3 Kiat Memperkenalkan Channel YouTube

Recomended


3 Kiat Memperkenalkan Channel YouTube - Sebenarnya ini adalah lanjutan postingan yang kemarin 3 Tips Bermain YouTube Untuk Beginner. Karena saya rasa butuh penjelasan yang lebih rinci tentang berpromosi, jadi saya buatkan post baru lagi. 


Mengenai berpromosi, tentu kita setuju dengan berpromosi, apa yang kita punya akan di kenal banyak orang. Seperti halnya perusahaan-perusahaan besar. Mereka juga butuh mempromosikan produk-produknya.

3 Kiat Memperkenalkan Channel YouTube

Dan untuk membangun sebuah channel YouTube yang sukses, memiliki jutaan subscriber, tentu di perlukan waktu yang tidak singkat. Artinya anda harus terus kuat dan bersabar dalam membangun channel anda. Dan untuk sedikit membantu perjuangan, anda membutuhkan promosi. Tapi anda jangan menyepelekan hal ini! Saya yakin anda mengira bahwa postingan ini sudah umum, iya kan? Ok, saya akui hal tersebut. Tapi tahukah anda bahwa ada strategi yang jarang di lakukan orang untuk berpromosi? Untuk itu, selesaikan membacanya. 

Sekedar penjelasan! Bahwa strategi yang saya tuliskan disini, bukan mengandung strategi yang ilegal atau curang. Saya tidak pernah bermain curang atau menganjurkan anda untuk melakukan hal curang. Kenapa? Karena itu akan membuat saya atau anda tidak bisa belajar dari kesulitan. Untuk itu, tetap pada jalur yang semestinya. 

Promosi - Adalah sebuah cara untuk memperkenalkan produk atau sesuatu yang kita miliki, agar di ketahui orang banyak dan bertujuan untuk menarik perhatian orang lain. Dengan berpromosi, anda dapat memperkenalkan channel YouTube anda ke orang banyak. Dengan cara seperti apa? Berikut langkahnya: 

1. Pilih video yang di unggulkan 

Pada awal membuat channel, tentu kita tidak akan mempunyai stok video yang banyak di channel YouTube kita. Untuk itu di perlukan tindakkan kita untuk memperbanyak video dalam satu minggu. Hal ini di butuhkan untuk memilih video yang di unggulkan, yang akan di manfaatkan untuk project promosi.

Gambaran besarnya, hari pertama setelah anda selesai membuat channel, alangkah baiknya anda segera mengupload satu video di saluran anda. Namun jika anda belum menyiapkan satu video pun, tidak masalah. Saya sarankan untuk membuat video perkenalan channel anda terlebih dulu. Bisa menggunakan fitur slide foto di YouTubenya atau di software gadget anda. Usahakan semenarik mungkin.

Dalam membuat video perkenalan, anda harus mendeskripsikan tentang saluran anda, video apa aja yang akan anda bagi, bergenre apa, dan lain-lain yang menyangkut channel anda. Anda jangan takut tidak ada yang lihat! Itu hanya video perkenalan saja, bukan video inti. Tapi, ada sesuatu yang besar pada video perkenalan.

Anak baru di suatu sekolah, pasti akan memperkenalkan diri dulu sebelum masuk kelas. Hal ini agar anak itu mudah di kenal teman sekolahnya yang baru. Dan sebagai murid baru, tentu anak itu masih sering di kacangin oleh teman-temannya di sekolah barunya. Agar anak itu cepat mendapat banyak teman, apa yang harus di lakukan?

Tentu anak itu harus membaur agar cepat punya banyak teman. Tidak jauh beda dengan anda mempromosikan channel YouTube anda. Awal promosi pasti lebih sering di abaikan dari pada di responnya. Untuk itu, anda perlu membaur agara channel anda banyak di kenal orang. Caranya, membuat video perkenalan kemudian siapkan video intinya. Setelah selesai membuat video inti dan menguploadnya ke YouTube, saatnya anda mempromosikan video anda tersebut.

Dalam melakukan promosi video anda untuk pertama kali, anda memerlukan deskripsi yang menarik dari video itu. Seperti yang anda tahu, anda belum punya banyak subscriber dan juga belum terkenal. Jadi gunakan deskripsi itu sebagai wakil perkenalan lanjutan anda. Yakinkan bahwa video anda layak di tonton, tapi jangan pakai kalimat "wajib nonton!" saya pun sangat membenci kalimat itu. Jadi, cukup beri deskripsi yang lengkap dan menarik saja. Deskirpsi yang menarik itu, seperti sok kenal. Contoh: Di video ini saya menceritakan pengalaman saya selama naik bus dari Jatim je JakBar. Banyak hal menarik yang terjadi, bla bla bla. Untuk lengkapnya, silahkan tonton videonya.

Dari contoh di atas, anda akan terkesan ingin berbagi cerita dengan orang lain dalam bentuk video. Tapi coba kalau wajib nonton! Ini cerita saya saat dalam perjalanan dari Jatim ke JakBar. Itu akan terlihat memaksa dan terlihat jelas promosinya. Dan tentu orang lainpun akan mengabaikannya. Karena bagi mereka, apa pentingnya? Jadi, lebih relevan yang di atas kan? Oleh sebab itu, dalam berpromosi untuk yang pertama kali, usahakan seperti sudah di kenal orang banyak.

Setelah satu hari melakukan promosi video inti yang pertama, misi untuk 6 hari kedepannya adalah usahakan satu hari satu video. Lebih baik lebih! Tujuannya untuk apa? Agar channel kita cepat terisi banyak video dan cepat mendapat jumlah tayang yang banyak. Ingat, penghitung tayang video di youtube adalah keseluruhan setiap video yang tayang.

Jadi, kalau satu video dapat 8 kali tayangan dan video yang kedua mendapat 2 kali tayangan, maka jumlah tayangan channel kamu 10. Untuk itu, saya sarankan satu minggu pertama perbanyak upload video dan share. Pastikan patuhi kode etik berpromosi! Setelah satu minggu terkumpul cukup banyak video dan sudah di promo semuanya, perhatikan video mana yang lebih banyak jumlah tayangnya? Jika sudah dapat, lanjut ke tahap yang berikutnya!

2. Buat Playlist

Setelah satu minggu menyelesaikan misi satu hari satu video, saatnya anda membuat playlist dari video anda tersebut di channel YouTube anda. Playlist ini di gunakan untuk mengelompokkan jenis-jenis video anda sendiri. Meskipun anda membuat channel video bergenre komedi, tapi saya yakin masing-masing video punya pesan dan kesan tersendiri. Seperti misal, komedi motivasi, komedi jail, dan lain-lain.

Untuk itu saya rekomendasikan untuk di buat playlistnya. Memang langkah ini tidak ada kaitannya untuk berpromo, tapi percayalah! Ini adalah senjata rahasia untuk channel anda.

Sebetulnya, playlist ini bukan untuk video anda sendiri saja. Anda juga bisa memasukkan video dari channel lain di daftar playlist anda. Tapi untuk langkah mempromosikan channel anda, saya anjurkan isi playlistnya video anda semua dan di pisah berdasarkan jenisnya. Jika sudah, lanjut ke kurikulum selanjutnya!


3. Pasang Anotasi dan Kartu 

Anotasi ini untuk menampilkan iklan video kita sendiri di video kita lainnya. Gambaran besarnya, seperti halnya pada artikel blog yang terdapat kalimat "baca juga" di dalam artikel tersebut. Fungsinya untuk memberi saran ke pengunjung untuk melihat juga video lainnya yang terkait. Sedangkan kartu, gunanya seperti postingan terkait pada artikel blog. Misal, anda membuat video dengan 2 genre. Komedi dan horror. Jadi di salah satu video dengan masing-masing genre tersebut, anda bisa memasang kartu video dengan genre tertentu. Jika anda belum paham mengenai anotasi dan kartu, silahkan googling.

Pada step ini, kenapa harus memanfaatkan anotasi dan kartu? Ini anjuran dari tim YouTube nya sendiri dan juga master YouTube lainnya. Sedangkan cara pemakaiannya, yang saya sarankan seperti ini.

Setelah anda menganalisa video anda yang paling banyak di channel anda, dan anda sudah membuat playlist untuk masing-masing jenis video anda, kini saatnya memanfaatkan playlist anda ke dalam anotasi dan kartu.
Baca juga : Asal Muasal Youtube
Langkah-langkahnya: 
Pilih video paling banyak di tonton dari masing-masing playlist. Saya yakin dari masing-masing playlist pasti ada video yang paling banyak di tonton. Dan untuk itu, manfaatkan video tersebut dengan cara pasang kartu video anda di video unggulan anda itu. Pastikan kartu video yang anda pasang adalah playlist yang sudah anda buat, dan pastikan juga playlistnya berdasarkan video tersebut. Maksudnya, bila video yang di pasang kartu itu dari playlist komedi motivasi, maka playlist yang di jadikan kartunya adalah komedi motivasi. Untuk cara membuat kartu, anda bisa baca ini Cara Menggunakan Kartu.

Pasang anotasi di masing-masing video dari tiap-tiap playlist. Jika anda bingung maksudnya, mungkin gambarannya seperti ini. Anda membuat playlist dengan isi lebih dari 2 buah video. Nah, jika tadi anda menjadikan playlist anda sebagai kartu video yang di pasang pada video unggulan anda, kini saatnya anda pasang anotasi di tiap-tiap video yang ada di masing-masing daftar playlist anda, kecuali video unggulan anda. Kenapa? Karena yang di jadikan anotasinya adalah video unggulan tadi atau video yang paling banyak di lihat tadi.

Strateginya seperti ini, dari tiap-tiap daftar video di masing-masing playlist tersebut, pasang anotasi yang menyarankan agar pengunjung melihat video unggulan anda tadi. Jadi, video unggulan itulah yang jadi anotasinya. Untuk cara buatnya, baca Cara Membuat dan Mengedit Anotasi.

Kesimpulannya, langkah di atas tadi saling bersangkutan satu sama lain. Jadi intinya mengusahakan agar pengunjung tidak meninggalkan channel anda. Maka dari itu manfaatkan anotasi dan kartu dengan sebaik-baiknya! Dan untuk langkah berpromosi selanjutnya, anda bisa menjadwalkan untuk promosi video baru anda. Misal anda ingin megupload video baru setiap hari senin saja. Itu artinya, tiga hari untuk promo video baru, dan tiga hari untuk promo channel dengan video-video lama yang sudah di pasang anotasi dan kartu. Dan saya sarankan juga, di setial video baru juga harus di pasang anotasi ke video unggulan itu. 

Catatan: usahakan maksimal satu bulan sekali mengganti video unggulan yang di pasangi kartu playlist. 

Tujuannya agar pengunjung tahu bahwa ada video unggulan terbaru di channel anda. Dan channel anda terlihat selalu segar dan banyak hal baru. 

Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan di kesempatan kali ini. Lain kesempatan, jika ada info baru terkait postingan ini, insya Allah saya akan update lagi. Semoga bermanfaat.


Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "3 Kiat Memperkenalkan Channel YouTube"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.