Karakter Entrepreneur Sukses

Recomended


Karakter Entrepreneur Sukses - Dalam menjalan suatu bisnis kita dituntut untuk senantiasa cerdas dalam berbagai macam hal supaya dapat bertahan dan memperoleh peluang-peluang baru terutama dalam hal melakukan suatu pemasaran. Namun sebelum melakukan kegiatan pemasaran hingga menjual suatu produk, sebaiknya kita mempelajari juga tentang entrepreneur atau wirausaha.

Karakter Entrepreneur Sukses

Entrepreneur menjadi penting dalam kegiatan pemasaran karena dengan memahami cara berpikir dan karakter-karakter seorang entrepreneur maka akan menambah pengetahuan-pengetahuan baru tentang bagaimana seorang entrepreneur tersebut. Pada kesempatan ini, admin akan membahas tentang karakter entrepreneur dalam melakukan suatu kegiatan bisnis dan semoga pembahasan tentang karakter entrepreneur ini bisa bermanfaat.

Karakter Entrepreneur

Entrepreneur atau wirausaha adalah orang yang melakukan suatu kegiatan usaha secara cerdas dalam banyak hal seperti cerdas melihat peluang bisnis, cerdas dalam mengelola suatu bisnis, cerdas dalam berinovasi, cerdas dalam hal pemasaran dan lain sebagainya.

Menurut McGraith & Mac Millan (2000), seorang entrepreneur harus memiliki karakter sebagai berikut:

1. Fokus pada aksi atau tindakan

Seorang entrepreneur pada keseharian tidak pernah menunda suatu pekerjaan hingga membiarkan berbagai kesempatan berlalu dan lewat begitu saja serta ia tidak menunggu keadaan menjadi pasti seperti menunggu mood sedang bagus atau menunggu modal tersedia dulu.

Seorang entrepreneur adalah orang selalu berusaha tanpa mengenal lelah melewati segala macam rintangan yang menghadangnya dan ia tidak pernah menunggu ketidakpastian atau rintangan pergi dulu dan kemudian baru berusaha.

Seorang entrepreneur adalah orang yang ingin segera beraksi dan berusaha untuk mencapai kesuksesan yang di imipikannya, mereka akan tetap seperti itu hingga mereka berhasil meskipun pada pelaksanaannya mereka harus dihadapkan pada suatu keadaan/kondisi yang penuh ketidakpastian (uncertain) dan mereka selalu percaya bahwa segala risiko yang menghadang perjuangan mereka itu bukanlah untuk dihindari namun harus dihadapi serta ditaklukkan.

2. Memiliki pemikiran yang simpel

Seorang entrepreneur bukan seorang yang memiliki suatu pemikiran rumit, mereka selalu berpikir simpel meskipun ia dihadapkan pada rintangan yang rumit dan ia tetap akan berpikir secara simpel.

Berpikir secara simpel sangat membantu mereka menyelesaikan berbagai rintangan yang dihadapinya, karena dengan berpikir simpel sebenarnya ia sedang menyederhanakan suatu permasalahan dan memikirkan suatu solusi.

3. Fokus pada peluang-peluang baru

Seorang entrepreneur selalu memiliki insting bisnis yang sangat tajam dibandingkan dengan orang kebanyakan, begitu pula saat mereka dihadapkan pada suatu problema maka hal pertama yang dipikirkan oleh mereka adalah peluang baru apa yang tersirat pada problema tersebut.

Seorang entrepreneur ketika mendapati peluang baru, ia selalu mau belajar dan belajar lagi supaya dapat memaksimalkan peluang baru tersebut.

Pada bisnis yang telah dijalaninya pun mereka senantiasa menciptakan peluang baru dengan berbagai macam ide cemerlang dan inovasi yang fantastis.

4. Mengejar peluang dengan disiplin tinggi

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa seorang entrepreneur adalah seorang yang memiliki insting bisnis yang sangat tajam seperti dalam hal melihat dan menciptakan suatu peluang baru dan perlu diketahui bahwa seorang entrepreneur bukan sekedar memiliki insting yang tajam namun ia memiliki tingkat disiplin yang tinggi pula.


Disiplin yang dimiliki seorang entrepreneur adalah salah satu yang faktor atau kunci keberhasilan yang akan diraihnya serta perlu diketahui bahwa kesuksesan akan didapati oleh orang yang berhak mendapatinya dan bukanlah seorang pemalas.

5. Fokus pada peluang yang terbaik

Seorang entrepreneur memang memiliki insting bisnis yang tajam namun bukan hanya itu, insting bisnis yang dimiliki seorang entreprenenur dapat menuntun mereka dalam hal menentukan peluang mana paling terbaik diantara sekian banyak peluang baik.

Maksudnya adalah seorang entrepreneur mampu memperkirakan atau memprediksi apa yang akan terjadi dimasa depan yang berhubungan dengan peluang tersebut (pola pemikiran jangka panjang).

6. Fokus pada eksekusi

Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama bahwa seorang entrepreneur adalah seorang yang fokus pada aksi atau tidakan. Hal ini juga menjeskan bahwa seorang entrepreneur adalah seorang yang selalu optimis dengan pada tindakan atau eksekusi yang dilakukanya.

McGraith dan Mac Millan mengungkapkan bahwa seorang yang memiliki pola pikir eksekusi adalah seorang yang melakukan suatu upaya serta mewujudkan pemikirannya dibandingkan terus memikirkan bebagai macam ide tanpa akhir.

Selain itu, seorang entrepreneur dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan segala macam kondisi yang ia temukan dilapangan.

7. Fokus pada bisnis yang dijalaninya

Karakter entrepreneur yang terakhir adalah ia selalu fokus pada bisnis yang dijalaninya, namun perlu diketahui bahwa seorang entrepreneur dalam mencapai suatu kesuksesan tidaklah mengupaya berbagai hal dengan seorang diri namun ia selalu melibatkan orang disekitarnya.

Jadi seorang entrepreneur selain memiliki insting bisnis yang tajam, fokus dan disiplin tinggi namun juga pintar membangan suatu jaringan (relasi).

Sekian pembahasan tentang karakter entrepreneur dan semoga pembahasan tentang entrepreneur ini dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi teman-teman semuanya terutama bagi yang teman-teman yang berjiwa entrepreneur atau ingin menjadi seorang entrepreneur. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :