Les Blog Tahap 2: Mendesain Template Blog Agar Terlihat Menarik

Recomended


Les Blog Tahap 2: Mendesain Template Blog Agar Terlihat Menarik - Setelah Anda memilih platform untuk tempat membuat blog Anda, sekarang Anda saatnya kelangkah berikutnya atau tahap kedua. Yaitu Mendesain template blog agar terlihat menarik. Seperti apa template yang menarik itu? Ada banyak makna dari kata menarik disini. Saya akan menjelaskan sedikit demi sedikit jenis template yang menarik. Tapi sebelum itu, bagi Anda yang melewatkan tahap pertama bisa kunjungi Tahap 1: Memilih platform blog. Supaya Anda lebih afdol belajarnya.

Les Blog Tahap 2: Mendesain Template Blog Agar Terlihat Menarik,strategi blogging

Menarik, mungkin di pikiran Anda kata menarik itu bermakna yang menggoda atau yang mengundang perhatian. Memang benar! Itu pula tujuan mendesain template semenarik mungkin. Supaya orang yang berkunjung dapat dengan mudah menavigasi keseluruh isi blog Anda dengan mudah dan nyaman, dan tentunya jadi lebih suka dengan blog Anda. Karena melihat templatenya yang unik dan menarik untuk di pandangi. Dan berikut template yang menarik, yang perlu Anda perhatikan:

Simpel dan cepat

Simpel adalah sederhana, dan cepat adalah ngebut atau sekejap. Desain template seperti ini yang di harapkan pengunjung. Kenapa? Pengunjung tidak mau berlama-lama menunggu laman blog muncul. Sedangkan mereka sedang sangat butuh referensi yang cepat. Untuk itu perhatikan template yang ingin Anda gunakan! Jangan cuma keren dan menarik di mata Anda! Ingat penilaian orang berbeda-beda. Begitu juga penilaian orang terhadap blog Anda. Anda mungkin tertarik pada satu template, dan Anda ingin memasang nya di blog Anda. Sah-sah saja. Tapi apakah pembaca blog Anda suka nantinya? Untuk itu pikirkan lagi dengan baik.

Lalu, seperti apa simpel dan cepat itu? Pertanyaan bagus dan perlu di bahas! Seperti apa simpel dan menarik itu? Jawabannya ada di kamu sendiri. Kalau kamu tidak tahu apa maksud dari ucapan saya, saya akan membuka sedikit pikiran Anda melalui logika nyata yang Anda alami.

Anda tentunya pernah bukan, membuka sebuah situs untuk di baca artikelnya yang ingin Anda baca? Lalu, apa yang Anda hadapi di situ? Cepat di buka atau lama? Jika cepat, tentunya Anda akan merasa senang, bukan? Nah gimana kalau lama? Anda pasti kesal karena tidak sabar ingin segera membaca, kan? Itulah arti cepat yang saya maksud. Tapi, cepat saja tidak cukup! Tentu templatenya harus simpel. Nah, simpel ini bukan berarti apa adanya dan nggak banyak hiasan atau gadget. Simpel yang di maksud yaitu, mudah di navigasi dan tidak membingungkan pembaca.

Coba Anda bayangkan bila Anda menyukai sebuah artikel di satu blog. Di situ Anda tertarik untuk membaca apa aja yang ada di blog tersebut. Akan tetapi Anda menemukan kendala untuk menemukan apa yang Anda cari. Yaitu Anda kebingungan mana postingan terkaitnya dan dimana kategorinya? Supaya Anda dengan mudah menemukannya. Anda tidak dapat menemukan di situ, dan akhirnya Anda pun pergi dan mencari artikel lainnya di blog lainnya.

Untuk itu Anda perlu membenahi template Anda sesimpel mungkin, supaya pengunjung lebih betah lagi berlama-lama di blog Anda. Gimana caranya? Anda tidak perlu bingung untuk hal itu. Anda bisa mengatur lay out (tata letak) blog Anda secara manual. Jika Anda memilih wordpress, Anda tidak perlu bingung mengatur template. Karena template milik wordpress sudah sangat simpel dan cepat. Udah gitu sangat bagus! Tapi jika Anda memilih blogger, Anda pun tidak perlu khawatir! Karena Anda bisa mengatur sendiri tata letaknya dan nggak perlu merubah kode HTML atau Java Script. Cukup masuk di menu tata letak dan silahkan atur sesuai kehendak Anda.

Apakah cukup itu saja? Tentu tidak! Selain navigasi yang mudah di temukan, juga Anda perlu menambahkan kelengkapan gadget untuk blog Anda. Karena ini juga sangat penting untuk menarik perhatian pengunjung.

Kelengkapan template blog

Apa itu kelengkapan template blog? Jika Anda sering membuka sebuah artikel, Anda pasti sering menemukan profil pengarang atau penulis, tombol media sosial, dan lain-lain. Itu salah satu contoh kelengkapan template blog. Tapi Anda harus memperhatikan gadget apa saja yang perlu Anda pasang di blog Anda supaya terlihat lengkap dan profesional. Cukup sederhana dan nggak perlu bingung. Berikut gadget yang perlu Anda pasang di blog Anda:

- Popular post

Untuk menampilkan postingan-postingan Anda yang sedang populer atau sering di baca oleh pengunjung. Dan ini tentunya juga dapat menarik perhatian pengunjung baru di blog Anda untuk ikut membaca postingan populer tersebut.

- Entri yang di unggulkan

Gunanya untuk menampilkan postingan yang Anda unggulkan atau yang paling Anda suka dari pada postingan Anda yang lainnya. Ini juga bagus untuk menarik perhatian pengunjung. Siapa tahu mereka juga tertarik untuk membacanya.

- Label atau kategori

Anda pasti ingin kan mengelompokkan postingan Anda sesuai kategorinya? Gadget ini lah fungsinya. Anda bisa mengelompokkan nya di gadget ini.  Dan tentunya pengunjung juga ingin tahu kategori postingan blog Anda.

- Arsip blog

Selain mengelompokkan postingan, Anda juga ingin merapikan postingan blog Anda sesuai tanggal publikasi nya kan? Anda bisa menggunakan gadget ini untuk kebutuhan Anda mengarsip postingan Anda dari waktu ke waktu.

- Profil

Anda pasti tidak inginkan tulisan  Anda di akuisisi oleh orang lain? Untuk itu pasanglah gadget profil Anda. Supaya orang tahu bahwa Anda yang menulisnya dan pemilik blognya. Dan tentunya pengunjung jadi merasa lebih kenal dekat dengan Anda.

- Subscribe

Jika pengunjung sudah sangat tergila-gila dengan blog dan tulisan Anda, maka pengunjung enggan kelewatan satu postingan pun dari blog Anda. Dan untuk mengantisipasi nya, mereka ingin berlangganan dengan blog Anda. Tugas Anda adalah, pasang gadget subscribe sekarang juga!

- Follow by email

Ini sama seperti gadget subscribe. Pengunjung setia Anda akan mendapat email khusus setiap kali Anda mengepost artikel blog Anda. Tergantung pembaca blog Anda, mau pilih subscribe atau follow. Tugas Anda cuma memasang gadget itu saja.
Selain gadget-gadget di atas, Anda juga menemuka memerlukan laman pendukung untuk keprofesionalan blog Anda. Yaitu:
- Term Of Service
- Disclaimer
- Privacy Policy
- Sitemap
- Contact Us

Untuk cara membuatnya, Anda bisa Googling dan akan mendapat bimbingan lengkap. Tapi bila Anda baru memulai dan belum mengerti tentang laman pendukung, Anda tidak perlu memasang nya. Cukup Anda pasang gadget yang sudah saya jelaskan di atas terlebih dulu.

Berikutnya tahap 3: Menentukan Niche Blog

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Les Blog Tahap 2: Mendesain Template Blog Agar Terlihat Menarik"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.