Belajar 2 Teknik SEO Sederhana Untuk Pemula

Recomended


Belajar 2 Teknik  SEO Sederhana Untuk Pemula - Jika mendengar kata SEO pasti yang di pikiran Anda adalah cara agar konten Anda muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google. Lantas, seperti apakah SEO itu sebenarnya? Hanya webmaster handal yang mengerti betul tentang SEO. Tapi jika Anda mampir kesini karena judul postingan atau karena secara nggak sengaja, maka agar Anda tidak kecewa saya akan memberi sedikit gambaran mengenai SEO untuk Anda. 

Belajar 2 Teknik  SEO Sederhana Untuk Pemula,strategi123.com

Search Engine Optimization (SEO) merupakan strategi berjalan dalam mendongkrak trafik suatu blog ataupun website. Mungkin bagi Anda yang belum mengerti betul pasti mengira kalau SEO itu bentuknya kode-kode HTML atau javascript. Awalnya saya juga berfikir seperti itu, tapi ternyata kode-kode itu hanya untuk mereka yang sudah pakarnya. Sedangkan untuk Anda yang belum sama sekali mengerti, Anda bisa melakukan teknik SEO sederhana yang akan saya catatkan disini.

1. SEO On Page

SEO on page yaitu cara optimasi dengan memanfaatkan halaman pada blog anda sendiri. Contohnya: template, navigasi, konten, dan lain-lain. Itu salah satu contoh sederhana optimasi SEO on page. Tapi tahukah Anda, hanya dengan melakukan teknik yang sesederhana itu Anda bisa mendapatkan hasil yang sesuai ekspektasi Anda terhadap blog Anda? Tidak jauh beda dengan mereka yang menggunakan kode-kode khusus.
Mungkin Anda bingung, bagaimana memaksimalkannya? Adalah cukup Anda melakukan pembenahan pada blog anda. Pembenahan ini maksudnya mempercantik tampilan blog Anda dan memanfaatkan tools-tools yang tersedia di blog Anda. Saya akan mencoba memberikan contohnya untuk Anda. 

Berikut cara memaksimalkan SEO on page: 

A. Template
Template adalah tampilan untuk blog Anda. Yang fungsinya sebagai wadah untuk menampung semua postingan anda dan info tentang Anda di blog Anda. Bahkan masih banyak lagi. Selain untuk wadah, juga untuk memperindah tampilan blog Anda, agar pengunjung pun mudah menavigasi isi dari blog Anda dan juga terlihat profesional. 

Tahukah Anda bila template mempunyai pengaruh terhadap SEO? Ya, memang benar! Template sudah terbukti berpengaruh besar terhadap produktifitas sebuah blog. Pasalnya, blog yang menggunakan template yang terlalu berat untuk di proses (muat) akan memiliki bounce Rate yang tinggi. Itu di sebabkan karena kinerja template yang berat, di tambah koneksi jaringan yang lambat. Memungkinkan calon pengunjung mengklik kembali (membatalkan) sebelum laman selesai di muat.
Untuk itulah gunakan template yang sederhana saja. Jika Anda tidak suka template bawaan blogger, Anda bisa membeli template premium ataupun gratis. Banyak yang bikin dan jual. Saya ingatkan jangan asal kerennya aja. Tapi juga di perhatikan kecepatan prosesnya dan apakah mudah di navigasi pengunjung? Usahakan sesuai Niche blognya.

B. Navigasi

Mungkin navigasi ini berhubungan erat dengan template. Gunanya navigasi ialah agar pengunjung dapat melihat bagian-bagian blog Anda yang kemungkinan pengunjung pun ingin membuka dan membaca postingan anda yang lainnya. Template yang Anda pilih memang sudah memberikan tata letak tersendiri dan mungkin sangat simpel. Tapi Anda bisa merubahnya sesuai keinginan anda supaya lebih mudah di navigasi orang. 

Navigasi yang paling penting untuk blog Anda adalah dengan menyematkan postingan terkait, postingan populer, entri yang di unggulkan, label, dan arsip blog. Kenapa itu penting? Karena di saat pengunjung merasa nyaman di blog Anda dan membaca salah satu artikel anda dan juga berkemungkinan masih penasaran, kemungkinan besar pengunjung akan men scroll ke bagian bawah blog Anda guna mencari postingan terkait dan postingan lainnya yang berhubungan dengan yang tadi mereka baca.

Untuk itu maksimalkan lah navigasi di blog Anda. Supaya terlihat sederhana namun keren, dan pengunjung pun akan betah berlama-lama di blog Anda.

C. Keyword

Keyword atau kata kunci, sangat dianjurkan untuk postingan anda. Untuk fungsinya saya yakin anda pasti tahu. Tapi untuk caranya mungkin Anda belum paham. Menggunakan kata kunci itu sama saja Anda berada di dalam keramaian dan berteriak-teriak supaya ada yang mendengar Anda dan melihat Anda.  Kenapa saya memberikan filosofi seperti itu? Karena ketika pengunjung datang ke Google dan menuliskan kata kunci di kotak pencariannya. Dalam waktu sekejap setelah mereka mengklik kata cari atau search, akan muncul ratusan artikel dengan kata kunci yang terkait. 

