Biografi dan Teori Adam Smith

Recomended


Biografi dan Teori Adam Smith - Pernahkah sebelumnya anda mendengar sistem ekonomi kapitalis? dan pernahkah anda berpikir siapakah yang mencetuskan sistem tersebut? sistem ekonomi kapitalis tersebut dicetuskan oleh seorang yang bernama Adam Smith dan ia merupakan salah seorang sosok yang sangat berpengaruh di dunia.


Biografi dan Teori Adam Smith
Adam Smith
Adam Smith memiliki nama lengkap John Adam Smith dan lahir di Kirkcaldy, Skotlandia pada tanggal 5 Juni 1723.

Adam Smith memasuki universitas sejak berumur 13 tahun yaitu universitas Glasglow dan di sana Adam Smith mempelajari filosofi moral di bawah Francis Hutcheson serta Adam Smith mengeksplorasi keinginannya yang sangat kuat tentang kebebasan, akal sehat serta kebebasan untuk berpendapat.

Adam Smith mengungkapkan di dalam bukunya “The Wealth of Nations” edisi kelima bahwa pada instruksi rendah dan aktivitas intelektual yang berjumlah sedikit dibandingkan dengan Skotlandia.

Ungkapan Adam Smith tersebut, ia tujukan kepada orang-orang yang dianugerahi kekayaan dari universitas Oxford dan Cambridge yang membuat pemasukan dari para professor tidak berdasarkan pada kemampuan mereka untuk menarik mahasiswa dan pada fakta bahwa orang-orang yang menyeru sebagai men of letters bisa menikmati kehidupan lebih nyaman dari mentri di Church of England.

Adam Smith mulai menguliahi di Edinburgh pada tahun 1748 dibawah bimbingan Lord Kames. Pada saat itu Adam Smith banyak membahas retorika dan belles-letters namun nantinya Adam Smith akan mengambil subjek dari kemajuan dan kesejahteraan serta nanti di pertengahan atau akhir abad ke dua puluh ia mengemukakan filosofi ekonomi dari sistem yang jelas dan sederhana dari kebebasan alamiah dalam bukunya yang berjudul The Wealth of Nations.

Beberapa tahun setelah itu yaitu sekitar tahun 1750, Adam Smith bertemu dengan David Hume yang merupakan seniornya. Adam Smith dan David Hume memiliki persekutuan intelektual yang sangat dekat dan persahabatan serta mereka memiliki kesamaan pendapat berdasarkan karya tulis mereka yang mencakup sejarah, politik, filosofi, ekonomi dan agama.

Selanjutnya pada tahun 1759, Adam Smith merilis sebuah teori dari sentimen moral, dimana karya tersebut mengangkat reputasi Adam Smith dan pada karya tersebut menjelaskan tentang bagaimana interaksi manusia atau komunikasi manusia bergantung pada simpati antara agen dan penonton serta Adam Smith juga memasukkan pembahasan tersebut ke dalam kuliahnya di Glasgow.

Adam Smith akhirnya pensiun dari keprofessorannya dan ia berkelana dari 1764 sampai 1766 bersama muridnya, kebanyakan di Perancis dan ia datang untuk menemui pemimpin intelektual seperti Turgor, Jean D'Alembert, Andre Morrelet, Helvetius dan Frangois Quesnay. 

Dalam perjalanan pulang ke Kirkaldy Adam Smith dipilih menjadi anggota Royal Society dari London dan dia mendedikasikan kebanyakan sepuluh tahun berikutnya pada magnum opusnya, The Wealth of Nations, yang muncul tahun 1776.

Pada tahun 1790 tepatnya pada 17 Juli 1790, Adam Smith meninggal di edinburgh karena sakit keras dan dikuburkan di Canogatw Kirkyard.

Setelah Adam Smith meninggal, ia meninggalkan banyak catatan dan material yang tidak dipublikasikan, tetapi memberi instruksi untuk menghancurkan apapun yang tidak pantas dipublikasikan.

Teori Adam Smith

Adam Smith adalah pencetus lahirnya sistem ekonomi kapitalis yang telah dikenal pada abad 18/19, sejak saat itu Adam Smith dikenal sebagai Bapak Ekonomi Kapitalis melalui karyanya yang berjudul “An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations” atau “The Wealth of Nations”. Sistem ekonomi kapitalis adalah sistem ekonomi yang mengutamakan penumpukan modal secara massal.

Karya Adam Smith :
1. The Theory of Moral Sentiments (1759)
2. An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (1776)
3. Lectures on Jurisprudence (diterbitkan setelah 1976)
4. Essays on Philosophical Subjects (diterbitkan setelah 1795)

Baca juga:
Sekian pembahasan tentang Biografi dan Teori Adam Smith dan semoga pembahasan tentang pentingnya Biografi dan Teori Adam Smith ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :