Les Blog Tahap 3: Menentukan Niche Blog

Recomended


Les Blog Tahap 3: Menentukan Niche Blog - Setelah Anda melalui tahap pertama menentukan platform dan template blog, kini waktunya Anda menentukan Niche blog Anda. Menentukan Niche blog adalah langkah untuk memperkenalkan brand Anda di mata umum. Tentunya Anda akan merasa senang bukan, bila nama blog Anda di sebut-sebut orang lain dan di bagi-bagikan? Itulah manfaatnya Anda perlu menentukan Niche di dalam blog Anda. Hal ini bertujuan agar ketika pengunjung mencari satu hal yang sangat di butuhkan mereka, maka mereka tahu harus mencari referensi ke mana.
Menentukan Niche Blog,Strategi Blogging,Strategi 123

Sebagai contoh: Ardi sedang membutuhkan informasi seputar komputer. Dan blog Anda ber-Niche tentang komputer. Lalu, teman Ardi mengetahui blog Anda, dan sangat tertarik dengan artikel-artikel yang Anda tulis. Bukan tidak mungkin blog Anda akan di sarankan teman Ardi untuk di baca Ardi.

Dari contoh cerita tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa Niche dalam sebuah blog memang di perlukan untuk memperkenalkan brand, dan kemampuan Anda dalam membahas suatu bidang. Dengan maksud lain membuat Anda jadi lebih konsisten dalam menjalani dan menekuni dunia blogging.

Anda juga pasti inginkan, orang lain mengenal Anda dan kemampuan Anda dalam bidang yang Anda tekuni? Untuk itu Anda harus menentukan Niche untuk blog Anda. Tidak perlu ikut-ikutan membuat Niche yang sedang trend atau ingin ikut-ikutan membuat blog ber-Niche tentang dunia blogging. Cukup salurkan passion Anda kedalam blog Anda. Saya yakin, orang lain juga pasti punya hobi yang sama dengan Anda. Meski tidak semuanya.

Yang perlu Anda tahu, tidak semuanya para blogger menekuni kegiatan ngeblog nya dengan passion ataupun hobi. Karena tidak semua orang bisa menyalurkan hobi kedalam kegiatan. Banyak blogger yang lebih memilih copy paste (copas), rewrite, bahkan tindakan tidak terpuji lainnya. Semua itu di lakukan demi keuntungan pribadinya saja dan tidak memikirkan perasaan orang yang capek-capek membuatnya. Mungkin hobinya memang mencontek.


Nah, jika Anda memang ingin menjadi blogger yang profesional, memiliki brand sendiri. Jangan mengikuti jejak para blogger yang di atas! Tapi mulailah membangun blog Anda dengan passion Anda di mulai dari nol. Dan ketika besar dan di kenal banyak orang nanti, Anda akan merasa puas dengan kinerja Anda selama itu.

Di samping mengangkat brand Anda, Niche juga membantu Anda menjalani dunia blogging dengan konsisten. Konsisten memang harus selalu ada di dalam setiap menjalani atau menekuni suatu hal. Karena konsisten inilah yang nantinya akan menuntun Anda ke jenjang lebih profesional lagi. Tidak semua blogger bisa konsisten dengan Niche yang sudah di tetapkan dari awal. Mereka cenderung merubah Niche blognya ke Niche yang lain yang di rasa lebih banyak di cari orang. Saya juga masih sering tidak bisa konsisten untuk satu Niche.

Tahukah Anda bila Anda merubah Niche blog Anda secara tiba-tiba atau Refrain, maka dampak negatifnya blog Anda akan seperti baru lahir lagi. Karena pengunjung yang biasa datang ke blog Anda, akan kebingungan, kenapa tidak menemukan artikel yang di cari atau yang biasa mereka baca? Dengan tidak langsung, Anda sudah mengecewakan pelanggan setia Anda. Untuk itu, tetaplah pada jalur semestinya! Saya akan mencoba memberikan sedikit referensi kepada Anda mengenai menentukan Niche sebuah blog. Dan berikut referensinya :

Lingkungan sekitar

Jika Anda adalah tipe orang yang peduli terhadap lingkungan di sekitar Anda, maka tidak ada salahnya untuk Anda memilih lingkungan sekitar sebagai Niche blog Anda. Malahan menurut saya itu adalah ide yang sangat cemerlang. 


Menentukan Niche Blog,Strategi Blogging
Selain tidak banyak blogger yang mengusung tema seperti itu, juga memberikan inspirasi kepada orang banyak untuk lebih peduli lagi terhadap lingkungan di sekitar.

Travelling

Kalau Anda hobi traveling, tidak ada salahnya Anda berbagi di setiap perjalanan traveling Anda melalui blog Anda. Niche traveling adalah salah satu Niche yang begitu banyak di kunjungi oleh orang banyak. Selain untuk melihat keindahan alam, juga sebagai referensi tempat liburan. 


Menentukan Niche Blog,Strategi Blogging

Selain itu, Anda juga bisa berinteraksi secara penuh dengan pengunjung blog Anda. Dan itu akan menambah pencitraan brand Anda. Interaksi secara penuh ini maksudnya, pengunjung blog Anda pasti akan menanyakan hal apa saja yang ada di tempat yang baru saja Anda kunjungi, jam perjalanan, dan lain-lain. Menarik, bukan?

Pengalaman pribadi

Anda mungkin lebih senang menulis apa saja yang baru Anda alami. Ini juga bisa di jadikan Niche untuk blog Anda. Tentunya akan memberikan pandangan dan referensi yang segar bagi para pembaca blog Anda nantinya. Dari pengalaman pribadi Anda, orang lain akan berpikiran bahwa Anda adalah tipe orang yang suka mendedikasikan setiap hal yang baru dan menarik dalam hidup Anda.

Menentukan Niche Blog,Strategi Blogging

Dan juga Anda akan terlihat sebagai orang yang pandai menyikapi suatu masalah dalam diri Anda. Dengan begitu  bisa saja orang yang membaca tulisan Anda akan mencoba menjalani hidup seperti Anda. Jadi, buatlah tulisan yang isinya menginspirasi dan memotivasi. Bila ingin memilih Niche ini. Supaya Anda tidak di salahkan nantinya bila terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Tiga contoh Niche blog di atas hanyalah sebagai referensi saja. Bila Anda lebih suka untuk memilih Niche yang lainnya, bisa Anda terapkan di blog Anda. Asalkan sesuai hobi atau passion Anda. Supaya nantinya tidak goyah dan ingin ganti Niche blog.

Tahap ke 4: Membuat Konten

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Les Blog Tahap 3: Menentukan Niche Blog"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.