Biografi Chairul Tanjung (Pengusaha Sukses Indonesia)

Recomended


Biografi Chairul Tanjung (Pengusaha Sukses Indonesia) - Chairul Tanjung merupakan salah seorang entrepreneur yang berasal dari Indonesia dan merupakan salah satu entrepreneur tersukses di Indonesia dan di dunia dengan kekayaan yang mencapai 4 Miliyar Dollar, selain itu Chairul Tanjung juga pernah menjadi salah seorang Menteri Republik Indonesia.

Biografi Chairul Tanjung
Biografi Chairul Tanjung
Hal yang menarik dari ialah beliau merupakan seorang entrepreneur yang sangat gigih dalam melakukan dan menjalani suatu bisnisnya, dan beliau juga banyak memberikan masukan-masukan kepada teman-teman entrepreneur tentang bagaimana membangun suatu bisnis seperti beliau pernah menyatakan bahwa dalam membangun bisnis, mengembangkan jaringan dan memiliki rekanan yang baik adalah sangat penting dan membangun relasi tidak melihat seberapa besar perusahaan relasi tersebut, tapi bangunlah relasi dengan perusahaan besar dan dengan perusahaan kecil, dan dengan pihak lainnya yang kecil juga sangat penting, karena relasi tersebut nantinya akan membantu proses berkembangnya bisnis dan yang sangat penting dan utama bagi entrepreneur yang ingin sukses ialah memilki kemauan dan kerja keras. 

Biografi Chairul Tanjung 

Chairul Tanjung lahir di Jakarta pada tanggal 16 Juni 1962. Chairul Tanjung merupakan memiliki enam saudara dan merupakan anak dari pasangan Abdul Ghafar Tanjung dan Halimah, yang berprofesi sebagai seorang reporter dan ibu rumah tangga. Chairul Tanjung adalah seorang entrepreneur yang berasal dari Indonesia. Chairul Tanjung pernah menjadi Menteri Perekonomian Reupblik Indonesia akan tetapi Chairul Tanjung lebih dikenal sebagai sosok entrepreneur sukses yang memimpin CT Corp.

Awal mula perjalanan karir entrepreneur Chairul Tanjung  ialah saat masih menempuh dunia pendidikan di Universitas Indonesia dan saat itu Chairul Tanjung memperoleh penghargaan yaitu, penghargaan sebagai mahasiswa teladan tingkat nasional pada tahun 1984-1985. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan pendidikan yang dijalaninya, Chairul Tanjung berjualan buku, berjualan kaos dan lainnya dan Chairul Tanjung sempat mendirikan sebuah toko peralatan kedokteran dan laboratorium namun nasibnya kurang beruntung sehingga toko Chairul Tanjung mengalami kebangkrutan. Namun setelah lulus kuliah tepatnya pada tahu 1987, Chairul Tanjung  bersama dengan tiga temannya mendirikan sebuah perusahaan yang bernaman PT Pariarti Shindutama yang hanya bermodalkan sebesar 150 juta rupiah yang diperoleh dari Bank Exim. Perusahaan Chairul Tanjung tersebut merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi sepatu anak-anak yang nantinya akan di ekspor ke luar negeri.  Namun, karena berbagai alasan Chairul Tanjung memilih untuk berpisah dan mendirikan perusahaannya sendiri.

Baca juga :
Setelah pisah dari perusahaan yang dijalani bersama teman-temannya dan memutuskan untuk mendirikan perusahaannya sendiri, Chairul Tanjung mengalami berbagai macam rintangan dalam bisnisnya, namun Chairul Tanjung tetap berjuang dan pantang menyerah hingga akhirnya berhasil membangun Para Group (kini bernama CT Corp) dan kini membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resources.

Seiring berjalan waktu, perusahaan Chairul Tanjung semakin berkembang dan Chairul Tanjung mereposisikan dirinya ke tiga bisnis inti yaitu keuangan, properti, dan multimedia. Chairul Tanjung menamakan perusahaan tersebut dengan Para Group (kini bernama CT Corp). Perusahaan ini mempunyai Para Inti Holdindo sebagai father holding company, yang membawahkan beberapa sub-holding, yakni Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo (media dan investasi) dan Para Inti Propertindo (properti).

Kini, Chairul Tanjung memiliki sejumlah perusahaan di bidang keuangan (financial), antara lain Asuransi Umum Mega, Asuransi Jiwa Mega Life, Para Multi Finance, Bank Mega, Mega Capital Indonesia, Bank Mega Syariah, dan Mega Finance. Di bidang properti dan investasi, antara lain Para Bandung Propertindo, Para Bali Propertindo, Batam Indah Investindo, dan Mega Indah Propertindo. Di bidang penyiaran dan multimedia, antara lain Trans TV, Trans 7, Mahagagaya Perdana, Trans Fashion, Trans Lifestyle, dan Trans Studio. Di bidang bisnis properti, antara lain Bandung Supermall.
Biografi Chairul Tanjung
Biografi Chairul Tanjung
Pada tahun 2010, Majalah Forbes mengungkapkan bahwa Chairul Tanjung merupakan salah satu orang terkaya di dunia pada urutan ke 937 dengan total kekayaan mencapai 1 Miliar Dollar dan pada tahun 2011, Majalah Forbes kembali mengungkapkan bahwa kekayaan (aset) Chairul Tanjung meningkat drastis lebih dari dua kali lipat, yaitu sebesar 2,1 Miliar Dollar. Dan pada tahun 2014, Chairul Tanjung memiliki kekayaan sebesar 4 Miliar Dollar dan termasuk orang terkaya nomor 375 di dunia.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :