Apa Manfaat Blog Selain Dapat Uang dan Memberikan Informasi?

Recomended


Apa manfaatnya blog selain dapat uang dan memberikan informasi? - Pertanyaan itu mungkin pernah atau sering Anda dengar dari teman-teman Anda yang kurang tahu atau tidak tahu tentang kelebihan mempunyai sebuah blog. Pada dasarnya, mereka hanya tahu kalau blog itu buat nulis-nulis sesuatu yang nggak jelas dan nggak penting. Padahal tanpa mereka sadari, setiap kali mereka bertanya pada Google, yang mereka baca itu hasil tulisan para blogger.

Dengan kata lain, mereka tidak tahu menahu mengenai kegunaan blog dan manfaatnya, untuk pembaca dan penulis itu sendiri. Jika seperti itu, mereka harus segera di beri tahu, agar mereka bisa tetap mendukung para blogger buat terus menulis dan memberikan informasi-informasi penting yang mereka butuhkan.

Apa Manfaat Blog Selain Dapat Uang dan Memberikan Informasi?


Atau bisa jadi merekapun berminat untuk ikut bergabung di dunia blogger dan mau belajar membuat blog dan menekuninya, meski tidak di bayar siapapun, dan tidak ada sponsor dari manapun. Karena berbagi hal penting yang dapat membantu orang banyak itu salah satu amal saleh.

Ada teman saya yang bertanya, "katanya, blog bisa menghasilkan uang? Emang blog itu bagaimana?". Dari pertanyaan itu, saya pun berkesimpulan bahwa masih banyak yang tidak tahu apa itu blog. Padahal, dia sendiri sering browsing dan membaca-baca artikel sebuah blog. Jika pertanyaannya blog bisa menghasilkan uang, jawabannya adalah "iya". Dan jika pertanyaannya blog itu bagaimana, maka jawabannya "seperti yang Anda baca". 
Silahkan Baca : Persiapan Blog Untuk di Monetize Google Adsense
Mungkin Anda pernah membaca sebuah artikel yang menjelaskan perbedaan blog dan website. Dan mungkin juga jawabannya adalah "kalau blog masih menggunakan subdomain, dan website memiliki domain sendiri". Itu memang benar. Tapi, Anda harus tahu perbedaan yang lainnya. 

Blog, adalah sebuah situs yang lebih mengutamakan artikel atau bacaan-bacaan. Sedangkan website, adalah situs yang mengusung suatu program, perencanaan, ataupun hal-hal yang berdasarkan minat pemiliknya.

Seperti halnya Google dan Facebook. Dua situs ini merupakan website. Karena keduanya memiliki program tersendiri untuk penggunanya. Contohnya Google, adalah situs pencari, dan Facebook adalah situs media sosial.

Ada lagi contoh lainnya. Seperti YouTube, blogger, dan wordpress. Ketiganya memiliki program tersendiri juga. YouTube adalah website untuk menayangkan video-video, dan blogger juga wordpress, merupakan layanan pembuat website gratis. Tapi Anda pun jangan salah paham. Ada juga website yang isinya tulisan-tulisan. Seperti Wikipedia, dan wikiHow. Keduanya adalah website yang di dalamnya berisi artikel-artikel yang banyak dan panjang. Tapi program mereka jelas. Yaitu memberikan informasi, selain informasi mereka juga memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan tulisannya, dan kemudian di baca oleh pengguna lainnya yang membutuhkan informasi tersebut.

Dengan kata lain, perbedaan antara blog dan website itu sendiri terletak dari visi dan misi si pemilik situs itu sendiri. Anda juga bisa membuat website gratis (masih menggunakan subdomain). Artinya, misi dan visi nya Anda buat sendiri.

Seperti misalnya ingin membuat website situs jual beli online. Tapi Anda tidak punya modal untuk membeli domain dan nyewa hosting nya. Anda bisa dengan membuat template sendiri sesuai program yang Anda usung. Lalu mengijinkan pengunjung untuk ikut berpartisipasi. Dengan begitu, website gratis pun terbuat sudah.

Jadi, blog itu bagaimana? Blog itu sifatnya lebih ke panduan yang berbentuk artikel. Contohnya Google. Google adalah situs pencari, tapi Google sendiri memiliki blog, berupa support Google. Yang isinya sebuah artikel bertemakan panduan fitur-fitur, produk-produk, dan program-program dari Google. Saya yakin, semua website memiliki blog. Entah itu di dalam websitenya, ataupun membuat alamat baru untuk blognya. Jadi perbedaan antara blog dan website itu bisa Anda pikirkan sendiri.

Lalu, manfaat nya selain memberikan informasi dan mendapatkan uang, apa lagi? Ialah memberikan pekerjaan bagi freelancer (pekerja bebas) ataupun orang yang membutuhkan penghasilan sampingan. Mungkin Anda berpikir yang dapat melakukan itu hanyalah situs-situs besar. Jika begitu, Anda salah! Tidak harus situs-situs yang sudah besar dan namanya dimana-mana, seperti Google dan Facebook. Situs atau blog kecil pun, bisa memberikan pekerjaan.

Contoh dekatnya adalah blog ini. Pemilik blog ini menawarkan saya untuk menulis di blog ini, dengan imbalan yang sudah di tetapkan dan di setujui bersama. Dengan begitu, pemilik blog ini sudah memberikan saya lapangan pekerjaan dengan blognya.

Masih banyak lagi di luaran sana yang memberikan pekerjaan menulis. Jadi bukan hanya wikiHow, Wikipedia, jalan tikus, MBDC, dan situs-situs besar lainnya yang mampu memberikan lapangan pekerjaan. Anda pun bisa, jika Anda ingin mengurangi jumlah pengangguran pasif di negeri ini.

Bukankah itu hal hebat? Anda tidak perlu mempunyai sebuah perusahaan ataupun usaha besar, untuk memberikan pekerjaan ke orang lain. Cukup buat sebuah blog gratis, kembangkan, monetisasi, lalu ijinkan pembaca atau pelanggan blog Anda ikut berkontribusi. Untuk jumlah imbalan, bisa Anda buat kesepakatan bersama peminat.
Baca juga : 5 Potensi Blog Untuk Generasi Muda
Atau Anda pun bisa membuat iklan tentang blog Anda yang sedang membutuhkan jasa penulis. Di situ buat harganya, dan silahkan tawar menawar dengan calon kontribusi. Untuk melakukan tindakan ini, Anda pun harus memperhatikan pendapatan Anda. Jangan sampai memaksakan diri untuk memberikan tawaran menulis, padahal pendapatan Anda belum seberapa. 

Untuk info lanjutnya mengenai trik memberikan tawaran menulis di blog, Anda bisa cari referensi nya di Google. Saya hanya ingin menjawab pertanyaan dari teman saya, dan sekaligus memberikan info tambahan, sekiranya ada yang perlu di sampaikan kepada orang banyak. 

Semoga artikel ini bisa sedikit memberikan kejelasan bagi Anda yang masih bingung mengenai perbedaan blog dan website, dan juga manfaat blog selain dapat uang dan memberikan informasi. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Apa Manfaat Blog Selain Dapat Uang dan Memberikan Informasi?"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.