Peranan Penting Pemasaran Dalam Suatu Perusahaan

Recomended


Peranan Penting Pemasaran Dalam Suatu Perusahaan - Pemasaran adalah bagian penting dalam suatu perusahaan, pemasaran adalah usaha mengantisipasi kebutuhan dan mengarahkan aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Hal ini dilaksanakan untuk memuaskan kebutuhan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

Peranan pemasaran dalam suatu perusahaan
Untuk mewujudkankan tujuan perusahaan dan agar pemasaran tersebut berjalan sesuai rencana maka suatu perusahaan memerlukan seorang manajer pemasaran untuk mengelola hal tersebut. Namun pada kesempatan ini admin hanya membahas mengenai peranan pemasaran dalam suatu perusahaan dan semoga bahasan mengenai peranan pemasaran dalam suatu perusahaan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Peranan Pemasaran Dalam Suatu Perusahaan

Menurut Perrult dan McCarthy (1999 : 8), Peranan pemasaran dalam suatu perusahaan yang berorientasi pada pasar adalah menyediakan arah bagi perusahaan berdasarkan konsep pemasaran. Konsep pemasaran adalah merupakan usaha yang dilakukan perusahaan dalam rangka memuaskan kebutuhan satu atau beberapa konsumen sasaran dengan suatu tingkatan keuntungan. 

Jadi dalam konsep pemasaran, ada tiga poin penting, yaitu:

1. Kepuasan konsumen atau pelanggan
2. Usaha yang dilakukan oleh perusahaan
3. Keuntungan perusahaan

Fungsi itu dilaksanakan oleh manajer pemasaran dan menurut pakar pemasaran yaitu Kotler (1997 : 70)


“Manajer pemasaran adalah suatu proses atau tahapan dari menyusun dan menentukan konsep, harga, promosi dan distribusi dari berbagai macam ide, berbagai macam produk dan layanan untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu dan suatu kelompok tertentu”.

Dapat dipahami dari uraian di atas bahwa peranan pemasaran dalam suatu perusahaan dijalankan dan dikelola oleh manajer pemasaran yang tujuan akhirnya yaitu kepuasan konsumen.

Kepuasan konsumen itu sendiri menurut Kotler (1997 : 67)

“Perasaan seseorang yaitu rasa senang atau kecewa yang dihasilkan dari proses membandingkan kinerja produk yang diperoleh dengan apa yang direncanakan”. 

Faktor yang menyebabkan kepuasan konsumen menjadi sangat penting karena jika konsumen merasa puas maka konsumen tersebut akan melakukan transaksi ulang dengan perusahaan tersebut dikemudian hari. Hal ini sesuai dengan yang dijelaskan oleh Kotler (1997 : 69) tentang tujuan memberikan kepuasan kepada konsumen, guna menciptakan kemungkinan kegiatan interaksi ulang si konsumen dengan si perusahaan pada masa yang akan datang sehingga perusahaan dapat memperoleh profit secara konstan.

Dari pembahasan di atas jelas sudah bagaimana pentingnya peranan pemasaran dalam suatu perusahaan dan poin apa saja yang harus dimaksimalkan oleh perusahaan untuk mewujudkan hal tersebut.

Baca juga :
Sekian pembahasan tentang peranan pemasaran dalam suatu perusahaan dan semoga pembahasan mengenai peranan pemasaran dalam suatu perusahaan ini bisa berguna bagi teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :