Biografi Susi Pudjiastuti

Recomended


Biografi Susi Pudjiastuti - Susi Pudjiastuti merupakan salah seorang entrepreneur yang berasal dari Indonesia dan merupakan salah satu entrepreneur tersukses di Indonesia bahkan di dunia, selain itu Susi Pudjiastuti juga seorang Menteri Republik Indonesia.

Hal menarik dari Susi Pudjiastuti ialah berhasil menggapai semua kesuksesannya tanpa menempuh pendidikan yang tinggi dan hanya sebatas Sekolah Menengah Pertama (SMP). 


Biografi Susi Pudjiastuti
Biografi Susi Pudjiastuti

Biografi Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965 merupakan salah seorang entrepreneur tersukses Indonesia. Susi Pudjiastuti merupakan Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Marine Product (Eksportir Perikanan) dan PT ASI Pudjiastuti Aviation (Maskapai Susi Air) dan kini Susi Pudjiastuti telah menjadi salah seorang Menteri Reprublik Indonesia (RI).

Susi Pudjiastuti merupakan anak dari Haji Suwuh dan Hajjah Lasminah dan berasal dari Jawa Tengah, tepatnya di Pangandaran. Orang tuan Susi Pudjiastuti merupakan saudagar sapi dan kerbau di Jawa Barat yang dibawa dari Jawa Tengah.

Susi Pudjiastuti merupakan siswi lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP), namun sebenarnya Susi Pudjiastuti sempat menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA)  tapi ia dikeluarkan dari sekolah karena keaktifannya dalam gerakan Golput. Setelah kejadian tersebut, Susi Pudjiastuti mengawali perjalanan karirnya sebagai seorang entrepreneur wanita dan pada waktu itu ia hanya bermodalkan semangat dan uang sebesar Rp. 750.000 yang diperolehnya dari menjual  perhiasan yang dimilikinya. Profesi entrepreneur pertama yang dijalani oleh Susi Pudjiastuti adalah menjadi pengepul ikan di daerah asalnya yaitu Pangandaran dan bisnis yang dijalaninya dengan semangat yang luar biasa tersebut mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu hingga pada tahun 1996 Susi Pudjiastuti mendirikan sebuah pabrik pengolahan ikan yang diberi nama PT ASI Pudjiastuti Marine Product dan produk andalannya ialah Susi Brand (lobster). 

Dan tidak berhenti sampai disitu, PT ASI Pudjiastuti terus mengalami perkembangan hingga mencapai pasar Asia dan United State, namun muncul suatu permasalahannya yaitu tidak tersedianya sarana transportasi yang dapat mengangkut produknya ke konsumen dengan cepat sehingga produknya sampai dalam keadaan yang masih segar. Untuk mengatasi masalah tersebut, Susi Pudjiastuti akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah pesawat yaitu Cessena Caravan seharga 20 Milyar Rupiah dengan bantuan pinjaman dari Bank pada tahun 2004 yang kemudian diberikan nama Susi Air.


Biografi Susi Pudjiastuti
Biografi Susi Pudjiastuti
Kemudian sekitar tiga tahun setelah itu, PT ASI Pudjiastuti semakin berkembang hingga dan memiliki pesawat sebanyak 14 unit yang tersebar di Papua, Balikpapan, Jawa dan Sumatera. Namun pada tahun 2004 silam tepatnya setelah terjadinya tragedi Tsunami di Aceh, Maskapai Susi Air merupakan maskapai pertama yang berhasil sampai disana untuk mendistribusikan bantuan kepada korban bencana tersebut.
BACA JUGA : Biografi Dahlan Iskan
Sekarang Susi Air sudah semakin berkembang dan jumlah pesawat yang dimiliki pun sudah bertambah banyak dan terdiri dari beragam jenis dan juga membuka sekolah pilot Susi Flying School. Disamping itu, ia menerima banyak penghargaan seperti Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat, Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia, Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter dari Presiden Republik Indonesia, Metro TV Award for Economics, Inspiring Woman, Eagle Award dari Metro TV dan Indonesia Berprestasi Award dari PT Exelcomindo. 

Susi Pudjiastuti ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla, yang ditetapkan secara resmi pada 26 Oktober 2014. Sebelum dilantik, Susi melepas semua posisinya di perusahaan penerbangan Susi Air dan beberapa posisi lainnya, termasuk Presiden Direktur PT. ASI Pudjiastuti yang bergerak di bidang perikanan serta PT ASI Pudjiastuti Aviation yang bergerak di bidang penerbangan untuk menghindari konflik kepentingan antara dirinya sebagai menteri dan sebagai pemimpin bisnis. Selain itu, alasan lain Susi melepas semua jabatannya adalah agar dapat bekerja maksimal menjalankan pemerintahan, khususnya di bidang kelautan dan perikanan.

Saat pelantikan, Susi menuai kontroversi karena kedapatan menghisap sebatang rokok dan memiliki tato, sesuatu yang tidak lazim dimiliki oleh menteri Indonesia. Atas tindakannya ini, Susi mendapatkan baik pujian dan kritikan di media sosial. Itulah sekilas tentang Susi Pudjiastuti dan semoga pembahasan tentang Biografi Susi Pudjiastuti ini dapat bermanfaat.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :