3 Langkah Mudah Membangun Backlink Berkualitas

Recomended


3 Langkah Mudah Membangun Backlink Berkualitas - Melanjutkan postingan sebelumnya Mengenal Backlink Dan Manfaat Backlink Untuk Blog. Jika Anda sudah membacanya berarti sudah mengetahui apa itu backlink. Dan sekarang Anda bisa membangun backlink untuk blog Anda sendiri, dan untuk blog orang lain.

Kenapa untuk blog orang lain? Anda pun pasti membutuhkan artikel orang lain untuk sumber referensi artikel Anda, bukan? Untuk itu tidak ada salahnya Anda membuat backlink untuk blog lain. Dan untuk manfaatnya, akan saya beberkan di postingan kali ini.

3 Langkah Mudah Membangun Backlink Berkualitas

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, bahwa membuat atau membangun backlink untuk sebuah blog ada banyak cara yang dilakukan para blogger untuk membuatnya. Pertanyaannya "bagaimana agar kita mendapat backlink yang berkualitas?" itu masalah yang harus kita pecahkan.

Pasalnya, belum tentu orang lain bersedia menaruh link kita di blog mereka, jika tidak begitu penting. Untuk itu kita harus mengatur strategi sendiri, supaya kita mendapat backlink secara alami tanpa pemaksaan atau pun membayar orang lain agar membuat backlink untuk blog kita. Cara ini dapat Anda praktekkan secara pribadi dengan mudahnya.

1. Membuat beberapa blog

Kenapa harus membuat beberapa blog? Seperti yang saya bilang, belum tentu orang lain bersedia membuat backlink untuk kita. Dan cara yang bisa Anda lakukan agar mendapat backlink secara alami dan berkualitas, adalah dengan membuat beberapa blog. Dan yang perlu Anda tahu, cara ini juga di gunakan oleh banyak master di luar sana. Cuman untuk mengelabuhi nya, mereka menggunakan nickname yang berbeda.

Saya tidak akan menyebutkan siapa saja master yang menggunakan trik ini. Karena itu menyangkut privasi mereka. Yang jelas, cara ini cukup ampuh untuk membangun backlink yang berkualitas dan meningkatkan trafik blog mereka. Tapi, Anda juga tidak bisa sembarangan membuat backlink Anda, meski dari blog Anda sendiri.

Pada dasarnya backlink dari blog sendiri harus saling keterkaitan. Artinya, blog lain milik Anda harus memang sesuai dengan konten yang akan di jadikan umpan nantinya. Gambaran besarnya, pembaca memiliki dua blog dengan Niche yang berbeda, tapi memiliki keterkaitan. Misalnya, blog A membahas tentang masakan Padang. Sedangkan blog B adalah tentang cara membuat masakan Padang. Dari situlah Anda bisa membuat blog Anda tersebut saling terkait satu sama lain.

Caranya, di blog A misalnya membahas tentang ayam rendang. Nah kemudian di blog B Anda membuat tutorialnya. Untuk saling terkait satu sama lain, Anda harus membuat backlink di blog A. Sehingga mengarahkan pengunjung untuk membuka blog B milik Anda. Supaya mengetahui cara membuatnya. Dengan begitu Anda sudah membangun backlink yang berkualitas meski dengan beberapa blog milik sendiri.

2. Membuat link ke blog orang lain

Anda mungkin berkata kenapa musti ke blog orang lain? Saya paham maksud hati Anda. Karena awalnya sayapun begitu. Tapi setelah dipikir lebih dalam lagi, itu dapat membuat blog kita lebih di anggap ramah dengan blogger lain. Dengan kata lain, Anda tertarik untuk membangun silaturahmi antar blogger.
Tapi, harus tetap sesuai konten. Supaya pengunjung yang tidak tahu kronologinya, tidak bingung kenapa Anda mengarahkan mereka ke blog tersebut. Dan itupun akan membuat pengunjung tetap tertarik terhadap blog Anda.

Contoh sederhananya seperti ini: 

Anda punya dua buah blog yang membahas tentang masakan Padang dan cara membuatnya. Anda sudah membuat kedua blog tersebut saling berkaitan. Dan Anda pun bisa mengarahkan pengunjung Anda ke blog orang lain melalui blog B milik Anda, sebagai referensi tambahan bagi pengunjung.



