Biografi Dahlan Iskan

Recomended


Biografi Dahlan Iskan - Dahlan Iskan merupakan salah seorang entrepreneur dan tokoh tersukses yang berasal dari Indonesia, selain itu Dahlan Iskan juga pernah menjabat sebagai  Menteri Republik Indonesia di jaman Pemerintahan SBY.

Hal menarik dari Dahlan Iskan ialah berhasil membangun dan mengembangkan berbagai jenis-bisnis yang dipimpinnya dengan sangat cemerlang seperti bisnis surat kabar, listrik bahkan menteri negara. 

Biografi Dahlan Iskan
Biografi Dahlan Iskan

Biografi Dahlan Iskan

Prof. Dr. Dahlan Iskan lahir di Jawa Tengah tepatnya di Magetan pada tanggal 17 Agustus 1951. Dahlan Iskan tumbuh besar di lingkungan pedesaan dangan kondisi cukup sederhana, dimana orang tua Dahlan Iskan tidak teringat tanggal berapa sebenarnya. Dahlan Iskan lahir akhirnya memutuskan untuk memilih tanggal 17 Agustus sesuai dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Dahlan Iskan sebelumnya merupakan seorang  CEO surat kabar Jawa Pos dan Jawa Pos Group yang terletak di Surabaya dan sekarang yang menggantikannya anaknya yang bernama Azrul Ananda. Selain itu, Dahlan Iskan juga merupakan Direktur Utama PLN (2009) sampai akhirnya dia menjadi salah seorang Menteri Republik Indonesia pada tahun 2011.

Dahlan Iskan memulai karirnya pada tahun 1975 sebagai seorang reporter surat kabar di Kalimantan Timur tepatnya di Samarinda. Pada tahun 1976 Dahlan Iskan menjadi reporter majalah Tempo dan menjadi pemimpinnya sejak tahu 1982. Dahlan Iskan pada waktu berhasil membuat Jawa Pos menjadi semakin maju dan berkembangkan dan 5 tahun setelah itu, Dahlan Iskan membentuk jaringan surat kabar yang sekarang merupakan salah satu jaringan surat kabar terbesar di Indonesia yang bernama Jawa Pos News Network (JPNN). Tidak berhenti sampai disitu, Dahlan Iskan terus melakukan pengembangan bisnis yaitu membangun Graha Pena di Surabaya dan Jakarta pada tahun 1997 dan 2002, serta membangun stasiun televisi di berbagai daerah, yaitu di Surabaya bernama JTV, di Batam bernama TV Batam dan di Riau bernama TV Pekanbaru.

Kemudian pada tahun 2009, Dahlan Iskan menjadi komisaris di PT Fangbian Iskan Corporindo (FIC), pada akhir tahun 2009 pula Dahlan Iskan menjadi Direktur utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang menggantikan Fahmi Mochtar. Pada masa kepemimpinannya, Dahlan Iskan berhasil menuai berbagai prestasi cemerlang dengan melakukan berbagai macam terobosan seperti gerakan sehari sejuta sambungan dan pada tahun 2010, Dahlan Iskan telah membangun PLTS di Pulau Banda, Bunaken Manado, Derawan Kalimantan, Wakatobi Sulawesi Tenggara serta Citrawangan serta pada tahun 2011, Dahlan Iskan menjadi salah seorang Menteri Republik Indonesia yaitu Menteri Badan Usaha Milik Negara.
Biografi Dahlan Iskan
Biografi Dahlan Iskan
Setelah menjadi Menteri BUMN RI, Dahlan Iskan berhasil menyelamatkan lima perusahaan BUMN yang hendak melakukan pelepasan saham perdana (initial public offering) di bursa saham dan selain itu, Dahlan Iskan juga berhasil membuat BUMN menjadi bersih dari korupsi dan aktif melakukan pendukungan terhadap program mobil nasional yang berpenggerak listrik.

Baca juga:
Sekian pembahasan tentang Biografi Dahlan Iskan dan semoga pembahasan tentang Biografi Dahlan Iskan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :