Persiapan Blog Untuk di Monetize Google AdSense

Recomended


Persiapan Blog Untuk di Monetize Google AdSense - Mempunyai blog yang punya pengunjung seribu per hari atau lebih, pasti ada hasrat ingin memonetisasi nya, bukan? Tapi jika memang tidak ingin mengkomersilkan blog anda, saya anggap anda seorang blogger professional. Tapi dari sekian banyaknya blogger di muka bumi ini, hampir semuanya ingin memonetisasi blog-nya. Dan jika  ingin memonetisasi blog, apakah anda sudah tahu persiapannya? Jika belum, cobalah lanjutkan membaca!

Ada banyak cara untuk monetisasi blog. Salah satunya adalah dengan bekerja sama dengan layanan pengiklan seperti Google AdSense. Tapi tahukah anda, bahwa bukan hanya Google AdSense saja yang menyediakan layanan pengiklan untuk memonetisasi blog. Ada banyak layanan pengiklan lainnya. Di antaranya: Revenue Hits, Media.net, Chitika, BuySellAds, Bidvertiser, dan lain-lain.
Persiapan Blog Untuk di Monetize Google AdSense


Tapi yang paling banyak di inginkan para blogger ialah menampilkan iklan Google AdSense di blog nya. Hal ini di sebabkan AdSense tidak hanya membayar publisher nya dari klik iklan saja. Melainkan juga dari tampilan laman dan tayangan iklan nya juga. Jadi anda tidak perlu takut tidak ada yang meng-klik ikannya. Karena tanpa dapat klik pun, Anda tetap di bayar oleh AdSense. Selain itu, tampilan ikannya pun sangat relevan untuk di tampilkan di blog. Blog jadi terlihat lebih cantik dan profesional. Itulah sebabnya mengapa banyak yang menginginkan menampilkan iklan AdSense di blognya.

Tapi sayangnya, anda tidak akan dengan mudah untuk menjadi penayang iklan AdSense. Pasalnya, AdSense hanya ingin menampilkan iklannya di blog atau situs yang sesuai kebijakan mereka. Jadi meskipun anda berpikir bahwa situs anda layak, belum tentu di mata tim AdSense layak. Maka dari itu banyak yang menyerah dan memilih alternatif dari AdSense yang sudah saya sebutkan di atas.

Sebetulnya, kiat atau saran yang ingin saya bagikan ini tidak ada jaminan untuk blog anda di terima oleh Google AdSense. Karena untuk di terima menjadi publisher AdSense melalui blog, adalah faktor untung-untungan. Tidak ada yang bisa memastikan dan tidak ada cara yang menjamin di terima. Tapi setidaknya Anda sudah berusaha. Dan berikut apa saja yang harus di siapkan di blog Anda untuk di monetisasi Google AdSense.

Kelengkapan konten

Hal pertama yang harus di perhatikan adalah kelengkapan konten di blog Anda. Hal ini di picu karena alasan penolakan dari tim AdSense ialah konten kurang memadai. Jadi untuk mengantisipasinya adalah dengan cara melengkapi konten di blog kamu. Kelengkapan konten yang di maksud ialah, kelengkapan semua isi blog. Di antaranya:

Konten harus berupa teks.
AdSense sangat menyukai konten blog yang berisi teks yang sangat panjang. Artinya, tidak banyak memuat gambar ataupun video. Karena bagi mereka, konten dengan teks yang panjang lebih banyak mendapat informasi bagi para pengunjung. Sehingga, untuk menampilkan ikannya pun jadi bisa semakin relevan. Tapi AdSense sendiri tidak menentukan jumlah kata yang harus di tulis pada konten blog. Anda bisa membuat konten yang berisi lebih dari 500 kata atau 1000 kata atau lebih. Dan itu punya kemungkinan untuk di terima. Adaka asalkan unik dan original (bukan copy paste).



Mudah di navigasi pengunjung.
AdSense tentunya ingin supaya iklannya dapat di tayangkan terus menerus oleh pengunjung unik (uniqe visitor). Untuk itu, supaya pengunjung betah berlama-lama di blog anda, anda harus membuat navigasi yang jelas dan mudah di navigasi oleh pengunjung. Maksudnya adalah ketika pengunjung membaca salah satu artikel di blog, dan kemudian mereka ingin membaca artikel terkait lainnya, maka mereka dengan mudahnya menemukannya. Dan itu tentunya membuat mereka lebih lama di blog Anda.

Blog harus sudah rampung.
Mungkin anda merasa blog sudah selesai untuk di publikasikan. Tapi sayangnya, AdSense begitu teliti atau kritis dalam menilai kelayakan suatu blog. Mungkin saja Anda merasa blog sudah rampung dalam penata letakkan template dan sebagainya. Tapi AdSense melihat dari sudut pandang yang berbeda. Untuk itu persiapkanlah blog anda sesiap-siapnya! Mungkin saran sederhananya adalah menggunakan template yang sederhana dan cepat di muat. Artinya, ketika pengunjung membuka blog, mereka dengan cepat bisa membaca artikel di blog anda.

Selain template, juga usahakan tidak ada gadget blog yang tidak berfungsi. Seperti kode HTML / Javascript, atau gadget-gadget yang tidak penting lainnya. Usahakan gadget yang di pasang di blog, bisa di akses pengunjung dan di kenali pengunjung.

Blog harus sesuai kebijakan Google AdSense

Karena AdSense adalah perusahaan pengiklan yang besar, maka sudah pasti tidak mudah untuk menjadi publishernya. Meski  sudah mengikuti saran yang di atas, belum tentu blog anda akan di full approve oleh tim AdSense. Gambaran besarnya, AdSense ingin menampilkan iklan mereka secara relevan di situs atau blog yang memang bermanfaat bagi pengunjung. Anda tentu tidak inginkan menitipkan pisang goreng anda di tukang bengkel motor? Untuk itu AdSense pun punya kebijakan sendiri mengenai situs yang layak untuk menampilkan iklan mereka.

Lalu anda bertanya-tanya, "situs atau blog yang seperti apa yang layak menampilkan iklan AdSense?". Jawabannya sudah ada di sarat persetujuan menjadi publisher AdSense saat pertama mendaftar. Atau anda bisa membacanya di sini. Tapi yang saya tahu jenis situs atau blog yang layak menjadi publisher AdSense ialah situs atau blog yang tidak menampilkan topik SARA, Kekerasan, Pornografi, Provokasi / penghasut perang, dan lain-lain. Itu hanya beberapa contoh yang yang saya tahu. Anda bisa membaca lengkapnya di Pusat Bantuan AdSense.
Jika sudah yakin blog anda sudah tidak bermasalah dengan kebijakan AdSense dan sudah memenuhi kriteria AdSense, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk mendaftar. Siapa tahu anda memiliki faktor keberuntungan yang tinggi. Sehingga hanya dengan sekali daftar, langsung full approve, seperti blog ini misalnya yang hanya berumur 2 bulan ternyata bisa di terima menjadi penayang iklan dari Google Adsenese. Sekarang anda bisa mencobanya. Semoga bermanfaat!

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Persiapan Blog Untuk di Monetize Google AdSense"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.