Les Blog Tahap 1: Pilih Platform Untuk Membuat Blog

Recomended


Les Blog Tahap 1: Pilih Platform Untuk Membuat Blog - Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan sedikit les membuat blog untuk pemula. Mungkin hal ini adalah hal umum yang sudah sering di bahas. Tapi di sini saya insyaAllah akan menerangkan secara gamblang langkah demi langkah melalui beberapa tahapan. Yang nantinya bisa Anda ikuti satu per satu langkahnya untuk dapat membangun sebuah blog yang profesional. Sebelum itu, hal yang harus Anda siapkan adalah prinsip Anda membuat blog. Karena prinsip adalah bekal yang sangat mumpuni untuk perjalanan anda dalam mengelola blog Anda nantinya. Untuk itu siapkan prinsip Anda dengan sungguh-sungguh!



Web log atau biasa di sebut blog, akhir-akhir ini mulai banyak yang meminati. Entah itu sekedar hobi menulis atau terobsesi oleh para master yang sudah banyak meraup untung dari blog nya. Apapun alasannya, ngeblog adalah salah satu kegiatan sosialisasi di dalam dunia maya. Kenapa saya katakan sebagai kegiatan sosialisasi? Salah satu contohnya Anda bisa berbagi pengetahuan Anda dalam bidang yang Anda kuasai atau geluti kepada orang banyak melalui sebuah artikel yang Anda tulis sendiri. 



Bukankah hal yang menyenangkan bila kita bisa berbagi ilmu dengan orag lain tanpa harus bertatap muka langsung dan menerangkan setiap hari? Karena mereka sendiri yang mencari tulisan kita dan membacanya berulang-ulang, jika di rasa tulisan kita sangat membantu mereka. Itu adalah hal yang menyenangkan, bukan? Jika Anda pun merasa demikian, tidak ada salahnya Anda mencoba membuat blog dari sekarang. Dan saya akan mencoba membimbing Anda sebisa saya. Baiklah tanpa panjang lebar lagi, saya akan membawa Anda ke tahap pertama.


Pada tahap pertama pembelajaran membuat blog, Anda tentunya harus menentukan dimana sebaiknya Anda memilih tempat hosting untuk blog Anda? Ada banyak situs penyedia pembuatan blog. Dan yang paling di unggulkan adalah wordpress dan blogger. Di sini Anda silahkan bebas memilih platform mana yang Anda minati! Saya tidak menganjurkan Anda untuk memilih blogger ataupun wordpress, karena keduanya memang bagus.

Tapi sebelum Anda memilih, alangkah baiknya Anda mengetahui dulu info tentang calon platform yang akan Anda gunakan. Karena di khawatirkan nantinya tidak sesuai harapan Anda, dan imbasnya blognya terlantar. Sayang kan terbuang sia-sia? Untuk itu perbanyak mencari referensi terkait platform yang ingin Anda gunakan. Tapi bila kamu malas mencari referensi, saya akan menerangkan sedikit saja yang saya ketahui dari blogger dan wordpress. 

1. Blogger

Les Blog Tahap 1: Pilih Platform Untuk Membuat Blog

Anda pasti sudah tahu dengan blogger. Blogger yang memiliki sub domain blogspot ini memang lebih banyak yang menganjurkan untuk membuat blog gratisan. Kenapa? Selain di akuisisi oleh Google, blogger juga sangat di unggulkan oleh Google, tentunya di dalam mesin pencariannya. Di samping itu, Google pun menganjurkan pengguna blogger untuk memonetisasi blog nya dengan cara menautkan akun Google AdSense ke blognya. Dengan kata lain pengguna blogger di perbolehkan menghasilkan uang dari blognya. Itu sebabnya banyak yang menganjurkan untuk memilih blogger, bila hanya ingin membuat blog gratisan.

Tapi kekurangannya ada pada pilihan template nya. Jika di bandingkan dengan wordpress, Anda pasti menginginkan template wordpress ada di blogger. Kenapa? Karena udah gratis, dapat uang, template klas premiun. Dan tentunya sangat memanjakan pengunjung blog Anda, jika template nya sangat cantik. Masih banyak kelebihan dan kekurangan dari blogger. Tapi hanya itu saja dulu, yang bisa saya kasih tahu. Selebihnya Anda bisa cari sendiri referensi nya.

2. Wordpress

Les Blog Tahap 1: Pilih Platform Untuk Membuat Blog

Mungkin Anda juga sudah tahu betul dengan wordpress. Orang bilang, jika ingin membuat website yang profesional, maka Anda harus memilih wordpress. Memang benar! Saya akui itu. Wordpress memang sangat di unggulkan untuk membuat website profesional. Dan Anda bisa memilihnya, jika Anda berkeinginan mempunyai website profesional di kemudian hari. Tapi sayangnya, bila Anda membuat blog gratisan di wordpress, Anda tidak bisa menghasilkan uang seperti di blogger. Menghasilkan uang yang saya maksud adalah memonetisasi atau menautkan banner iklan. Untuk alasannya sendiri saya tidak tahu. 

Nah untuk kelebihannya sendiri seperti yang sudah saya katakan di atas. Yaitu mengenai tatap muka dengan pembaca (template) yang keren dan terlihat klas premium. Saya sendiri kadang berpikir kenapa template di blogger tidak seperti di wordpress? Ya, alasannya cuma mereka berdua (wordpress dan blogger) yang tahu.

Baca Juga : Les blog tahap 1: Pilih platform untuk membuat blog
Catatan: Sekarang Anda bisa mendapatkan template blogger secara cuma-cuma (gratis). Karena sudah banyak yang menyediakan nya. Dan tentunya tidak kalah dengan wordpress. 

Dari keterangan dua platform yang di unggulkan di atas, sekarang Anda bisa mempertimbangkan platform mana yang ingin Anda pilih? Blogger atau wordpress? Terserah Anda. Anda yang menentukan. Karena keduanya memang bagus untuk berjajar ngeblog dari nol sampai profesional. Tapi jika tujuan awal Anda mencari uang, Anda bisa pilih blogger. 

Anda ingin memilih blogger, tapi pengen di pasang domain sendiri? Tenang! Blogger pun memperbolehkan Anda meng-custom domain Anda. Dan Anda pun tidak perlu menyewa tempat hosting. Karena hostingnya blogger juga bagus, aman, dan nyaman. Udah gitu, tempat penyimpanan unlimited. Di blogger Anda sangat di manjakan.

Anda lebih suka wordpress? Tidak masalah! Anda bisa meng-upgrade domain Anda dan juga bisa menyewa hosting. Jika memang Anda ingin membuat website yang profesional. Anda bebas memilih, asalkan Anda memang suka. Supaya nantinya blog Anda tidak terlantar. 

Sekedar saran, jika ingin menghasilkan uang dari blog atau website, saya sarankan untuk sabar terlebih dahulu dan belajar lah dulu mengembangkan blog Anda. Karena jika hanya mengejar uang, maka yang ada nantinya Anda frustasi. Karena tidak semudah membalikkan telapak tangan.



Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Les Blog Tahap 1: Pilih Platform Untuk Membuat Blog"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.