Artinya, blog orang lain yang akan di buat backlink tersebut harus blog yang mengulas tentang masakan Padang yang lebih lengkap dan lebih banyak pilihannya di banding yang di bahas di blog Anda. Anda jangan takut pengunjung Anda akan berpaling ke blog yang Anda sarankan.

Poinnya, ketika banyak pengunjung yang datang ke blog yang Anda sarankan tersebut melalui blog Anda, maka si pemilik blog tersebut pun akan penasaran dengan blog Anda yang menjadi rujukan blognya. Kemudian di pemilik blog itupun akan berkunjung ke blog Anda untuk mengetahui kenapa banyak pengunjung yang datang melalui blog Anda.

Ketika dia tahu ternyata Anda membuat backlink yang merujuk ke blognya sebagai tambahan referensi pembaca blog Anda, maka si pemilik blog itu pun akan tersenyum dan tertarik untuk membuat backlink untuk blog Anda juga. Secara otomatis Anda dan pemilik blog tersebut akan menjalin silaturahmi antar blogger meski awalnya tidak saling kenal.
Baca juga : 

3. Menjadi penulis di blog orang lain

Cara ini sebenarnya sambil menyelam minum air. Karena di samping kita di bayar untuk setiap artikel yang kita kirim, kita pun bisa membuat backlink yang merujuk ke blog kita sendiri. Bukankah itu hal yang menyenangkan? Tapi Anda pun tetap tidak boleh sembarangan membuat backlink Anda.

Anda dapat menawarkan jasa menulis di sebuah forum atau komunitas blogger. Anda tuliskan kriteria blog yang sesuai keahlian Anda. Saya pikir, Anda pilihlah blog yang nantinya bisa mempresentasikan blog Anda. Anggaplah Anda punya blog yang membahas tentang permasalahan elektronik. Anda bisa mencari blog yang mempunyai Niche tentang review produk elektronik. Dengan begitu Anda bisa mengaitkan blog Anda dengan blog yang Anda ikut berpartisipasi di dalamnya.

Jika Anda masih bingung dengan langkah ini, saya akan berikan gambaran besarnya untuk Anda. Saya adalah penulis tamu di blog ini. Blog saya sendiri adalah blog gado-gado. Di postingan saya kali ini, saya membahas mengenai backlink. Saya bisa saja menaruh backlink yang merujuk ke blog saya, yang berkaitan mengenai backlink.

Cuman sayangya, saya tidak memiliki postingan yang dapat membahas lebih lanjut mengenai backlink di blog saya. Untuk itulah saya tidak menaruh backlink yang menuju ke blog saya. Atau saya pikir blog saya tidak sesuai dengan artikel ini. Nah dari situ Anda bisa memanfaatkan kesalahan saya dengan merencanakan postingan yang akan Anda bagi untuk blog Anda dan blog yang Anda sebagai kontributor nya.
Baca juga : Belajar 2 Teknik SEO Sederhana untuk Pemula
Misalnya, Anda menyiapkan dua artikel untuk blog Anda, dan blog tamu Anda. Artikel di blog Anda membahas mengenai cara memperbaiki Android Lenovo A326 yang ngeblank. Dan di blog tamu Anda, Anda membahas mengenai spesifikasi Lenovo A326. Di situlah Anda bisa menaruh backlink untuk artikel Anda sendiri.

Jadi nantinya setelah pengunjung membaca spesifikasinya, pengunjung pun jadi bisa mengetahui cara mengatasi Lenovo A326 yang ngeblank. Itu cukup relevan kan? Untuk itulah Anda harus pintar-pintar sendiri dalam membuat backlink yang berkualitas. Intinya Anda harus bisa seperti Google! Mempunyai banyak produk, tapi saling terkait satu sama lain. Semoga bermanfaat!


Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

2 Responses to "3 Langkah Mudah Membangun Backlink Berkualitas"

  1. izin mampir gan.. untuk cara no. 1 apakah harus membuat blog sendiri dengan email yg sama atau email yang baru ? minta pencerahan gan.. kurang lampu dizini nih..

    BalasHapus
  2. izin mampir gan.. untuk cara no. 1 apakah harus membuat blog sendiri dengan email yg sama atau email yang baru ? minta pencerahan gan.. kurang lampu dizini nih..

    BalasHapus

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.