Strategi pemasaran - Membeda-bedakan pasar atau Differentiated marketing

Strategi pemasaran seperti ini, perusahaan melakukan pengklasifikasian konsumen berdasarkan suatu kriterta terntentu, jadi perusahaan akan memproduksi dan memasarkan produk yang bervariasi dan berbeda-beda untuk setiap kelompok konsumen yang telah diklasifikasi sebelumnya (segmen pasar) berdasarkan kebutuhan dan keinginan setiap kelompok konsumen tersebut.

Strategi pemasaran seperti ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan kelompok konsumen yang telah dikelompokkan terhadap produk yang telah diproduksi dan dipasarkan. Dengan penggunaan strategi pemasaran ini, perusahaan berharap akan bisa meningkatkan penjualannya diberbagaikan kelompok konsumen (segmen pasar) dan kelemahan strategi pemasaran ini ialah perusahaan berpotensi mengeluarkan biaya yang lebih tinggi dikarenakan memproduksi produk yang bervariasi pada kelompok konsumen yang berbeda-beda.

3. Strategi pemasaran - Pasar terkonsentrasi atau Concentrated Marketing

Strategi pemasaran seperti ini, perusahaan memfokuskan pemasaran produknya dalam beberapa kelompok konsumen dengan mempertimbangkan keterbatasan sumberdaya perusahaan, jadi perusahaan memfokuskan produknya secara spesifik sesuai dengan kebutuhan serta keinginan kelompok konsumen yang telah terfokus.
Baca juga : Mengapa Strategi dan Perencanaan di Dalam Bisnis Itu Penting?
Strategi pemasaran seperti ini bertujuan supaya perusahaan dapat fokus memproduksi suatu produk terhadap konsumen yang telah difokuskan sehingga perusahaan dapat memaksimalkan produk tersebut. Keuntungan penggunaan strategi pemasaran ini ialah bersar kemungkinan perusahaan bisa mendapatkan posisi yang kuat terhadap kelompok konsumen yang telah difokuskan karena perusahaan tersebut telah memfokuskan produknya secara maksimal dan kelemahan strategi pemasaran ini ialah perusahaan akan menghadapi risiko yang besar jika cuma bergantung pada beberapa kelompok konsumen tertentu saja. Semoga bermanfaat.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

1 Response to "Macam-Macam Strategi Pemasaran"

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.