Mengenal Backlink dan Manfaat Backlink untuk Blog

Recomended


Mengenal Backlink dan Manfaat Backlink untuk Blog - Tahukah Anda, kalau backlink dalam artikel bisa meningkatkan jumlah visitor unik? Jika tidak tahu atau belum tahu, pada postingan kali ini saya akan coba memberikan tips sederhana meningkatkan visitor dengan membuat link dalam postingan atau artikel blog.

Jika Anda tahu, sebenarnya ini salah satu strategi para master-master di luaran sana. Mungkin Anda tahunya mereka hanya mempunyai satu blog, tapi bisa mendapatkan pengunjung yang banyak, karena postingannya unik, bermanfaat, dan bisa menyelesaikan masalah, bukan begitu? Itu adalah tanggapan yang salah!

Mengenal Backlink dan Manfaat Backlink untuk Blog

Memang benar! Postingan yang unik, bermanfaat, dan bisa menyelesaikan masalah adalah postingan yang banyak di cari orang. Tapi, siapa yang memberi tahu orang itu? Google? Jika iya Google, apakah Anda yakin postingan itu muncul di halaman pertama Google? Karena kebanyakan pengunjung unik datangnya dari postingan yang muncul di halaman pertama Google.

Gambaran besarnya, semua postingan yang Anda publikasi dari blog Anda, belum tentu semuanya muncul di halaman pertama Google, bukan? Nah, bagaimana caranya agar semua postingan Anda dapat di baca oleh semua pengunjung yang datang dari Google langsung (pengunjung unik)? Dari situlah di perlukan yang namanya backlink.

Backlink ialah suatu link yang ada di situs orang lain, yang merujuk ke situs kita. Gambaran besarnya, Anda sedang membuat artikel tentang masakan Padang. Kemudian Anda ingin menunjukkan ke pengunjung Anda untuk membaca lebih lanjut mengenai masakan Padang lainnya di situs yang menjadi tempat belajar Anda membuat masakan Padang tersebut.

Dengan begitu, Anda pasti akan menaruh link situs tersebut di artikel Anda, bukan? Nah jika begitu Anda sudah membangun backlink situs orang lain (link yang menuju situs orang lain). Nah dengan begitu pengunjung yang tadinya tidak tahu, menjadi tahu karena adanya backlink dari situs Anda. Menarik, bukan?

Untuk itulah Anda harus membangun backlink, agar blog Anda jadi terkenal dan trafiknya pun meningkat. Dan sudah pasti pula hampir semua postingan Anda akan di baca oleh pengunjung unik Anda. Hal yang paling menyenangkan dengan membangunnya backlink, bukan situs atau blog Anda jadi terkenal saja.

Tapi, kemungkinan besar semua postingan Anda tampil di halaman pertama Google. Kenapa? Jika semua backlink yang menuju blog Anda itu aktif semua (sering di klik pengunjung), maka Googlebot pun akan lebih sering merayapi artikel Anda tersebut dan suatu saat akan di sarankan di halaman pertama Google.

Saya yakin Anda pun mengharapkan semua postingan Anda tampil di halaman pertama Google, kan? Untuk itu buatlah backlink yang kuat, sekuat-kuatnya! Supaya semua postingan Anda aktif dan mendapat banyak visitor unik setiap harinya, maka blog Anda pun akan di kenal banyak orang, di sarankan banyak orang, di baca banyak orang, membantu banyak orang, bermanfaat bagi banyak orang, dan Anda pun akan mendapat banyak nilai plus, dari pengunjung setia, maupun pengunjung unik Anda. Dan sudah pasti, banyak blogger pemula yang ingin belajar banyak dari Anda.
Baca juga : Beberapa Faktor Agar SEO Memiliki Hasil Yang Baik
Ada banyak cara untuk membangun backlink. Tapi mungkin di saat ini saya hanya akan membahas mengenai backlink dan manfaatnya untuk blog Anda. Mengapa saya tidak menjelaskannya langsung sekarang saja? Jawabannya tak kenal, maka tak sayang. Jika Anda tidak mengenal dulu apa itu backlink, maka Anda tidak akan tahu menariknya backlink dan manfaatnya untuk blog Anda.

Backlink sendiri sebenarnya memiliki dua jenis. Yaitu: backlink dofollow dan backlink nofollow. Jika di lihat dari segi manfaatnya, kedua jenis backlink ini memiliki manfaat yang sama, yaitu meningkatkan trafik blog. Lalu apa perbedaannya? Ialah dari page rank nya (PR).

Backlink dofollow adalah suatu link yang memperbolehkan Googlebot merayapi atau mengindeks link tersebut. Dengan begitu, blog yang mendapat link dofollow tersebut kemungkinan akan mendapat page rank yang bagus di mesin pencari Google. Dengan kata lain, Anda memerintahkan Googlebot untuk merayapi link tersebut. Tapi link dofollow pun juga dapat menurunkan ranking blog Anda di Google, jika link yang di tuju tidak sesuai dengan isi konten (tidak relevan).

Backlink nofollow adalah link yang tidak mengijinkan Googlebot untuk merayapi link tersebut. Tapi Anda jangan khawatir! Karena pengunjung akan tetap bisa merayapi link tersebut. Jika di bandingkan dengan dofollow, backlink ini bersifat mengelabuhi atau mengantisipasi kesalahan persepsi dari Googlebot. Pasalnya, jenis backlink ini menyuruh Googlebot untuk tidak merayapi link tersebut. Alasannya mungkin karena si pembuat backlink tahu kalau link yang dia buat, tidak relevan dengan isi kontennya.

Kenapa si pembuat backlink melakukan hal itu? Karena konten yang menaruh backlink yang tidak sesuai dengan isi konten, akan punya kesempatan kecil untuk tampil di halaman pertama Google. Berdasarkan algoritma Google saat ini, Google hanya menampilkan konten yang relevan saja untuk penggunanya. Tapi sayangnya, jika backlink yang Anda dapat adalah backlink nofollow, maka peringkat blog Anda tidak akan naik. Karena Googlebot tidak merayapi untuk blog Anda.

Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai backlink dan cara membuat nya. Akan saya jelaskan di postingan berikutnya. Anda untuk saat ini hanya perlu memahami lebih lanjut mengenai backlink. Atau bila Anda ingin bertanya, bisa di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

4 Responses to "Mengenal Backlink dan Manfaat Backlink untuk Blog"

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.