Inilah Cara Mudah Menulis Artikel Untuk Pemula

Recomended


Inilah Cara Mudah Menulis Artikel Untuk Pemula - Seperti yang di kutip dari Wikipedia "Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur."

Dalam pembuatan artikel, banyak blogger pemula yang kebingungan, bagaimana sih caranya nulis artikel dengan benar atau mudah?

Inilah Cara Mudah Menulis Artikel Untuk Pemula


Mungkin bagi mereka yang suka membaca, proses pembuatan artikel yaitu dengan cara langsung menulis begitu saja dan mengalir apa adanya sesuai kata hati. Padahal jika saja mereka tahu, bahwa menulis artikel itu ada teknik khususnya. Supaya hasil tulisan rapi dan tidak ngaco (relevan) dengan topik yang di bahas.

Saya sendiri awalnya pun begitu. Setiap kali menulis artikel, setelah menemukan inspirasi langsung di tulis begitu saja. Dan setelah di jalani ternyata mendapat banyak halangan. Seperti ngeblank (kehilangan ide), ataupun tulisan jadi terasa ngelantur saat di baca. Hingga suatu ketika saya mendapat sebuah cara yang cukup sederhana dan mudah (dari seseorang).

Dan pada postingan kali ini, saya akan membagikan cara atau tahap menulis artikel yang mudah untuk di praktekan bagi para pemula. Adapun tahapnya, seperti di bawah ini:

Tahap menulis artikel

1. Inspirasi

Inspirasi selalu harus dan wajib di posisi pertama dalam membuat suatu karangan atau karya seni lainnya. Karena, inspirasi lah faktor pendukung pertama yang mendorong kita untuk membuat karangan atau karya seni tersebut (dalam hal ini adalah menulis artikel). Setelah mendapat inspirasi, segeralah Anda mencatatnya ke dalam sebuah buku catatan atau notepad pada smartphone atau laptop Anda.

2. Buat kerangka

Setelah Anda menuliskan inspirasi Anda kedalam sebuah catatan, di situlah kemudian Anda buat kerangkanya. Kerangka yang di maksud berupa langkah-langkah suatu topik yang akan Anda bahas. Gambaran besarnya, Anda mencoba menulis artikel tentang membuat blog. Maka kerangka yang dapat Anda buat berupa:
- Pengertian blog
- Fungsi blog
- Langkah Membuat blog
  1. Langkah awal
  2. Langkah kedua
  3. Dan seterusnya
- Kesimpulan atau poin
- Penutupan

Kurang lebih seperti itulah kerangka yang dapat Anda buat. Dengan begitu, Anda tetap tidak akan keluar jalur ketika kehilangan ide ataupun tulisan Anda tertunda dalam beberapa waktu. Karena Anda sudah membuat kerangkanya sebagai patokan tulisan Anda.

3. Rangkai kata dari kerangka

Setelah kerangka di buat, apakah Anda bisa mendapatkan gambaran tulisan Anda akan seperti apa? Harusnya, setelah Anda membuat kerangkanya, maka akan dengan mudah Anda merangkai kata-kata untuk tulisan Anda tersebut. Anda bisa mulai dari pengertian blog dan sampai penutupan. Saya yakin, dengan begitu akan lebih mudah untuk menulis artikel.

4. Cek ulang

Setelah kerangka berhasil di isi dengan karangan tulisan Anda, saatnya mengecek ulang hasil tulisan Anda tersebut. Apakah ada kesalahan ketik? Kata yang di ulang-ulang? Atau kalimat yang kurang relevan? Anda harus teliti dalam mengeceknya.

5. Tambahkan foto

Selesai di cek dan menurut Anda layak untuk di publikasikan, langkah selanjutnya adalah menambahkan foto sebagai ilustrasi atau pemanis artikel. Tapi jika menurut Anda tidak perlu, itu tidak ada masalah. Tapi saya sarankan akan lebih baik jika di tambahkan (minimal 1 foto ilustrasi) foto yang relevan dengan isi artikel.

6. Masukkan judul

Selanjutnya silahkan Anda masukkan judul untuk artikel Anda. Jika Anda menargetkan keyword, boleh Anda survei dulu kata kuncinya dengan menggunakan Keyword Planner. Berikanlah judul yang menarik dan relevan dengan isi konten. Supaya pengunjung tidak kecewa setelah membaca isi artikel nya. Judul boleh semenarik mungkin, asal sesuai dengan isi artikel nya.

7. Posting sementara di blog

Setelah semuanya siap untuk di publikasikan, sebaiknya Anda posting dulu sementara di blog, tapi jangan dulu di share. Perhatikan baik-baik kerapihan tulisan Anda. Bila perlu Anda baca ulang, barang kali masih ada kalimat atau kata yang salah. Harus di cek secara detil dan seksama, karena ini tahap akhir sebelum di share ke publik.

8. Publikasikan dan share

Jika semua sudah benar-benar siap untuk di publikasikan, berarti Anda sudah yakin dengan tulisan Anda bahwa layak untuk di baca orang lain. Maka segeralah publikasi ulang, dan share ke beberapa media sosial yang Anda kehendaki.
Baca juga : Mengenal lebih dekat Google Adwors Express
Dari tips-tips yang saya bagikan di postingan ini, terdapat sebuah kesimpulan. Bahwa dalam melakukan sesuatu perlu adanya teknik tertentu. Supaya pekerjaan jadi lebih ringan di kerjakan, dan otak tidak terlalu pusing untuk di laksanakan. Saya sendiri sangat nyaman dalam menulis artikel setelah menerapkan teknik tersebut. Semoga saja andapun begitu, setelah membaca artikel ini dan mengaplikasikan nya. Semoga bermanfaat!

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

4 Responses to "Inilah Cara Mudah Menulis Artikel Untuk Pemula"

  1. Bermanfaat sekali mas Artikel nya. Rapih, jelas dan enak di baca. Salam sukses mas.

    BalasHapus
  2. Ah ini sih yang komentar jagonya bikin artikel.. Namanya aja Nino Artikel.. hehe
    Makasih Bos Nino Kunjungannya.. Salam

    BalasHapus
  3. Wah ini lah cara yang akan saya pelajari dalam mengembangkan blog. Makasi mas. Hee... janhan lupa ditunggu kunjunhannya ke blog sederhana saya. Dan mohon masukannya nanti. Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, semoga bisa membantu ya. Nanti kalau sempet deh, saya mampir. Hehehe

      Hapus

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.