Les Blog Tahap 4: Mempelajari Tahapan Membuat Konten Blog

Recomended


Les Blog Tahap 4: Mempelajari Tahapan Membuat Konten Blog - Setelah Anda melalui tahap pertama memilih platform membuat blog, tahap kedua memilih dan mendesain template blog agar menarik, dan tahap ketiga menentukan niche blog, kini tiba saatnya Anda membuktikan keseriusan Anda dalam membuat dan membangun sebuah blog. Dimana ini adalah langkah paling inti dari semua langkah. Jika Anda kemarin telah membuat kerangkanya, sekarang Anda membuat isinya. Ini adalah langkah yang menentukan kelanjutan nasib blog Anda, dan ini juga yang akan memberi tahu kualitas blog Anda.

Les Blog Tahap 4: Mempelajari Tahapan Membuat Konten Blog

Tahap 4: Membuat konten blog - Adalah langkah yang paling sulit dari tiap-tiap langkah yang akan Anda lalui setiap harinya, ini di luar dari SEO. Jika Anda belum tahu apa itu SEO, maka Anda tidak perlu khawatir! Karena Anda sekarang masih tahap belajar. Itu artinya, Anda tidak wajib tahu apa itu SEO. Kembali ke inti permasalahan! Banyak yang bilang konten adalah raja. Saya sendiri sependapat dengan pendapat itu. Tapi saya lebih suka membuat sebutan sendiri untuk konten. Adalah "konten adalah sajian untuk raja". Kenapa saya bilang seperti itu? Karena yang jadi rajanya ialah pengunjung. Dan pengunjung sering di sebut " tamu " dan tamu adalah raja.

Lantas, apakah kita akan memberikan sesaji yang ala kadarnya untuk Baginda raja? Ini lah yang saya sebut sebagai langkah paling inti dari langkah-langkah yang lainnya. Karena kita akan menyajikan sesaji untuk sang raja. Anda pasti mengerti sesaji apa yang patut di persembahkan kepada raja? Anda pasti menyebut sajian yang spesial dan lain dari pada yang lain. Dan dari situ pula Anda pun pasti berfikir, berarti Anda harus membuat konten yang spesial dan lain dari pada yang lain. Benar sekali!
Dalam membuat konten, kita tidak bisa asal tulis dan asal ide. Semua harus di rancang serapih mungkin dan  seunik mungkin. Unik yang saya maksud bukan unik yang pakai kalimat alay dan tulisan yang biasa di ketik anak-anak alay (angka jadi huruf, dsb). Tapi unik yang saya maksud adalah memiliki sudut pandang yang berbeda, sehingga memberi pengalaman baru bagi pembaca. Dan tentunya dengan ekspektasi si pembaca menjadi betah berlama-lama di blog kita. Untuk itu saya akan mencoba memberi penjelasan kepada Anda mengenai tahapan membuat konten blog semampu saya. Dan berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan baik!

Fungsi Konten

Anda pasti sudah tahu kan apa fungsinya konten? Yap, benar sekali! Konten bisa kita sebut sebagai jembatan untuk mempertemukan kita dengan pembaca blog kita. Konten juga bisa sebagai media belajar mengajar kita. Bahkan konten juga bisa membuat kita menjadi terkenal. Emang bisa konten membuat kita terkrnal? Jelas bisa! Jika Anda bertanya seperti itu, berarti Anda belum tahu sepenuhnya apa itu konten. Konten ialah isi dari suatu tampilan atau tayangan (kurang lebih seperti itu). Jika Anda sering melihat televisi, Anda akan melihat banyak acara di TV, itulah salah satu jenis konten.

Bukan cuma acara TV saja yang di sebut konten. Grup band atau penyanyi juga memiliki konten, yaitu berupa album atau lagu. Begitupun blog, juga memiliki konten yang berupa artikel, gambar, video, dan lainnya. Tapi jika pada blog, kita lebih akrab dengan yang namanya artikel. Untuk itulah Anda di tuntut untuk membuat artikel yang bisa menjadi Villar untuk memperkenalkan blog Anda ke banyak orang. Jadi fungsi sebuah konten begitu sangat pentingnya kan?

Daya Tarik Konten

Jika berbicara acara TV, acara apa yang paling Anda suka? Dan acara apa yang banyak di tonton orang meskipun Anda tidak suka? Itu pertanyaan yang harus bisa Anda pecahkan. Jika Anda berhasil memecahkannya, maka Anda sudah bisa menerawang konten atau artikel macam apa yang bisa membuat blog Anda di kunjungi banyak orang dan membuat Anda terkenal? Karena Anda sudah bisa memasukkan daya tarik untuk konten Anda supaya orang lain tertarik membaca artikel Anda dan otomatis telah mengunjungi blog Anda.
Daya tarik yang saya maksud bukan sebuah magic atau sihir agar orang lain tanpa sadar mengunjungi blog kita. Tapi daya tarik yang saya katakan ialah, dengan menaruh sesuatu yang baru pada artikel Anda. Supaya pembaca mendapat pengalaman baru dan bisa membagikannya ke orang lain yang ia kehendaki. Dengan begitu konten Anda menjadi Villar dan blog Anda banyak yang mengunjungi dan tentunya Anda jadi terkenal meski hanya nama dan Avatar nya saja.

Keunikan Konten

Keunikan konten, seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Bahwa unik yang di maksud bukan gaya tulisan anak alay, melainkan mempunyai padangan baru dan segar, yang bertujuan menambah pengetahuan pembaca nantinya. Anda tentunya bosan kan, tiap kali mencari referensi di Google tapi isi artikel nya itu-itu aja dari sekian ratus blog yang Anda baca? Untuk itu gunanya keunikan konten, dan Anda bisa mendapatkannya dari kekurangan konten yang sudah ada atau membuat hal yang baru lagi.

Kualitas konten

Jika Anda bisa memahami dan menguasai sedikit penjelasan mengenai tahapan membuat konten di atas, maka Anda secara tidak langsung sudah membuat konten yang mempunyai kualitas sendiri. Kualitas inilah yang nantinya akan di nilai oleh pembaca artikel blog Anda. Anda mungkin berpikiran bahwa artikel atau konten yang Anda buat sudah mempunyai kualitas, tapi belum tentu bagi yang bacanya. Untuk itu Anda perlu memahami lebih dalam tahapan di atas.

Bukanlah hal yang gampang membuat konten yang mempunyai kualitas. Sebenarnya, tahapan membuat konten di atas cuma sekedar basic nya saja. Anda masih perlu mengetahui seperti apa konten yang berkualitas, paling banyak di cari, dan paling banyak di minati untuk di baca. Tentunya untuk sementara ini Anda hanya perlu mempelajari materi yang sudah saya tuliskan di sini terlebih dahulu. Untuk masalah lebih lanjut mengenai konten, mungkin akan di bahas di lain kesempatan. Dan sekarang, mulailah membuat konten pertama Anda di blog Anda dengan menjadikan empat langkah di atas sebagai patokannya. 


Selamat mencoba and Happy BLogging..!!


Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Les Blog Tahap 4: Mempelajari Tahapan Membuat Konten Blog"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.