4 Faktor Umum Yang Membuat Malas Ngeblog

Recomended


4 Faktor Umum Yang Membuat Malas Ngeblog - Kegiatan ngeblog adalah suatu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian blogger. Apa lagi jika blognya sudah populer. Pasti akan lebih bersemangat lagi dalam menjalani kegiatan ngeblognya.

Lalu apa sih yang membuat ngeblog itu terasa sangat menyenangkan? Tidak bisa di jelaskan dengan kata-kata. Jika Anda adalah blogger sejati, pasti akan tahu rasanya bagaimana.

Ini bukan tentang kepandaian menulis, ataupun kecerdasan dalam memberikan sebuah informasi. Tapi ini adalah tentang bagaimana kita mendapat sebuah pengalaman baru dan di bagikan kepada orang lain.

Tentu ini bukanlah hal yang mudah! Meski begitu, kita pun di tuntut untuk pandai merangkai kata. Supaya apa yang kita sampaikan bisa menarik ketika di baca oleh pembaca blog kita.

Sebenarnya, untuk pemula tidaklah perlu pandai dalam merangkai kata-kata yang menarik ataupun menggoda. Asalkan dalam diri kita sudah tertanam niatan untuk menjadi blogger, secara perlahan kita pun akan menjadi pandai sendiri dalam menulis, dan akan mempunyai ciri khas sendiri.

4 Faktor Umum Yang Membuat Malas Ngeblog

Namun, meskipun sudah lama menekuni dunia blogging, tidak sedikit para blogger yang mengalami rasa malas. Ini adalah wajar bagi setiap umat manusia. Karena pada dasarnya, manusia memang memiliki sifat bosan dengan apa yang di miliki, di dapat, dan di jalaninya.

Tidak terkecuali pada hal yang di sukai dan di gemari. Jika rasa malas sudah menghampiri, maka bosan pun tidak terbendung lagi. Apa lagi untuk yang baru mulai belajar ngeblog. Pasti lebih cepat terjangkit penyakit bosan dan malas mengupdate blognya.

Rasa malas tidak memandang bulu. Entah itu senior ataupun junior, entah itu kawakan atau pemula, pasti rasa malas selalu ada. Untuk itu, bila Anda sedang mengalami malas ngeblog, jangan terlalu di pikirkan! Atau Anda ingin memaksakan diri Anda untuk tetap ngeblog? Mungkin postingan kali ini bisa di jadikan referensi untuk Anda.

Ada banyak faktor yang menyebabkan para blogger menjadi malas ngeblog. Tidak bisa di sebutkan satu persatu ataupun di jelaskan semuanya. Tapi saya mungkin hanya akan menyebutkan yang menurut saya paling berpengaruh.

Hal yang mendasari malas ngeblog sebenarnya hal-hal yang sepele. Tidak bisa di anggap serius ataupun harus di tindak lebih tegas. Tapi harus bisa menggerakkan diri sendiri ketika malas itu datang.
Baca juga : 5 Kiat Membuat Konten yang Segar dan Menarik untuk Pengunjung
Tidak jauh beda dengan ketika anda harus bangun pagi-pagi untuk pergi ke kantor padahal Anda masih dalam keadaan ngantuk berat. Mungkin bagi sebagian orang itu adalah hal yang serius. Tapi menurut saya, rasa malas adalah hal yang general terjadi.

Memang, sifat malas itu harus di lawan! Jika tidak, kita akan terus-terusan malas. Akan tetapi, manusia layak menikmati kemalasannya ketika memang harus beristirahat.

Salah satu contohnya ketika anda letih bekerja, kemudian mengambil cuti  libur, maka dengan tanpa beban apapun anda akan menikmati liburan itu, bukan? Dengan kata lain anda sedang menikmati waktu malas.


Begitu pula pada saat ngeblog. Kita kadang butuh waktu banyak untuk membebaskan pikiran dari blog. Hal itu demi otak kita agar tetap fresh dan tidak terlalu tertekan karena ngeblog. Tapi apakah Anda tahu apa penyebab malas ngeblog?

1. Kurang Piknik

Ketika kita terus-terusan mengurusi blog. Entah itu menulis artikel atau apa, sudah pasti otak kita kurang nutrisi lainnya. Karena selalu di jejali oleh blog dan metode-metode nya.

Dengan begitu, otak pun akan merasa jenuh dan bosan. Sehingga rasa malas itu akan muncul, dan Anda akan malas membuka blog Anda. Yang ada di pikiran saat itu adalah "bagaimana caranya Anda bisa berekspresi bebas?".

Untuk itu, jangan terlalu di fokuskan secara khusus! Bagi waktu seefektif mungkin. Supaya ketika ngeblog, otak tetap fresh dan tidak menimbulkan rasa malas yang berlebih.

2. Tidak Sabaran


Apa maksud dari kalimat "tidak sabaran" di poin kedua? Maksud dari tidak sabaran di poin ini adalah, mempunyai maksud yang lebih dari satu. Misal:
  • Tidak sabaran ingin visitor nya banyak.
  • Tidak sabaran pengen cepat dapat duit dari blognya.
  • Tidak sabaran pengen cepat blognya populer.
  • Dan banyak lagi.

Padahal, kesuksesan itu tidak mudah untuk di raih. Meskipun aji mumpung, awalnya adalah usaha dahulu.

3. Buntu Inspirasi


Siapa sih orangnya yang rajin nulis kalau tidak ada inspirasi untuk membuatnya menulis? Pasti akan menjadi sangat malas ketika otak mengalami kebuntuan dalam menangkap inspirasi.

Saya sendiri ketika tidak ada inspirasi sama sekali, blog hampir tidak pernah di buka sama sekali. Tapi saya tahu, inspirasi datang dari mana saja. Contohnya sekarang. Rasa malas saya di jadikan inspirasi untuk menulis tema ini.

4. Kurangnya Waktu Luang

Kesibukan di dunia nyata, kadang membuat kita sering lupa diri pada kegiatan lainnya. Misalnya saja ngeblog. Sehingga jika kita tidak mendapat cukup waktu luang untuk menulis artikel di blog, bisa jadi bila sudah terlalu lama, keinginan menulis itu akan luntur dan kita akan malas.

Ada baiknya Anda memanfaatkan waktu luang yang sangat sedikit untuk perlahan-lahan menulis di notepad ketika dapat inspirasi di celah kegiatan nyata Anda.

Gambaran nya adalah misal Anda seorang bisnisman yang selalu di kejar waktu. Nah, di setiap jeda istirahat Anda, usahakan sedikit demi sedikit menulis di notepad atau di buku catatan lainnya. Untuk dapat mengisi artikel blog Anda. Tentunya ketika Anda mendapat inspirasi menulis.

Tujuannya agar jiwa Anda sebagai seorang blogger tidak hilang dan semangat Anda dalam menulis blog tetap ada dan terus membara. Tapi jangan terlalu memaksakan bila memang sedang tidak ada inspirasi atau memang harus beristirahat.

Kembalilah ketika otak sudah kembali fresh dan mendapat ide-ide segar. Banyak istirahat dan banyak piknik, tentunya akan mendapatkan inspirasi yang banyak juga. Jangan jadikan ngeblog sebagai kegiatan yang memusingkan otak, apa lagi menjadi beban dalam menjalani kegiatan di dunia nyata.

Pada dasarnya, ngeblog adalah kegiatan bersenang-senang dalam berbagai informasi ataupun hal lainnya. Jika blog Anda ingin populer, berikan ide-ide yang segar. Dan materi-materi yang memberikan pengalaman baru bagi pembaca! Semoga bermanfaat.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

5 Responses to "4 Faktor Umum Yang Membuat Malas Ngeblog"

  1. Menarik sekali pembahasannya mas. Kalo yg sering saya alami itu di buntu inspirasi, soalnya udah banyak artikel yang di tempel di blog orang lain akhirnya bagian blog sendiri terabaikan. Semakin dipaksa semakin blank dan bad mood. Itu karakter saya, mungkin kalau orang lain semakin di paksa semakin bisa, tapi di saya justru kebalikannya mas.

    BalasHapus
  2. Kebanyakan sih memang yang poin itu, Buntu Inspirasi. dan kalau sudah itu penyebabnya jangan coba di paksa nulis.. gk bakalan kelar2 tuh tulisan.. mending cari referensi lain atau bisa dengan membaca..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, soalnya kalo saya paksa ada kemungkinan jadi tapi banyak kesalahannya.

      Hapus
  3. Alasan yang pertama dan keempat sepertinya cocok banget deh dengan kondisi saya. Maklumlah saya memang jarang sekali piknik karena memang waktu luang saya sangat sedikit. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana mau piknik kalau gak ada waktu ya boss .. Kalau saya keseringan piknik jadi gk sempat ngeblog.. kerjanya keliling terus. Hehe

      Hapus

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.