5 Fungsi Gadget Blogger dan Penjelasannya

Recomended


5 Fungsi Gadget Blogger dan Penjelasannya - Banyak para blogger pemula tidak memahami gadget-gadget yang ada pada blognya, terutama blog yang berplatform blogspot (Blogger). Seperti halnya related post, post poppuler, dan sebagainya. Oleh sebab itu, postingan ini saya buat sebagai referensi bagi para blogger pemula agar mengerti gadget apa saja yang perlu di pasang di blognya. 

5 Fungsi Gadget Blogger Dan Penjelasannya,strategi123

Dan berikut saya akan membahas mengenai 5 fungsi gadget blogger dan penjelasannya yang penting dan perlu di ketahui oleh anda yang belum mengerti soal gadget ini.

1. Entri Yang Di Unggulkan / Featured Entri

Untuk gadget ini, fungsinya untuk menampilkan postingan yang paling anda unggulkan. Seperti misalnya ada satu postingan yang menurut anda layak untuk terus di tampilkan di blog anda. Nah inilah fungsi gadget entri yang di unggulkan atau featured entri.

Untuk penjelasan lebih lanjut, gadget ini bukan hanya untuk postingan yang paling banyak di kunjungi saja. Postingan apa saja yang paling anda sukai, anda bisa menjadikannya postingan yang di unggulkan. Dan ini juga termasuk gadget baru yang di sediakan oleh tim blogger.

2. Popular Post / Postingan Terpopuler

Berbeda dengan gadget yang di atas, populer post ini fungsinya menampilkan post-post yang sedang populer di blog anda, atau yang lebih sering mendapat tayangan dari pengunjung. Gadget ini tidak menampilkan satu post, tapi bisa sampai sepuluh postingan terpopuler pada blog anda. Anda juga tidak usah repot-repot memilih postingan mana yang lagi populer. Karena secara otomatis akan muncul sendiri, jika anda memasangnya di blog anda.

Banyak yang bilang kalau populer post ini sama dengan related post. Saya tegaskan tidak benar! Karena related post atau postingan terkait ini adalah gadget yang sengaja di buat oleh si pembuat template itu sendiri. Karena pada kenyataannya, tidak ada gadget related post di gadget blogger.

Perbedaan populer post dan related post, adalah. Kalau populer post menampilkan postingan paling populer, tapi related post menampilkan postingan terkait. Artinya, related post akan menampilkan postingan yang terkait label atau tag pada postingan itu sendiri.

Misal, anda membuat 5 buah post dengan label atau tag "komedi". Maka di saat pengunjung membaca salah satu post tersebut, di bawah postingan itu akan muncul 5 postingan yang terkait tag itu, salah satunya postingan yang sedang pengunjung baca. Untuj jelasnya anda bisa lihat du bawah postingan ini. Nanti juga ada "postingan terkait".

3. Arsip Blog / Blog Archieve

Fungsinya untuk mengarsip daftar-daftar postingan yang anda publish di blog anda. Ya semacan mengarsip berkas-berkas perusahaan, gitu. Jadi ya ada manfaatnya juga menaruh gadget ini. Selain untuk merapihkan tampilan blog, juga membantu pelanggan untuk melihat postingan-postingan dari dulu sampai yang baru di blog anda. Kesimpulannya, gadget ini juga penting di tampilkan di blog.

4. Label / Tag

Untuk gadget yang satu ini, ternyata masih banyak yang belum paham kegunaannya. Mereka menganggap bahwa gadget ini gunanya mendongkrak kata kunci atau biar bisa menjadi nomer satu di Google. Tapi ternyata salah!
Fungsi gadget label atau tag, ialah sekedar mengelompokkan postingan-postingan terkait. Jadi, ini ada hubungannya dengan related post seperti yang sudah saya bahas pada poin nomer dua di atas.

Gambaran besarnya, anda membuat beberapa postingan dengan topik yang berbeda. Maka anda memerlukan tag atau label untuk mengelompokkan postingan anda tersebut. Dengan kata lain supaya pengunjung bisa tahu semua postingan yang terkait tag itu. Dan supaya pengunjung jadi lebih mudah menemukan postingan terkait label tersebut, maka di buatlah gadget related post, supaya menampilkan ulasan-ulasan postingan pada label yang anda buat.

5. Laman / Page

Laman atau page, adalah entri khusus untuk anda. Jadi, jika anda ingin membuat postingan yang ingin di ketahui banyak orang, jangan buatnya di laman. Laman ini hanya untuk postingan yang penting di blog anda. Seperti membuat laman privacy policy, disclaimer, term of service, dan contact us.

Tapi selain untuk membuat laman-laman penting seperti yang di sebutkan di atas, anda juga bisa membuat forum khusus untuk blog anda dengan memanfaatkan laman tersebut. Sama halnya dengan contact us, membuat forum khusus seperti forum diskusi pada blog anda, anda perlu membuat script HTML nya. Anda jangan khawatir, banyak yang membuatkan script forum diskusi dengan cuma-cuma (gratis). Anda silahkan saja googling untuk mengetahui lebih lanjuta mengenai cara membuat forum diskusi.

Perbedaan forum diskusi dengan contact us adalah, jika contack us di peruntukan pengunjung bertanya langsung secara pribadi dengan admin blog, maka forum diskusi memungkinkan pengunjung saling berdiskusi antara satu pengunjung dengan pengunjung yang lainnya. Jadi nanti blog anda semacam kaskus.com gitu. Keren, kan?

Nah, gimana? Sudah paham kan? Kalau belum, silahkan baca-baca lagi. Atau bila perlu bisa tanya di kolom komentar. Mungkin sekian dulu pembahasan dari saya mengenai penjelasan dan kegunaan gadget-gadget pada blog Blogger. Semoga bermanfaat.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "5 Fungsi Gadget Blogger dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.