Apa Itu Bauran Pemasaran atau Marketing Mix?

Recomended


Apa Itu Bauran Pemasaran atau Marketing Mix? - Dalam kehidupan sehari-hari kita menemukan berbagai macam jenis produk yang beragam fungsi dan kegunaannya. Semua produk tersebut dirancang dengan semenarik mungkin sehingga kita berminat untuk membelinya. Namun kebanyakan dari kita kadang tidak pernah memikirkan tentang serumit apakah proses pembuatan suatu produk tersebut. Produk-produk tersebut telah melewati berbagai macam tahapan baik dari sisi pertimbangan maupun sisi proses pembuatan.

Apa Itu Bauran Pemasaran atau Marketing Mix?

Keberhasilan suatu perusahaan dalam hal memasarkan suatu produk berupa barang maupun jasa adalah suatu poin penting yang harus sangat diperhatikan dan diutamakan setelah kualitas produk itu sendiri.


Pengertian Bauran Pemasaran 

1. Pengertian bauran pemasaran menurut Marketing Management (1997)
Bauran Pemasaran (marketing mix) adalah “Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue it's marketing objectives in the market”. Pengertian tersebut dapat diartikan bauran pemasaran adalah kumpulan dari alat-alat pemasaran yang dapat dikendalikan dan dipakai si perusahaan guna mencapai tujuan pemasaran dalam pasar target.

2. Pengertian bauran pemasaran menurut Kotler (1992)
Bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus mencapai tujuan pemasaran perusahaan pada pasar sasaran. Bauran pemasaran itu sendiri terdiri dari empat komponen yaitu product, price, place, and promotion.

Namun seiring perkembangan zaman, pasar mengalami perkembangan searah dengan perkembangan perilaku konsumen dan kecerdasan para ahli pemasaran dan perkembangan bauran pemasaran ini dikenal dengan nama bauran pemasaran 7P atau marketing mix 7P.

1. Bauran Pemasaran 4P

Product (produk)

Product atau produk adalah segala yang berupa barang atau jasa yang ditawarkan ke konsumen guna memenuhi kebutuhan dan kepuasan kepada konsumen. Produk umumnya terbagi menjadi beberapa tingkatan yaitu produk utama, formal serta tambahan.

Menurut Wikipedia, Product dalam bisnis adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan, produk dalam marketing adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan, produk dalam tingkat pengecer sering disebut sebagai merchandise, produk dalam manufaktur dibeli dalam bentuk barang baku serta dijual sebagai barang jadi dan Produk yang berupa barang mentah tersebut sering pula disebut sebagai komoditas. 

Price (harga)

Price atau harga adalah sejumlah uang yang diserahkan oleh konsumen untuk memiliki suatu produk tertentu kepada penjual atau perusahaan.

Menurut Wikipedia, Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disetarakan dengan uang atau benda lainya untuk manfaat yang diterima dari suatu barang atau jasa bagi konsumen pada saat dan tempat tertentu. Istilah harga digunakan untuk memberikan nilai finansial pada suatu produk. Umumnya penggunaan kata harga berupa digit nominal besaran angka terhadap nilai tukar uang yang menunjukkan tinggi rendahnya kualitas produk. Dalam ilmu ekonomi harga dapat dikaitkan dengan harga suatu produk sekaligus.

Place (tempat)

Place atau tempat adalah berbagai kegiatan perusahaan guna membuat produknya terjangkau serta tersedia bagi pasar yang ditargetkan.

Promotion (promosi)

Promotion (promosi) adalah kegiatan perusahaan untuk menginformasikan serta mengenalkan suatu produk pada pasar yang ditargetkan.

Menurut sumber lainnya, Promosi adalah upaya guna menginformasikan produk dengan tujuan untuk menarik konsumen untuk membeli serta mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

2. Bauran Pemasaran 7P

  • Product. Semua komponen dari kinerja layanan yang menciptakan nilai bagi pelanggan.
  • Place. Keputusan manajemen mengenai kapan, dimana, dan bagaimana menyajikan layanan yang baik kepada pelanggan.
  • Promotion. Semua aktivitas komunikasi dan perancangan insentif untuk membangun persepsi pelanggan yang diinginkan oleh perusahaan atas layanan spesifik yang perusahaan berikan.
  • Price. Pengeluaran uang, waktu, dan usaha yang konsumen keluarkan untuk membeli serta mengkonsumi produk dan layanan yang perusahaan tawarkan atau sajikan.
  • Process. Suatu metode pengoperasian atau tindakan-tindakan yang diperlukan untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada konsumen.
  • Productivity. Sejauhmana efisiensi masukan-masukan layanan ditransformasikan ke dalam hasil-hasil layanan yang dapat menambah nilai bagi konsumen, sedangkan kualitas adalah derajat suatu layanan yang dapat memuaskan konsumen .
  • People. Konsumen serta starff yang terlibat pada kegiatan menciptakan produk dan layanan (service production).
  • Physical evidence. Berbagai peralatan yang dibutuhkan saat menyajikan secara nyata kualitas produk dan layanan.
BACA JUGA : Pengertian dan Manfaat Analisa SWOT Bagi Perusahaan

Sekian pembahasan tentang bauran pemasaran dan semoga pembahasan tentang bauran pemasaran ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Apa Itu Bauran Pemasaran atau Marketing Mix?"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.