#11 Alasan Kenapa Anda Harus Belajar Blogging?

Recomended


#11 Alasan Kenapa Anda Harus Belajar Blogging? - Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

#11 Alasan Kenapa Anda Harus Belajar Blogging?

Kegiatan blogging memberi kesempatan kepada kita untuk bisa berbagi pikiran tentang hal-hal apa yang kita tulis, disamping itu blogging sebagai jalan untuk menunjukan kreatifitas yang Anda lakukan kepada masyarakat luas. Anda dapat menulis apapun yang Anda pikirkan, dan blog memiliki dampak yang lebih baik bila di bandingkan postingan di sosial media. Anda dapat membantu mengarahkan, memberitahu dan membimbing orang lain untuk melakukan hal-hal tertentu.

Berikut ini saya akan kupas secara lengkap alasan kenapa Anda harus belajar blogging :

1. Membantu orang lain


Setiap hari banyak orang mencari solusi di internet atas permasalahan mereka. Beberapa orang ingin tahu tentang tips dan trik kesehatan, perkembangan teknologi, beberapa orang mencari pekerjaan, pilihan karir yang lebih baik, ada beberapa orang yang suka membaca berita-berita terbaru dan lain sebaginya. Anda dapat menjadi bagian dari para blogger dan mengarahkan mereka untuk bisa membaca blog yang Anda miliki. Ada banyak topik menarik yang bisa pilih, silahkan pilih topik yang paling menarik dan di sukai (tidak harus menguasai ) dan mulailah menulis. Jika ide Anda bagus dan membantu, Anda akan mendapat banyak pembaca dan Anda pastinya akan membantu mereka. Itulah kenapa blog bisa bisa di katakan bisa membantu orang lain.


Semenjak belanja online menjadi sebuah tren, saat ini orang-orang mulai banyak mencari apa yang mereka butuhkan di internet. Anda dapat menulis atau mereview tentang produk baru yang akan diluncurkan seperti smartphone, laptop, obat-obatan, dan semua hal yang bisa dibeli secara online.

Kegiatan blogging memberikan Anda kesempatan untuk menjadi inspirasi bagi orang lain. Anda dapat menulis tentang bagaimana merencanakan sebuah bisnis, peluang bisnis dan atau menangani kerugian dalam sebuah bisnis. Anda juga dapat menulis tentang masalah kehidupan sosial bermasyrakat seperti bagaimana cara berinteraksi di masyarakat, menyikapi suatu keadaan, mengurangi depresi dan lain sebagainya. Ada banyak permasalahan yang bisa Anda angkat untuk ditulis dan membantu orang lain dengan menginspirasi mereka untuk kehidupan yang lebih baik.


2. Mendapatkan Penghasilan

Blogging tidak hanya untuk membantu pembaca mengetahui tentang yang mereka perlukan tapi juga untuk menghasilkan uang. Mungkin anda mengetahui sejumlah penulis dan blogger yang menghasilkan ratusan dolar per minggu melalui blog mereka. Anda bisa menjadi salah satu diantara mereka jika sudah memiliki pembaca yang banyak. 

Tidak terlalu sulit untuk memulai membuat sebuah blog dan banyak platform blog yang di sediakan secara gratis seperti blogger.com dan wordpress.com. Anda dapat menulis topik yang saat ini sedang tren dan biarkan orang-orang membaca blog Anda. Ini akan membuat akun Anda terisi dengan uang, yang akan mendorong Anda untuk menulis lebih banyak lagi tentang hal baru. Bagaimana sebuah blog bisa menghasilkan uang? silahkan baca juga bagaimana cara google adsense membayar publisher.

3. Bekerja di Rumah dan Mendapatkan Kebebasan

Bekerja di rumah itu mengasyikkan? dan itu benar. Karena banyak orang yang terlalu sibuk bekerja tidak ada kesempatan berkumpul dengan keluarga. Jika ada memilih profesi sebagai blogger Anda pilih, keleluasaan waktu bersama keluarga bisa Anda dapatkan. Karena kegiatan blogging bisa di lakukan di manapun bahkan ketika Anda sedang liburan Anda bisa menulis, bisa jadi ketika liburan bisa mendapatkan banyak inspirasi disana.

4. Menambah Wawasan

Ketika Anda menulis tentang topik baru, Anda perlu belajar tentang hal baru sebelum menuliskannya. Mungkin Anda berencana menulis tentang teknologi baru atau mengobati penyakit atau hal lainnya. Pastinya Anda akan membaca dan mencari tahu tentang hal itu untuk memahami secara detail dan kemudian Anda tuliska di dalam blog dengan kata-kata Anda sendiri. Itulah bagaimana Anda meningkatkan pengetahuan Anda tentang hal baru. Seorang blogger bukan hanya penulis yang baik tapi juga pembaca yang baik yang belajar hal baru tentang dunia setiap hari.

5. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Dengan melakukan praktek langsung akan membuat seseorang menjadi banyak mengetahui kekurangan yang dimiliki sehingga akan mengetahui apa yang harus di perbaiki, beda dengan orang yang hanya belajar melalui teori saja tanpa praktek. Mungkin Anda berpikir bahwa Anda bukanlah seorang penulis yang baik, tapi Anda harus menulis. Pada awalnya mungkin Anda belum berhasil menarik banyak pembaca, tapi pastinya Anda akan mendapat sejumlah pembaca. Anda dapat meningkatkan kemampuan menulis Anda dengan blogging secara teratur dan juga mempelajari bagaimana cara mudah menulis artikel untuk pemula. Sehingga Anda akan mendapatkan cara yang lebih baik dalam mempersembahkan pemikiran Anda pada blog yang di miliki. Itulah yang dilakukan para blogger sehingga mereka bisa sukses di bidangnya.

6. Mempromosikan Keahlian

Ketika kita membaca sebuah artikel, seolah-olah kita mendapatkan ide bagus atau saran dari seorang ahli. Orang lain pun akan berpikir sama ketika membaca artikel yang kita buat, Anda menjadi seorang ahli dalam hal yang Anda tuliskan untuk pembaca. Orang mengira Anda sebagai seorang ahli dan akan mengikuti Anda. Blogging adalah cara mudah untuk menjadi terkenal dan mendapatkan pengikut serta menghasilkan uang. Dengan ini Anda dapat duduk di rumah dan berbagi pemikiran Anda sebagai seorang ahli.

7. Menjadi Pemikir yang Baik

Blogging menjadikan Anda pemikir yang lebih baik. Ketika Anda menulis tentang isu sosial atau masalah kesehatan, Anda mencoba meletakkan kata-kata dengan cara yang lebih berarti. Ini artinya Anda mencoba untuk menyampaikan pemikiran yang dialamatkan kepada target pembaca. Hal ini memerlukan pemikiran yang baik dan benar, dan itulah yang dilakukan seorang blogger. Anda mencoba untuk mendapatkan sesuatu yang lebih detail pada topik yang Anda tulis sehingga Anda dapat menentukan apa yang harus Anda tambahkan pada blog Anda dan apa yang harus Anda hindari.

8. Menambah Relasi Baru

Setiap platform blogging menawarkan kolom komentar di bawah blog. Ini terserah Anda apakah Anda menginginkan komentar dari para pembaca atau tidak. Jika anda ingin orang-orang merespon blog Anda, ijinkan mereka untuk berkomentar. Anda mungkin menemukan beberapa komentar bagus dan beberapa komentar burk di blog Anda. Itulah dimana Anda dapat membalas komentar mereka dan terhubung dengan para pembaca melalui cara yang lebih baik. Orang mungkin menghargai respon Anda dan mungkin juga tidak, tapi mereka akan mulai tahu tentang Anda. Itulah yang diberikan blogging kepada blogger. Membuat mereka terkenal dihadapan para pembaca dan mempromosikan mereka secara social.

Sosial media menjadi hal mendasar yang paling diperlukan di era ini. Milyaran penguna menggunakan sosial media seperti facebook, twitter dn Instagram. Anda dapat meningkatkan jumlah pengikut Anda jika Anda mulai blogging. Anda juga dapat mempromosikan blog Anda melalui sosial media dan mendapatkan lebih banyak pembaca. Pengikut yang banyak sama artinya dengan pembaca yang banyak, yang artinya menngkatkan pendapatan Anda dari blog.


9. Tantangan yang Menarik

Beberapa orang berpikir bahwa blogging itu mudah dan hanya sekedar hobi, itu tidaklah benar. Blogging itu cukup menantang, khususnya jika Anda belum pernah melakukannya. Anda perlu berpikir secara mendalam sebelum Anda menulis suatu topik. Anda juga perlu tentang dampak yang timbul bagi para pembaca. Saat ini dunia membutuhkan para blogger, orang yang dapat membantu dalam membuat dunia menjadi tempat hidup yang lebih baik. Ini semua tentang bagaimana memilih kata-kata dengan hati-hati dan mengaturnya dalam bentuk blog untuk mengirimkan pesan yang benar. Anda bisa menganggapnya sebagai sebuah tantangan dan tantangan adalah sesuatu yang baik bagi kehidupan.

10. Menghilangkan Stress

Orang akan menjadi pemikir yang baik ketika mereka sedang stress. Anda mungkin setuju atau bisa juga tidak sengan statement ini. dengan adanya tekanan orang akan berpikir lebih dalam dan akan melihat hidup dengan cara berbeda. Orang mencari pengobatan dengan berbagai cara untuk mengurangi stress mereka, percaya atau tidak blogging adalah cara paling sederhana untuk mengurangi stress. Caranya bagaimana? Tulis tentang sesuatu, yang membuat Anda stress tersebut, ceritakan bagaimana itu bisa terjadi dan bagaimana menurut Anda cara mengatasinya. Orang-orang perlu gagasan untuk beralih dan kembali pada hidup mereka, Anda juga bisa membantu orang yang sedang stress dengan menulis tentang hal hal tersebut. Silahkan Anda coba dan rasakan. 

11. Mendogkrak Kesuksesan Bisnis Anda

Jika Anda menjalankan sebuah bisnis, baik itu kecil ataupun besar, bisnis Anda membutuhkan blog atau website sebagai media promosi. Karena saya yakin beberapa pelanggan ingin mengetahui tentang detail dan company profile bisnis Anda. Anda juga dapat melakukan promosi dan iklan secara online, meskipun hanya berisi sedikit konten tentang produk. Sebuah blog bisa menjadi cara yang luar biasa untuk menjelaskan setiap produk baru yang Anda luncurkan dan Anda jual. Itulah gunanya blog untuk mendogkrak kesuksesan bisnis Anda.
Baca juga : 5 Potensi Blog Untuk Generasi Muda
Itulah beberapa alasan kenapa Anda harus mulai belajar blogging dari sekarang karena kedepan agar Anda tidak termasuk orang yang rugi. Segera mulai dari sekarang, jika masih merasa kesulitan silahkan sampaikan di kolom komentar beserta alamat blog baru Anda. Nanti saya dan kawan-kawan blogger lain InsyAllah akan membantu. "Sampai ketemu di blog Anda". Semoga bisa  Menginspirasi!

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

1 Response to "#11 Alasan Kenapa Anda Harus Belajar Blogging?"

  1. Sepakat dengan manfaat blogging di atas mas. Kalo di izinkan saya mau menambahkan sedikit, manfaat ngeblog juga bisa membuat anda menjadi selebriti terkenal seperti Raditya Dika, Panji, dan lainnya tentunya dengan konsisten menulis konten berkualitas. Terimakasih sudah berbagi, sukses tesus blognya mas.

    BalasHapus

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.