3 Tips Bermain YouTube Untuk Beginner

Recomended


3 Tips Bermain YouTube Untuk Beginner - Seperti yang sudah kita kenal, YouTube adalah situs berkonten video. Yang mana di setiap konten yang kita jumpai pasti hanya berisikan video saja (kecuali judul dan deskripsi). Banyak hal yang bisa kita lihat di YouTube. Dan banyak hal pula yang bisa kita bagi di YouTube dengan video kita sendiri.

Selain itu, kita pasti tahu kalau kita juga bisa mendapatkan bayaran dari YouTube. Banyak orang-orang yang sukses hanya dengan mengupload video di YouTube, malah ada yang memutuskan untuk menjadi YouTuber penuh waktu. Bahkan di Indonesia ini, para artis pun banyak yang menjadi YouTuber juga. Salah satunya, Deddy Corbuzier, Putri Titian / Junior Liem, Raditya Dika, dan lain-lain. Bahkan channel televisi lokal pun banyak yang membuat saluran di YouTube juga.

3 Tips Bermain YouTube Untuk Beginner

Nah kalau anda juga berminat untuk menjadi YouTuber, anda juga punya kesempatan untuk meraup keuntungan dari video yang anda unggah. Tentunya semua itu butuh kesabaran dan perjuangan yang keras. Dan hal yang paling utama jangan cepat putus asa, berikut saya akan memberikan 3 Tips Bermain YouTube Untuk Beginner.

Dalam bermain YouTube, ada banyak hal yang musti anda pahami dan lakukan. Semua itu demi kepentingan reputasi channel anda sendiri di mata YouTube dan audiens. Jika anda tidak bisa memahami permainan YouTube dan juga memahami fungsi-fungsi tools di YouTube, maka anda hanya bisa berharap saja bahwa ada jutaan orang yang akan menonton video anda. Dan itu adalah hal mustahil! Kecuali anda memiliki video kejadian aneh di dunia ini, maka jutaan orang bisa saja memutar video anda tanpa anda melakukan banyak hal. Karena kebanyakan orang sangat tertarik dengan yang aneh-aneh.

Namun jika anda tidak memiliki video yang seperti itu tapi anda ingin mencoba peruntungan lewat YouTube, maka anda harus melakukan hal-hal yang akan saya jelaskan di bawah. Tapi sebelum itu, hal yang harus anda ketahui dalam bermain YouTube adalah waktu luang untuk membuat video. Saya sangat menyarankan agar anda bisa membagi waktu anda dengan kegiatan anda lainnya di dunia nyata. Jangan sampai karena fokus di YouTube, pekerjaan anda jadi terbengkalai. Kecuali anda pekerja bebas. 

Dan berikut langkah - langkahnya:

1. Buat Channel YouTube

Untuk memperkenalkan video anda tentunya harus memperkenalkan juga nama channel atau salurannya. Ini bertujuan untuk mengetahui siapa pemilik video tersebut dan juga hak ciptanya atas nama siapa. Anda tidak mau kan video yang sudah anda buat dengan susah payah di pakai orang sembarangan? Jadi siapkan channelnya dengan ciri khas sendiri agar dapat di kenal orang dengan mudah.

Berbicara mengenai channel, ada hal yang harus anda perhatikan. Saya ingatkan lagi bahwa anda ingin membuat video karya anda sendiri, maka anda harus membuat channel itu sebagai tanda pengenal untuk orang lain. Contoh: Annoying Orange, salah satu channel di YouTube yang populer. Itu karena sang founder serius dalam membuat channel itu dan ingin memperkenalkan karyanya. Mereka membuat sosok jeruk yang menyebalkan, dan mereka bisa menarik perhatian berjuta pasang mata untuk menontonnya.

Coba bayangkan bila anda hanya mengupload video-video dadakan. Apa yang akan menjadi ciri khas channel anda? Tentu orang lain hanya akan memperhatikan videonya saja, bukan channelnya. Tapi bila anda membuat video karya anda sendiri, maka orang lain yang melihat keunikan di setiap video yang anda unggah, ada kemungkinan orang itu ingin terus mengetahui perkembangan video anda selanjutnya (dalam artian menjadi subscriber).

Tapi bukan berarti saya tidak membenarkan tentang video dadakan. Hanya saja itu membuat waktu anda terbuang percuma karena harus stay pada kamera agar tidak ada momen menarik yang terlewatkan, atau terpaksa mengerjai orang untuk mendapat video yang menarik. Dan itu saya sarankan jangan! Lebih baik video alami karya sendiri dan usahakan serasi dengan channelnya. Agar mudah di temukan dan di kenal. Karena, konten yang menarik akan di cari banyak orang, dan untuk memudahkannya, pengunjung lebih suka memasukkan nama channelnya pada kotak pencarian di YouTube, agar bisa melihat keseluruhan isi konten di channel itu sendiri.

2. Video yang kreatif dan menarik

Soal video, sama seperti yang saya bahas pada poin pertama. Dengan membuat video yang kreatif dan menarik bahkan mungkin unik. Ini bisa jadi pilar bagi channel anda. Mungkin audiens awam (cuma lewat di YouTube) hanya akan melihat satu video saja yang anda share atau tidak sengaja menemukan video anda saat mengunjungi YouTube. Karena, kebanyakkan orang awam yang mengunjungi YouTube itu, hanya ingin melihat tontonan sebagai hiburan atau mencari tutorial tertentu, dan tidak berniat men-suscribe atau hanya numpang lewat.

Maka dari itu, video yang kreatif, menarik, dan juga unik bisa menjadi jembatan untuk membuat mereka men-suscribe channel anda. Karena meskipun awam, jika sudah merasa nyaman (terbantu) pasti mulai merasakan daya tarik untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang apa aja video-videonya, dan mungkin akan mensubscribe, guna memudahkan mereka untuk kembali ke video anda (channel anda).

Tapi yang harus anda perhatikan untuk video anda, anda harus memberikan beberapa dukungan untuk video anda. Dukungan yang di maksud berupa:

- Judul yang menarik.

Judul yang menarik adalah, judul yang membuat orang penasaran (sebelum melihat videonya). Tapi jangan coba-coba membuat orang tertipu. Saya lebih menyarankan anda membuat judul yang memang sesuai dengan isi video. Misal, Spongebob mempunyai banyak episode. Dan tiap-tiap episode memiliki judul yang berbeda-beda. Dan judul itu sangat menarik dan bikin penasaran. Contoh: Hidup Seperti Larry, itu membuat orang penasaran dan bertanya-tanya "seperti apa sih, hidup seperti Larry itu?". Nah, dengan begitu orang yang membaca judulnya jadi pengen lihat.

- Deskripsi yang menantang.

Buatlah deskripsi yang menjelaskan sedikit tentang video anda. Tapi yang menantang. Tujuannya agar orang yang baca jadi semakin penasaran. Sebagai contoh coba saja anda lihat di cover bagian belakang DVD film-film layar lebar. Pasti ada deskripsinya yang menantang. Coba saja di contoh membuat deskripsi yang seperti itu.

- Kategori yang relevan.

Kategori yang relevan ini maksudnya agar video anda di kategorikan dengan genre video lainnya yang sejenis. Supaya orang yang mencari video bergenre sama dengan video anda, bisa melihat video anda. Sebagai contohnya anda membuat video bergenre komedi, nah anda harus memasukkan video anda ke kategori komedi. Supaya ketika ada orang yang mencari video komedi, busa jadi video anda yang di sarankan.

Tapi kalau anda memiliki video komedi dan anda memasukkannya ke kategori horror, apa iya orang akan menonton video anda? Meskipun di sarankan? Paling hanya beberapa, karena tidak relevan kategori dengan jenis videonya.

3. Promosi yang efektif

Berikutnya anda memerlukan cara berpromosi. Kebanyakkan orang, lebih memilih cara yang instan (spamming) dari pada manual (usaha sendiri). Ya mungkin karena mereka ingin cepat-cepat dapat untung dari YouTube. Padahal, cara seperti itu juga di perhatikan betul-betul oleh komunitas YouTube. Jadi, saya sarankan agar anda memilih cara yang efektif untuk berpromosi.

Untuk langkah berpromosi, mental anda di perlukan untuk tetap tegar melihat kenyataan-kenyataan yang ada. Kenyataan ini lebih banyak pahitnya di banding manisnya. Karena channel anda terbilang masih baru, dan anda belum terkenal di kalangan umum, maka anda hanya akan melihat viewer video anda lebih banyak angka nol (0) di banding angka lainnya. Dan untuk menembus angka sepuluh (10) pun sangat sulit terasa. Bahkan mungkin video anda lebih banyak mendapat unlike di banding like.
Nah, untuk menguatkan mental anda dalam berpromosi, saya akan memberikan kisah singkat seorang YouTubers yang sudah populer, Felix Kjellberg. Dan juga sebagi akhir pembahasan ini.

Felix memulai kariernya di youtube dengan nama pengguna Pewdiepie pada april 2009 ,di sekitar tahun 2011 fans Felix bernama Marzia bisognin menganggap Pewdiepie orang yang lucu , mereka bertemu dan menjadi pacar. di sekitar tahun 2012 , channel Felix sukses dengan 1 juta pelanggan , sampai dengan tahun 2014 Pewdiepie menjadi orang paling terkenal di youtube dengan memiliki lebih dari 20 juta pelanggan. Dan ia juga mendapatkan Rekor (Guiness book of record) dalam hal jumlah pelanggan dan jumlah tontonan youtube yang paling banyak. Sumber: Wikipedia

Kesimpulannya, berupa tahun untuk Felix meraih kesuksesannya? Semua itu pastinya butuh perjuangan dan pengorbanan yang tidak sedikit. Dan ingat! Konsistensi sangat di perlukan dalam membangun sesuatu, dan juga yang paling utama, do'a. Semoga bermanfaat!


Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "3 Tips Bermain YouTube Untuk Beginner"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.