Apa Itu Komunikasi Pemasaran?

Recomended


Apa Itu Komunikasi Pemasaran? - Pemasaran pada zaman serba modern dan instant seperti sekarang ini adalah salah satu faktor penting dalam hal kemajuan suatu perusahaan dan bertahan suatu perusahaan. Pemasaran dapat dilakukan oleh perusahaan dengan bermacam strategi pemasaran yang sangat bervariasi tapi dengan suatu tujuan yaitu untuk menjual produknya sehingga menghasilkan laba.

Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran

Komunikasi pemasaran - Komunikasi merupakan suatu proses pemikiran dan pemahaman yang kemudian disampaikan kepada pihak lainnya. Sedangkan pemasaran merupakan sekumpulan kegiatan yang dilakukan yang bertujuan untuk mengenalkan/memasarkan suatu produk tertentu oleh pemasar kepada konsumen. Jadi, Komunikasi pemasaran dapat diartikan sebagai suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pemasar dengan konsumen.

Menurut pakar pemasaran, bentuk komunikasi pemasaran itu sendiri dapat menjadi:

1. Penjualan perorangan (personal selling). Penjualan perorangan merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran antar perorangan dimana si penjual menginformasikan dan mengupayakan si konsumen agar membeli produk yang dijualnya.

2. Iklan (advertising). Iklan merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran yang menggunakan media massa seperti televisi, radio, internet, majalah sebagai perantaranya. Iklan juga merupakan suatu komunikasi langsung yang didesain khusus untuk konsumen antar bisnis (business to business) maupun pemakai akhir, dimana komunikasi ini dibiayai oleh suatu sponsor tertentu. 

3. Promosi penjualan (sales promotional). Promosi ini adalah suatu komunikasi pemasaran yang terdiri dari semua kegiatan pemasaran supaya terjadinya pembelian oleh konsumen dalam waktu yang singkat. 

4. Pemasaran sponsorship (sponsorship marketing). Pemasaran sponsorship merupakan suatu komunikasi pemasaran yang mempromosikan suatu perusahaan dan merk tertentu pada suatu kegiatan atau acara tertentu.

5. Publisitas (publicity). Publisitas merupakan suatu komunikasi pemasaran yang biasanya dilakukan dalam bentuk berita yang telah edit mengenai suatu produk dari perusahaan dan termuat dalam media massa seperti televisi tanpa dipungut biaya karena mereka berasumsi bahwa memang penting dan layak disampaikan.

6. Komunikasi di tempat pembelian (point of purchase communication). Komunikasi di tempat pembelian merupakan suatu komunikasi pemasaran dimana melibatkan benda tertentu seperti poster yang dirancang untuk menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian di tempat pembelian. 

7. Pemasaran Langsung (Direct marketing). Pemasaran langsung merupakan suatu komunikasi pemasaran secara individual antara pemasar dengan konsumen agar melakukakn pembelian.

8. Promodi penjualan (Trade promotion). Promosi penjualan merupakan suatu komunikasi pemasaran yang dipakai untuk menggaet distributor guna membeli suatu “manufactures brand” untuk dijual kembali kepada konsumen. 

9. Penempatan merk (Brand placement). Penempatan merk merupakan suatu komunikasi pemasaran yang dengan menggunakan promosi penjualan untuk menjangkau konsumen dengan menyertakan produk pada sebuah acara televisi tertentu.

10. Relasi Publik (Public Relation). Relasi publik merupakan suatu komunikasi pemasaran dengan cara melakukan suatu riset untuk mengetahui pola komunikasi pemasaran.

11. Pihak pengiklan (Corporate Advertising). Pihak pengiklan merupakan suatu komunikasi pemasaran oleh pihak yang bertanggung jawab untuk pengembangan iklan untuk mengoptimalkan iklan tersebut supaya dapat meningkat pendapatan.

12.  Internet. Internet merupakan suatu komunikasi pemasaran yang memiliki nilai penting dalam pemasaran. Internet dapat digunakan sebagai media untuk melakukan kegiatan komunikasi pemasaran yang diterapkan pada kegiatan online advertising dan penjualan melalui internet.

13. Komunikasi mulut ke mulut (Word of mouth). Komunikasi mulut ke mulut merupakan suatu komunikasi pemasaran yaitu proses komunikasi yang berupa pemberian rekomendasi terhadap suatu produk dengan tujuan memberikan informasi secara personal dan sebagai alat koordinasi, mengawasi setiap aktivitas tertentu di perusahaan (internal) dan untuk membina hubungan baik dengan pihak lain yang berkepentingan (eksternal). 

14. Layanan konsumen (Customer service). Layanan konsumen merupakan suatu komunikasi pemasaran dimana perusahaan memberikan kepuasan kepada konsumen dengan pelayanan dan pelayanan yang diberikan termasuk menerima keluhan atas masalah yang dialami oleh konsumen. Petugas pelayanan pelanggan tersebut berfungsi melayani serta menjalin hubungan baik dengan konsumen.
Baca juga : Pengertian Manajemen Pemasaran
Itulah pengertian dan maksud dari komunikasi pemasaran, semoga pembahasan tentang komunikasi pemasaran ini dapat bermanfaat. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Apa Itu Komunikasi Pemasaran?"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.