Tips Untuk Menjadi Pengusaha Sukses

Recomended


Tips Untuk Menjadi Pengusaha Sukses - Sukses merupakan impian semua orang, dimana kesuksesan yang diinginkan tersebut bisa dalam berbagai bidang seperti bidang pendidikan yang ingin sukses memperoleh nilai yang bagus, bidang karir ingin memperoleh jabatan yang tinggi di perusahaan, bidang entrepreneur ingin menjadi pengusaha sukses dan sebagainya.

Tips Untuk Menjadi Pengusaha Sukses

10 Tips Menjadi Pengusaha Sukses

1. Niat saat memulai bisnis haruslah benar

Niat merupakan hal yang penting saat teman-teman ingin melakukan apapun, jika niat teman-teman saat akan melakukan sesuatu hal itu bagus dan baik maka Insya Allah hasil yang akan teman-teman peroleh juga akan bagus dan baik dan begitu pula sebaliknya jika niat teman-teman saat akan melakukan sesuatu hal itu kurang baik atau tidak baik maka kemungkinan besar hasil yang akan teman-teman peroleh pastilah kegagalan.

Sebagai saran, jika teman-teman ingin menjadi pengusaha sukses maka milikilah niat yang baik dan bermanfaat bagi orang banyak, banyak pengusaha-pengusaha yang telah memperoleh kesuksesan selalu mengatakan hal tersebut.

2. Fokus dan bersungguh-sungguh kepada bisnis

Hal ini sangat menentukan dan penting saat teman-teman sudah mulai mengerjakan sesuatu hal apapun itu dan mungkin teman-teman pernah mendengar ini “Barang siapa yang bersungguh-sunguh pastilah ia akan mendapat” Jadi keberhasilan itu dapat diraih oleh siapa saja selama ia bersungguh-sungguh.

Ketika bisnis telah dijalani maka berusahalah untuk senantiasa fokus dan bersungguh-sungguh kepada bisnis tersebut lalu yakinlah bahwa kesuksesan pasti akan diraih cepat atau lambat dengan senantiasa bersungguh-sungguh dan teman-teman juga harus percaya bahwa kesuksesan bukanlah milik orang malas dan bukanlah miliki orang tertentu saja namun siapa saja berhak dan pantas untuk sukses.

3. Semangat pantang menyerah menjalani bisnis

Saat teman-teman melakukan sesuatu hal pastilah pernah mengalami keberhasilan dan kegagalan, itu merupakan hal yang lumrah atau sebut saja itu adalah konsekuensi/risiko dan teman-teman seharusnya bangga kepada diri sendiri karena pernah gagal yang berarti teman-teman pernah mencoba melakukannya, bukan cuma berencana saja dan ini akan menjadi kisah yang indah untuk diceritakan kepada orang lain saat nantinya telah menjadi seorang yang telah mencapai kesuksesan.

Apabila dalam menjalani bisnis dan teman-teman mengalami kegagalan saat menjalaninya, pastilah akan merasa kecewa namun jangan sampai frustasi dan jadikan kegagalan tersebut menjadi pelajaran yang berharga untuk ke depannya jadi segera mulai kembali bisnisnya dengan semangat pantang menyerah.

4. Memahami dan mempelajari calon konsumen

Keberhasilan suatu bisnis ditentukan oleh konsumen/pelanggan, dimana segala jenis produk baik barang atau jasa nantinya merekalah yang membeli lalu mengkonsumsinya. Namun, jika topiknya adalah konsumen teman-teman harus tahu bahwa tiap-tiap konsumen memiliki karakter yang berbeda-beda dan hal ini pasti akan berpengaruh pada cara mereka melakukan pembelian tentunya.

Jadi ingin memperoleh keberhasilan dalam berbisnis maka teman-teman harus mengetahui terlebih dahulu calon konsumen yang di targetkan nantinya supaya tidak salah menentukan rencana pemasaran dan strategi pemasaran yang akan digunakan pada calon konsumen yang telah di target tersebut menurut karakternya.

5. Cerdas melihat peluang bisnis baru

Dalam keseharian selalu terdapat sesuatu hal yang menjadi sorotan atau trending topik yang banyak dibahas oleh orang, trending topik tersebut bisa saja mengenai hal yang baik dan bisa pula sebaliknya mengenai hal yang buruk.

Saat teman-teman menjalankan bisnis, pastikan teman-teman cerdas melihat peluang bisnis dan peluang bisnis ini dapat dilihat langsung berdasarkan survey pasar dimana nantinya teman-teman akan menemukan trending topik tertentu yang dibahas oleh orang-orang. Melihat trending topik tersebut, jika trending topiknya mengenai hal yang baik maka maksimalkanlah dengan membuat suatu produk atau memanfaatkannya menjadi sarana pemasaran atau sebagainya dan jika trending topiknya mengenani hal yang buruk maka carilah suatu solusi atau jalan keluar untuk hal tersebut.

6. Kembangkan relasi bisnis

Relasi pada keseharian sangat dibutuhkan oleh semua orang, begitu pula hal nya dalam berbisnis dimana jika tema-teman memiliki banyak relasi dan terus mengembangkan relasi maka pastinya bisnis teman-teman akan semakin berkembang.

Dalam menjalankan suatu bisnis, relasi menjadi sangat penting karena peran mereka sangatlah banyak seperti mereka bisa menjadi pemodal, menjadi konsumen, menjadi perantara kepada teman-teman kepada calon konsumen baru dan sebagainya.

Namun ingat pula, teman-teman jangan memilih-milih relasi karena suatu hal seperti miskin dan kaya. Kembangkan relasi bisnis sebanyak-sebanyaknya tanpa memperhatikan statusnya karena suatu saat pasti mereka berguna bagi teman-teman.

7. Berhenti menunda-nunda sesuatu hal

Hal ini adalah masalah klasik selalu ditemukan dikeseharian, lebih jauh sebenarnya hal ini merupakan penghambat keberhasilan yang nyata.

Jika teman-teman ingin memperoleh suatu keberhasilan dalam berbisnis maka bersungguh-sungguhlah menjaninya karena seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa keberhasilan itu hanya akan diperoleh oleh orang-orang yang bersungguh-sungguh bukan orang yang menunda-nunda atau pemalas dan ingat pula bahwa kesempatan itu tidak datang dua kali jadi berhentilah menunda-nunda dan segeralah berbuat. 

8. Prioritaskan manfaat bisnis untuk masyarakat

Secara umum memang tujuan setiap bisnis adalah untuk memperoleh sejumlah keuntungan (gain), namun demikian janganlah lupa untuk memikirkan manfaat bisnis untuk masyarakat karena jika suatu bisnis bisa memberikan manfaat untuk masyarakat atau konsumen maka mereka akan merasa dihargai dan merasa memerlukannya karena memang bisnis tersebut juga memberikan dampak positif untuknya.

9. Sering-seringlah bersedekah

Sekilas memang sedekah terlihat seperti suatu kegiatan yang akan mengurangi aset yang kita miliki seperti uang dan harta benda lainnya, dimana kita memberikannya secara suka rela kepada orang lain tanpa mengharapkan pamrih apapun. Namun, teman-teman harus membuang jauh-jauh pemikiran tersebut karena sesungguhnya salah satu yang membuat seseorang berhasil adalah dengan senantiasa melakukan sedekah kepada sesama.

Jika kita melihat dari sudut pandang agama, disana secara jelas diterangkan bahwa barang siapa yang senantiasa bersedekah kepada sesama maka akan ditambah nikmat kepadanya dan bahkan ada yang menyatakan bahwa nikmat tersebut akan diganti berlipat ganda.

Dan pula bahwa “Doa orang teraniaya itu mustajab” dan jika teman-teman senantiasa bersedekah kepada sesama yang mereka merupakan orang yang teraniaya maka bayangkan jika mereka berdoa untuk anda agar mendapatkan balasan dari tuhan yang maha esa dan bayangkan pula jika jumlah orang yang mendoakan anda lebih dari satu orang, maka pasti keberhasilan akan segera terealisasi. So, Ikhlaslah, yakinlah dan percayalah.

10. Sabar dan tawakkal

Setelah teman-teman melakukan berbagai macam cara dan teman-teman belum juga memperoleh kesuksesan dan keberhasilan maka bersabarlah dan bertawakkal lah. Hal ini sangat penting untuk teman-teman ingat, karena pada hakikatnya kita semua adalah manusia biasa yang merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang berarti kita hanya bisa berencana dan berusaha sedangkan untuk hasilnya adalah miliki Allah SWT.

Meskipun begitu, ingatlah bahwa nasib kita tidak akan berubah jika kita tidak merubahnya sendiri yang berarti untuk setiap orang yang mau berhasil dan berusaha maka ia pasti akan mendapatkannya cepat atau lambat, jadi bersabar dan bertawakkal lah serta terus berusaha dengan semangat pantang menyerah. Semoga bermanfaat.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :