Tips Sukses di Usia Muda dari Elang Gumilang

Recomended


Tips Sukses di Usia Muda dari Elang Gumilang - Elang Gumilang adalah salah seorang young entrepreneur atau pengusaha sukses di Indonesia yang berasal dari kota Bogor dan ia seorang pengusaha properti dan merupakan Direktur Elang Group.

Hal yang menarik dari Elang Gumilang adalah ia berhasil menjadi sukses di usia muda, selain itu dia juga merupakan seorang pengusaha yang ramah dan perduli terhadap sesama. Elang Gumilang sering mendapat berbagai macam penghargaan  karena semua yang dilakukannya itu bermanfaat bagi sesama. 

Tips Sukses di Usia Muda dari Elang Gumilang

Jika kita membahas tentang Elang Gumilang memang tidak ada habisnya karena memang Elang Gumilang adalah seorang pengusaha sukses di Indonesia yang berhasil sukses di usia muda.

Elang Gumilang adalah sosok inspiratif yang harusnya di contoh oleh teman-teman sekalian, karena selain dia merupakan sosok pengusaha yang berhasil sukses di usia muda namun dia juga merupakan sosok pengusaha yang mau berbagi dengan sesama terkait kesuksesan yang diraihnya sejak dari usia muda atau pengusaha sukses dari nol.

Tips sukses di usia muda Elang Gumilang

Pada waktu yang lalu, Elang Gumilang melakukan perjalanan ke Korea Selatan. Tujuan Elang Gumilang melakukan perjalanan ke Korea Selatan tersebut adalah untuk berbagi tips sukses di usia muda dan tips menjadi pengusaha sukses dari nol kepada teman-teman Indonesia di Korea Selatan.

Pada kesempatan itu, Elang Gumilang mengawali perbincangan dengan teman-teman tersebut dengan menceritakan kisah perjalanan hidupnya pada masa yang lalu hingga bisa menjadi pengusaha properti sukses di usia muda dan menjadi Direktur Utama Elang Group.

Kisah yang Elang Gumilang ceritakan kepada teman-teman tersebut, diantaranya adalah kisah saat dia mulai melakukan bisnis berjualan donat saat masih di Sekolah Menengah Atas (SMA), bisnis berjualan sepatu dan bisnis berjualan minyak tanah saat berstatus sebagai seorang mahasiswa di Institut Pertanian Bogor.

Pada kisah tersebut, Elang Gumilang menceritakan tentang bagaimana kerasnya segala usaha yang dilakukannya dan bagaimana rintangan itu sangat banyak menghampirinya untuk mencapai kesuksesan yang di impikannya.

Rintangan yang dihadapi Elang Gumilang seperti pada saat bisnis berjualan minyak tanah salah satunya ialah pada saat itu dia berstatus sebagai seorang mahasiswa jadi mempunyai perasaan gengsi dan malu terutama kepada teman-teman mahasiswi wanita dimana dia harus mengantarkan dan menjualnya kepada mereka namun dia mengatasi hal itu dengan menggunakan helm dan sebagainya.

Rintangan lainnya ialah saat dia mencari sejumlah modal ke salah satu bank dan disitu dia bukannya mendapatkan modal usaha namun dia malah diremehkan oleh pihak bank tersebut dengan mengatakan “Saya lebih baik menyerahkan modal usaha ini kepada pedagang daripada kepada mahasiswa”.

Namun walaupun rintangan terus datang dan menghapirinya, Elang Gumilang tetap teguh dengan ingin menjadi pengusaha sukses di usia muda karena salah satu motivasi pada saat itu ialah karena dia bukan berasal dari keluarga yang mapan dan ada  keinginan mengangkat taraf hidup keluarganya yang pada waktu itu sedang mengalami keterpurukan.
Pada suatu ketika ada seorang teman Elang Gumilang mengatakan kepadanya seharusnya bisnis itu menggunakan otak dan bukan menggunakan otot. Semenjak itu lah Elang Gumilang mulai melakukan bisnis cerdas dimana dalam melakukan bisnis mengutamakan otak.
Setelah itu, Elang Gumilang mulai terjun ke dunia properti dan mendapatkan modal yang bersumber dari Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang kemudian digunakan sebagi jaminan untuk mendapatkan kredit yang lebih besar.

Tapi dibalik kisah tersebut, terdapat kisah sedih dimana KTA tersebut menggunakan nama kakak temannya yang dimana esok hari seharusnya dia mendapatkan modal tersebut kakak temannya tersebut meniggal dunia. Pada waktu itu, Elang Gumilang berumur 18 tahun dan telah menanggung beban kredit sekitar 150 juta yang tiap bulan angsurannya sekitar 8 juta perbulan dan itu diluar beban operasional project, beban hidup sehari-hari, biaya kuliah dan lain sebagainya serta perlu diketahui pula nilai uang sebesar 150 juta pada waktu itu masih sangat besar dibandingkan nilai uang sebesar 150 juta pada masa sekarang.

Berdasarkan semua beban tersebut, Elang Gumilang selalu yakin kepada kuasa Allah bahwa saat pintu tertutup maka pintu yang lainnya akan terbuka. Dan solusi semua itu adalah dia bekerja juga sebagai marketing sales perumahan dan  setiap bulannya dia mampu menjual sekitar 40 unit rumah. Dijelaskannya lebih lanjut bagaimana dia mampu menjual rumah sebanyak itu dengan cara mengetahui pasar terlebih dahulu sebelumnya.

Pada kesempatan itu, Elang Gumilang memaparkan pula berbagai macam penghargaan yang berhasil diperolehnya selama menjadi pengusaha properti dimulai dari penghargaan dari Bank Mandiri yaitu Wirausaha Muda Mandiri pada tahun 2007 hingga penghargaan dari presiden dari Republik Indonesia yaitu Bapak SBY dan Bapak Jokowi.

Setelah itu, Elang Gumilang mulai menjelaskan tentang pentingnya investasi, dimana dia menjelaskan tentang kelebihan investasi properti, sejelek-jeleknya hasil investasi properti nantinya masih menyisakan properti itu sendiri seperti misalnya tanah, perlu diketahui harga tanah semakin lama akan semakin naik harganya.

Lebih lanjut, Elang Gumilang menceritakan tentang bagaimana teknik berbisnis yang dilakukannya waktu itu, dimana harga tanah untuk project pertamanya sekitar 1 milyar lebih dan uang yang dia punya bersumber dari hasil patungan oleh teman-teman sekolah dan kuliahnya yang telah mengenalnya dengan baik seperti apa karakter Elang Gumilang dengan baik.

Dia juga menjelaskan tentang strategi pemasaran yang dilakukannya ketika melakukan bisnis properti, yaitu menjual rumah tanpa uang muka atau down payment (DP) dan setiap pembelian rumah tersebut mendapatkan gratis bonus sebuah motor.

Teknik bisnis lainnya yang dilakukannya adalah membeli tanah namun tanah yang dibeli tersebut bukan tanah yang berada di lokasi strategis tapi tanah yang berada di lokasi kosong sehingga nantinya disitu bisa diciptakan pasar baru.

Elang Gumilang berpesan untuk senantiasa menjadi pribadi yang memiliki kepribadian yang sederhana dan tidak berlebihan karena seorang pengusaha sukses tidak melakukan konsumsi secara berlebihan namun lebih mementingkan produktifitas. Selain itu, jika seorang melakukan konsumsi dan hidup secara berlebihan (menghambur-hamburkan uang) nantinya jika jatuh maka mentalnya pastilah tidak siap menerima kenyataan yang terjadi dan membuat dirinya hancur.

Elang Gumilang juga berpesan yang ditujukan untuk semua tema-teman sekalian agar senantiasa memantaskan diri untuk menjadi sukses dari nol dengan cara sebagai berikut:
  • Luruskan niat dan doa
  • Ikhtiar atau berusaha
  • Mulailah bisnis dilingkungan masing-masing
  • Terapakan kongsi (bersama-sama)
  • Tolong menolong (relasi bisnis)
  • Selalu bersyukur kepada Allah 
  • Pasrahkan hasilnya kepada Allah atau tuhan
BACA JUGA : Tips Untuk Menjadi Pengusaha Sukses

Filosofi Elang Gumilang


  • Jadilah kaya agar dapat membantu yang miskin.. 
  • Jadilah orang yang kuat agar dapat menolong yang lemah.. 
  • Jadilah orang yang berilmu agar dapat member pencerahan.. 


Kata-kata Elang Gumilang

  • Milikilah impian, lakukan semua yang terbaik dan serahkan soal hasil kepada Allah. 
  • Milikilah niat yang lurus dan buat dirimu menjadi pantas untuk memperoleh kesuksesan. 
  • Mencapai kesuksesan itu bisa menggunakan cara yang salah atau menggunakan caranya Allah, tentukanlah sebelum berbisnis. 
  • Raihlah kesuksesan yang berkah sehingga membuat kita senantiasa semakin dekat dengan Allah dan bukan sebaliknya menjadikan kita semakin jauh dari Allah. 
  • Syarat pertama untuk menjadi sukses adalah doa kedua orang tua.

Itulah beberapa Tips Sukses di Usia Muda dari Elang Gumilang, mudah-mudahan bisa menginspirasi kita semua dan semoga bermanfaat.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Tips Sukses di Usia Muda dari Elang Gumilang"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.