Produk dan Sistem Pemasaran Perbankan

Recomended


Produk dan Sistem Pemasaran Perbankan - Dalam melakukan suatu transaksi bisnis diperlukan kemudahan-kemudahan demi kelancaran transaksi bisnis tersebut. Hal ini sudah menjadi suatu kebutuhan untuk perusahaan-perusahaan baik perusahaan besar maupun kecil. 

Salah satu yang bisa mempermudah transaksi bisnis tersebut adalah dengan adanya perbankan, dimana suatu transaksi bisnis bisa dilakukan hanya dalam waktu yang singkat dan mudah tentunya. Bank dalam kesehariannya sama juga seperti perusahaan lainnya, yaitu melakukan juga kegiatan pemasaran demi memperoleh nasabah.

Produk dan Sistem Pemasaran Perbankan

Pemasaran telah pernah dibahas pada postingan sebelumnya yaitu merupakan proses perancangan komunikasi terpadu dengan tujuan guna memberikan informasi mengenai suatu produk baik barang atau jasa dalam konteks pemenuhan berbagai keperluan dan kebutuhan konsumen.

Sedangkan bank dapat di definisikan sebagai badan usaha yang menghimpun sejumlah dana dari masyarakat dalam berupa simpanan nasabah dan menyalurkan kembali simpanan tersebut kepada masyarakat luas berupa pinjaman/kredit dan atau bentuk lainnya dalam upaya untuk mengembangkan perekonomian masyarakat.

Jadi, pemasaran pernbankan dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh suatu bank untuk memaksimalkan konsumsi sehingga mendapat nasabah untuk membeli produk produknya, memaksimalkan kepuasan pelanggan dengan memberikan ragam pelayanan, memaksimalkan produk-produknya sehingga nasabah memiliki ragam opsi tertentu yang sesuai.

Produk-produk bank pada umumnya adalah adalah sebagai berikut:

1. Simpanan Giro
Produk simpanan giro merupakan simpanan nasabah pada bank yang penarikannya dapat dilakukan oleh nasabah dengan menggunakan alat transaksi berupa bilyet giro atau cek. 

2. Simpanan Tabungan
Produk ini merupakan simpanan nasabah pada bank yang penarikannya dapat dilakukan oleh nasabah sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh bank dan penarikan simpanan tabungan tersebut dilakukan dengan menggunakan buku tabungan yaitu slip penarikan tunai dan kartu anjungan tunai mandiri (kartu atm).

3. Simpanan Deposito
Produk ini merupakan simpanan nasabah pada bank yang memiliki jangka waktu tertentu (jatuh tempo) dan penarikan simpanan deposito tersebut dilakukan sesuai jangka waktu yang telah ditentukan.

4. Kredit Investasi
Produk ini merupakan kredit atau pinjaman yang diberikan kepada nasabah untuk membiayai permodalannya dalam rangka pengembangan atau pendirian proyek baru yang pelunasannya dari hasil usaha dengan permodalan yang dibiayai dengan kredit investasi tersebut.dan jangka waktunya menengah/panjang 

5. Kedit Modal Kerja
Produk kredit modal kerja merupakan kredit yang diberikan baik kepada nasabah untuk memenuhi modal kerja yang masa pelunasannya maksimal 12 bulan atau 1 tahun. Kredit modal kerja ini terbagi menjadi tiga yaitu kredit modal kerja – revolving, kredit modal kerja – aflopend dan kredit modal kerja – kontraktor. Kredit modal kerja – revolving ialah produk bank yang diberikan kepada nasabah untuk memenuhi modal kerja dan jatuh tempo maksimal satu tahun namun dapat diperpanjang. Kredit modal kerja – Aflopend ialah produk bank yang diberikan kepada nasabah untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha. Sedangkan kredit modal kerja – kontraktor merupakan suatu produk bank dan tujukan bagi bidang usaha jasa kontraktor yang habis dalam satu siklus usaha untuk memenuhi kebutuhan modal kerja dikhususkan

6. Kredit Perdagangan
Produk ini merupakan pinjaman atau kredit yang diberikan kepada nasabah yang berprofesi sebagai pedagang dalam rangka memperlancar, mengembangkan atau melakukan ekspansi bisnis.

7. Kredit Produktif
Produk kredit produktif merupakan pinajaman atau kredit yang diberikan kepada nasabah yaitu berupa investasi, modal kerja atau modal usaha. 

8. Kredit Konsumtif
Produk kredit konsumtif merupakan pinjaman atau kredit yang diberikan kepada nasabah dan digunakan untuk kepentingan pribadi nasabah tersebut. Misalnya kredit Pensiunan atau kredit konsumtif lainnya.

9. Kredit Profesi
Produk ini merupakan kredit yang diberikan kepada nasabah yang berasal dari kelompok professional.
BACA JUGA : Strategi Pemasaran dengan 50 Cara Promosi Bisnis Terbaru
Itulah beberapa produk dan sistem yang dilakukan perbankan dalam memasarkan produknya. Semoga bermanfaat.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Produk dan Sistem Pemasaran Perbankan"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.