Nah dari sekian banyak artikel itu, bagaimana agar pengunjung melihat dan membaca artikel anda? Tentu anda seperti di dalam keramaian kan? Untuk itu Anda perlu memberikan kata kunci yang serelevan mungkin, guna menghipnotis Google dan pengunjung untuk menampilkan konten atau artikel anda.

Tapi, kata kunci yang berlebihan pun tidak baik, apalagi yang menyamarkannya. Jelas sangat tidak efektif. Kerena oleh Google gak yang seperti itu di anggap menipu pengunjung. Jadi ya gunakan kata kunci atau keyword serelevan mungkin.

D. Konten berkualitas

Ini yang paling Pamungkas dalam metode SEO on page. Dimana bagian inilah yang menjadi antar muka anda dan pengunjung blog Anda. Dan di sini lah penilaian akhir untuk blog Anda. Apakah berkualitas atau tidak? 

Pada dasarnya, sebagai pengunjung awam, mereka cenderung mengabaikan hal-hal yang ada di atas. Karena tujuan mereka ke Google hanya ingin mencari referensi saja. Tapi, lain hal bagi mereka yang ingin belajar sesuatu. Tentu hal-hal yang di atas sangat di butuhkan. 

Meski begitu, bukan berarti Anda mengabaikan poin di atas. Justru itu yang akan membuat orang yang tidak tahu, hah tahu dan bahkan mungkin menjadikan blog Anda sebagai kanan favorit di Browser mereka. Supaya saat butuh tidak perlu mencari di kotak pencarian lagi. Jika begitu, maka bila Anda menginginkan hal ini, Anda hanya perlu satu Niche saja untuk blog Anda. Karena pasti juga sudah melekat di hati pembaca, sudah pasti pulsa aja di jadikan guru olehnya. Meski cuma tulisan saja.
Terlepas dari ke empat poin di atas, sebetulnya masih banyak optimasi SEO on page ini. Tapi mungkin ini adalah cara sederhana dan paling penting dari yang lainnya. 

Belajar 2 Teknik  SEO Sederhana Untuk Pemula,strategi SEO,strategi123

2. SEO Off Page
 
Metode ini terlepas dari laman blog Anda. Karena ini aktifnya di luar kegiatan blog Anda. Atau lebih simpelnya Anda beraksi secara langsung untuk blog Anda tersebut. Untuk hal ini lebih berkaitan dengan promosi, blog walking, dan sebagainya. Untuk langkah ini Anda tidak perlu pusing-pusing seperti langkah di atas. Karena untuk yang satu ini, sifatnya lebih santai.

A. Promosi

Promosi adalah hak yang umum dalam strategi marketing. Banyak caranya dan banyak pula manfaatnya. Anda bisa memanfaatkan media sosial, atau kontak langsung dengan calon pembaca, atau juga bisa dengan menyuruh rekan Anda atau kekasih Anda untuk membaca laman blog Anda. Atau juga Anda bisa membuat stiker nama blog Anda dan Anda tempelkan di bagian belakang kendaraan Anda. 

Anda bisa baca ini mengenai berpromosi Metode Promosi Kamuflase Untuk Mendongkrak Trafik Blog di situ anda bisa tahu bagaimana caranya berpromosi dengan baik namun penuh intrik.

B. Blog Walking

Blog walking ini gunanya untuk membangun silaturahmi antar blogger. Seperti memberi komentar, saran, nulis daftar tamu ataupun ikut daftar di forum blog tersebut. Itung-itung memperkenalkan diri Anda dan blog Anda dan tentunya Anda bisa mendapatkan ilmu-ilmu bermanfaat lainnya.

C. Join komunitas

Bergabung di sebuah komunitas juga perlu. Anda bisa bertanya-tanya mengenai apa yang Anda kurang mengerti tentang blog dan apa saja yang bersangkutan dengan blog. Sama seperti halnya Anda bergabung di sebuah forum blog orang. Cuma bedanya di sebuah komunitas Anda akan menemukan berbagai keragaman para member-member nya. 

Anda akan menemukan lebih dari sepuluh master SEO dan Anda juga akan menemukan karakter orang berbeda-beda dalam membangun sebuah blog atau situs. Untuk itu alangkah baiknya mulai dari sekarang Anda tidak menyembunyikan diri Anda sebagai seorang blogger. Mulailah ikut gabung dan Anda rasakan manfaatnya.

Masih banyak cara optimasi SEO yang lainnya. Cuma menurut saya cukup itu saja untuk Anda yang ingin mencoba teknik SEO yang sederhana. Tapi Anda juga bisa belajar SEO lebih dalam dari para masternya. Untuk itu semoga postingan ini bermanfaat. 


Postingan yang sama:

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

1 Response to "Belajar 2 Teknik SEO Sederhana Untuk Pemula"

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.