Menghipnotis Pemilik Blog Agar Memposting Komentar Ketika Blogwalking

Recomended


Menghipnotis Pemilik Blog Agar Memposting Komentar Ketika Blogwalking Blogwalking merupakan istilah dalam blog yang berasal dari dua kata, yakni Blog dan Walking. Saya yakin sebagian besar orang apalagi seorang blogger sudah memahami istilah tersebut.

Blog yang artinya Web Log, sedangkan Walking mempunyai arti sebagai 'Jalan-jalan' ataupun 'Berjalan'. Jika digabungkan dapat diartikan sebagai 'Jalan-jalan di Blog'. maksudnya apa nih? mungkin memang terbilang aneh kalau hanya diketahui pengertian secara bahasanya saja, maka dari itu diperlukan pengertiannya secara istilah atau luas.


Menghipnotis Pemilik Blog Agar Memposting Komentar Ketika Blogwalking

Yang dimaksud dengan Blogwalking merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seorang blogger yang mengunjungi blog lain dengan meninggalkan jejak pada blog yang dikunjunginya, baik itu dengan cara berkomentar ataupun meninggalkan jejak pada buku tamu.

Setiap blogger memiliki alasan tersendiri kenapa mereka melakukan Blogwalking, namun dari semua alasannya, mungkin dapat saya simpulkan sebagi berikut ini.
  • Mendapatkan informasi yang bermanfaat.
  • Mendapatkan ide-ide baru.
  • Mempererat tali persaudaraan antar sesama blogger.
  • Mendapatkan backlink dari blog yang dikunjungi, biasanya ini dilakukan dengan mengirimkan komentar dengan menyematkan link di dalamnya.
  • Memperbanyak pengunjung blog.

Sebenarnya masih banyak manfaat serta keuntungan lain dari melakukan Blogwalking ini, namun itu tergantung kepada orang yang melakukan blogwalking itu sendiri. Jika kita ingin menarik perhatian pemilik blog dan pembaca pada saat kita berkomentar, maka kita harus berkomentar secara cerdas dan dewasa. 
Baca juga : 5 Kiat Membuat Konten yang Segar dan Menarik untuk Pengunjung
Dengan berkomentar secara cerdas dan menarik, kita akan menghipnotis pemilik blog untuk segera mempublish komentar kita, (Khususnya blog yang kolom komentarnya di setting Selalu di moderasi sebelum di publish) . Kita akan mudah menarik perhatian pemilik blog, pembaca dan juga blogger lain sehingga mereka penasaran dan akan berkunjung ke blog kita. Agar komentar kita terlihat cerdas dan menarik, berikut ini akan saya berikan sedikit tipsnya.

1. Berkomentarlah sesuai isi artikel

Memberikan komentar tanpa membaca isi postingan terlebih dahulu adalah salah satu hal yang harus kita hindari saat memberikan komentar di blog orang lain. Karena pemilik blog atau pengunjung lain akan bingung dengan isi komentar kita, yang tidak nyambung dengan topik yang sedang dibahas.

Sebelum memberikan komentar, sebaiknya kita membaca terlebih dahulu isi postingan tersebut agar tidak salah memberikan komentar atau tanggapan. Dengan membaca terlebih dahulu, kita bisa memberikan komentar yang relevan dengan topik yang sedang dibahas. Selain itu pemilik blog akan dengan senang hati membalas komentar kita juga mengunjungi kembali blog kita. Pengunjung atau blogger lain yang membaca komentar kita, juga akan tertarik untuk berkunjung ke blog yang kita kelola.

Jika kita memiliki pertanyaan yang tidak terkait dengan topik postingan yang sedang dibahas, sebaiknya kita menghubungi admin blog tersebut melalui kontak mereka. Namun, jika kita tidak menemukan kontak mereka, kita bisa bertanya melalui komentar. Saat mengajukan pertanyaan yang tidak terkait dengan topik pembahasan. Sebaiknya kita mengatakan terlebih dahulu, jika kita memiliki pertanyaan yang tidak terkait dengan isi postingan tersebut. Lalu mengajukan pertanyaanya.

2. Jangan memberikan komentar yang bersifat umum (Singkat)

Selain berkomentar tanpa membaca postingan terlebih dahulu, sebaiknya kita juga menghindari komentar yang bersifat umum. Komentar umum dalam artian komentar tersebut biasa digunakan oleh orang atau blogger lain untuk berkomentar.

Komentar umum yang di maksud contohnya seperti ini:
"Nice post", "Tips yang menarik", "Info yang bermafaat", "Terima kasih", dll

Dengan memberikan komentar yang berbeda, maka komentar kita akan terlihat lebih cerdas dan menarik, tentu akan menarik perhatian pemilik blog, pembaca, dan blogger lainnya. Sehlingga mereka dengan senang hati akan berkunjung ke blog kita. Komentar umum ini masih ada kemungkinan di publish, karena ada beberapa blogger beranggapan "Yang penting ada yang koment". hehe..

3. Jangan memasang link aktif

Ini yang penting dan wajib di ketahui, silahkan baca dengan dengan benar keterangan yang di berikan Admin Blog (Biasanya di bawah Artikel dan di atas kolom komentar). Jika Admin memberikan keterangan jangan memasang link aktif atau bisa juga keterangan komentar dengan link baik aktif ataupun tidak tidak aktif tidak akan di publish, saya sarankan jangan memaksakan karena kemungkinan besar komentar Anda di publis semakin kecil. Ada beberapa juga blog yang di setting "Auto Remove Link" karena terdeteksi SPAM. 

Kebanyakan para blogger masih ketakutan jika di kolom komentar ada link aktif yang nantinya akan berpengaruh buruk terhadap blognya. Tapi jika ada keterangan "Komentar dengan link aktif tidak relevan tidak publish" seperti blog ini misal, saya persilahkan selama URL yang dituju masih relevan dan ada sangkut pautnya dengan isi artikel.

4. Tidak perlu meminta dikunjungi balik

Disadari atau tidak memberikan komentar dengan cara ini kurang efektif. Baik untuk menarik perhatian pemilik blog, pembaca, dan blogger lain maupun menjalin tali silahturahmi dengan pemilik blog. Cara ini justru akan membuat komentar kita terlihat tidak unik dan tidak menarik.

Beberapa contoh komentar jenis ini adalah:
“ditunggu kunjungan baliknya ya”,“mampir donk di blog saya”, “saya tunggu kunjungannya di blog saya”, dan komentar sejenisnya. 

Sebaiknya kita menghindari komentar jenis ini, karena ada kalanya pemilik blog yang kita komentari sedang sibuk. Sehingga belum bisa berkunjung ke blog kita.

5. Jangan menulis komentar CoPas

Komentar copas (copy paste) biasanya gabungan dari 3 jenis komentar sebelumnya, seperti komentar tanpa membaca isi postingan, komentar umum, dan komentar meminta dikunjungi balik.

Ada baiknya kita menghindari komentar jenis ini. Karena komentar jenis ini bisa di bilang kurang efektif untuk menarik perhatian pembaca, pemilik, dan blogger lain.  Selain itu kurang tepat juga jika tujuannya untuk membangun tali silahturahmi dengan pemilik blog.

Contoh dari komentar jenis ini adalah:
"Nice post gan, Tulisannya keren, mengalir dan enak dibaca. Ditunggu  kunjungannya di blog saya ya gan ." Dan lain sejenisnya.

6. Jangan menggunakan kata-kata kasar

Terkadang artikel yang diterbitkan di blog orang lain tidak sejalan dengan apa yang ada di pikiran kita. Meski demikian sebaiknya kita menghindari berkomentar dengan menggunakan kata-kata kasar.

Jika kita ingin mengkritisi atau memberi masukan ada baiknya kita menggunakan kata-kata yang baik sehingga tidak menyinggung perasaan pemilik, pembaca dan blogger lain yang sependapat dengan admin blog tersebut. Kalaupun kita ahli di bidangnya, kita pun harus tetap santun menginformasikannya, sehingga kita menghormati sipemilik blog.

Jika kita berkomentar menggunakan kata-kata kasar, tentu hal ini tidak baik untuk menjalin tali silahturahmi dengan pemilik blog tersebut. Selain itu orang lain justru akan berpikiran negatif tentang diri kita, dan ini kurang baik untuk menarik perhatian dari mereka sehingga mereka enggan berkunjung ke blog kita.

Contoh dari komentar jenis ini adalah:
“Loe salah besar, apa yang loe sampein benar-benar salah dan terlihat bodoh.." , "Omong kosong doank isinya..", "Itu sih namanya hanya nguntungin loe dan blog loe.” Dan lain sebagainya.

Meskipun selama ini tidak ada aturan bagaimana cara blogwalking yang benar, sebaiknya kita menghindari memberikan komentar dengan cara-cara diatas. Karena jika komentar kita terlihat cerdas, kita akan lebih mudah menarik perhatian pemilik, pembaca dan blogger lain yang membaca komentar kita. Itulah yang saya maksud dengan Menghipnotis Pemilik blog dengan KomentarDengan seperti itu kita akan menjaga tali silahturahmi yang baik dengan pemilik blog. Sehingga teman blogger kita akan bertambah banyak dan tentu pengunjung blog kita akan meningkat. Semoga bermanfaat!

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

8 Responses to "Menghipnotis Pemilik Blog Agar Memposting Komentar Ketika Blogwalking"

  1. Bagus, saya rasa ini juga dapat memperkuat kerja sama antar blogger juga nih.., berarti jika sy menguasai ilmu komentar asyik nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mas Kemas Rayhan, Salam kenal ya dan Happy BLogging.

      Hapus
  2. Wah, bagus mas artikelnya. bermanfaat sekali buat saya :)
    oh iya makasih ya buat follownya di g+?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mas Gede Widiana.
      Sukses ya..

      Hapus
  3. saat blogwalking dan berkomentar, saya biasanya suka mengkritik blog yg sya kunjungi,..isinya kadang rada pedas tapi konstruktif, ya itung2 shock terapi buat pemilik blognya h he he,..dg cara itu biasanya komen saya langsung nongol..

    ada sedikit tips,..di akhir kalimat komentar, saya sering melempar kata "SAYA SUKA IKLAN ANDA"...mungkin mas Taufik bisa mengartikan sendiri maksudnya..

    salam blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. Ngeri2 sedap tapi Mantab..
      Terima kasih banyak yak Om, terutama yang di tulis pake hurup besar.. xixi

      Salam Blogger

      Hapus
  4. keren tuh yaa
    salam kenal yaa
    jangan lupa kunjungi balik, search google :
    Komunitas hibi fotografi informasi beragam
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya Gan.. Sukses selalu buat Anda

      Hapus

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.