Perbedaan Pasar Konsumen dan Pasar Bisnis

Recomended


Perbedaan Pasar Konsumen dan Pasar Bisnis - Pasar dalam dunia bisnis merupakan suatu komponen utama yang harus sangat diperhatikan oleh perusahaan atau pelaku usaha lainnya. Pasar terbagi atas beberapa jenis dan macam diantaranya yang sering dibahas adalah pasar konsumen dan pasar bisnis.

pasar konsumen dan pasar bisnis

Pasar konsumen dan pasar bisnis memiliki pengertian, karakteristik dan sebagainya yang memiliki pengaruh yang sama pentingnya antara satu dengan lainya. Pada kesempatan ini kia akan membahas mengenai pasar konsumen dan pasar bisnis dimana poin yang akan dibahas adalah pengertian pasar, pengertian pasar konsumen, pengertian pasar bisnis, karakter pasar konsumen, karakter pasar bisnis, menganalisis pasar konsumen, menganalisis pasar bisnis, segmentasi pasar konsumen, segmentasi pasar bisnis, perbedaan pasar konsumen dan perbedaan pasar bisnis serta dengan pembahasan tentang pasar konsumen dan pasar bisnis ini dapat bermanfaat bagi teman-teman.

Perbedaan Pasar Konsumen dan Pasar Bisnis

Secara umum pasar adalah tempat bertemunya dua pihak yaitu pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian suatu produk berupa barang atau jasa serta didukung oleh faktor keinginan, daya beli dan tingkah laku dalam pembelian.

Pengertian pasar konsumen dan pengertian pasar bisnis

Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang melakukan pembelian suatu barang untuk dikonsumsikan dan bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut. Kelompok ini pada umumnya terdiri dari pembeli individual/pembeli rumah tangga (non bisnis).

Sedangkan pasar bisnis adalah pembeli yang melakukan pembelian suatu barang untuk dipergunakan dalam memproduksi produk atau dengan tujuan dijual lagi atau disewakan kepada pihak lain dengan mengambil keuntungan. Kelompok ini pada umumnya terdiri dari perusahaan atau organisasi yang berorientasi profit (bisnis).

Karakteristik pasar konsumen dan Karakteristik pasar bisnis

Karakteristik pasar konsumen adalah sebagai berikut:
1. Segmentasi pasar demografis
2. Perspektif pasar nasional
3. Penekanan taktik pemasaran pangsa pasar
4. Interaksi jual beli transaksional
5. Tidak ada pelanggan utama
6. Pendidikan pelanggan masih lemah
7. Daur hidup produk lebih panjang
8. Merek produk masih bersifat individual
9. Layanan yang disediakan belum tentu tersedia
10. Penekanan promosi menggunakan iklan
11. Target promosi fokus pada penempatan dan layanan produk
12. Kompleksitas saluran pemasaran masih sederhana
13. Pengetahuan pasar masih lemah
14. Dan sebagainya

Sedangkan karakteristik pasar bisnis adalah sebagai berikut:
1. Segmentasi pasar emporografis
2. Perspektif pasar global
3. Penekanan taktik pemasaran kinerja keuntungan
4. Interaksi jual beli kemitraan
5. Memiliki pelanggan utama
6. Pendidikan pelanggan kuat
7. Daur hidup produk lebih pendek
8. Merek produk masih bersifat perusahaan
9. Layanan yang disediakan telah tersedia sebelum dan sesudah transaksi
10. Penekanan promosi menggunakan personal selling
11. Target promosi fokus ke merangsang terjadinya sales call
12. Saluran pemasaran kompleks
13. Pengetahuan pasar kuat
14. Dan sebagainya.

Menganalisis pasar konsumen dan menganalisis pasar bisnis

Membahas mengenai analisis pasar yaitu pasar konsumen maupun pasar bisnis, di dalam manajemen pemasaran dijelaskan salah satu faktor penting bagi seorang pemasar adalah dapat melakukan suatu analisis pasar dimana ia mengerti perilaku konsumen dan tindakan konsumen.

Analisis pasar konsumen dan analisis pasar bisnis pada umumnya sama, hanya saja analisis dalam pasar bisnis telah mempertimbangkan jumlah tertentu seperti kuantitas dan harga. Faktor yang mempengaruhi analisis pasar pada umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Faktor budaya
  2. Faktor sosial
  3. Faktor pribadi

Segmentasi pasar konsumen dan segmentasi pasar bisnis

Segmentasi pasar antara pasar konsumen dan pasar bisnis pada dasarnya adalah sama, dimana para ahli pemasaran mendefinisikan macam-macam segmentasi pasar berdasarkan karakteristik deskriptif dan aspek lainnya terkait konsumen. Namun, segmentasi pada pasar bisnis dilakukan secara bertahap sesuai dengan urutan tahapannya atau sistematis.

Perbedaan pasar konsumen dan pasar bisnis

Perbedaan antar kedua pasar tersebut yaitu, perbedaan pasar konsumen dan pasar bisnis dapat dibedakan dari beberapa sisi antara lain:

1. Struktur Pasar
Pemasar Bisnis umumnya berhubungan dengan konsumen yang jumlahnya lebih sedikit namun memiliki kapasitas besar dibandingkan pemasar konsumen. Hal ini juga terjadi dalam pasar bisnis yang besar, dimana pembeli sering mendominasi pembelian. 

2. Karakteristik Permintaan
Perbedaan pasar konsumen dan pasar bisnis berdasarkan karakteristik permintaan adalah sifat permintaan, stabilitas permintaan dan elastisitas permintaan.

Sifat permintaan bisnis merupakan permintaan turunan (derived demand) dari permintaan konsumen. Jadi, kenaikan dan penurunan permintaan suatu produk bisnis dipengaruhi seberapa besar permintaan konsumen terhadap produk tersebut.

Stabilitas permintaan rentan terganggu (more volatile) pada pasar bisnis dibanding pasar konsumen. Hal ini disebabkan karena pembeli dalam pasar konsumen lebih dominan dibandingkan dengan pembeli dalam pasar bisnis, namun skala pembelian setiap pembeli besar sehingga perusahaan menggantungkan penjualan pada jumlah pembeli yang terbatas.

Elastisitas permintaan dalam pasar bisnis umumnya ditemukan elastisitas terbalik, dimana jika harga naik maka permintaan juga akan naik dan jika harga turun maka permintaan akan turun. Hal ini terjadi karena sifat spekulasi dalam pasar bisnis, dimana saat harga naik muncul spekulasi bahwa harga akan semakin naik nantinya. Sedangkan dalam pasar konsumen elastisitas tersebut jarang terjadi.

3. Karakteristik unit pembelian
Pembelian dalam pasar bisnis biasanya ikut melibatkan pihak lainnya dalam mengambil keputusan sehingga usaha pembelian lebih professional dibandingkan dengan pasar konsumen.

4. Tipe keputusan dan proses pengambilan keputusan
Umumnya pembeli bisnis menghadapi keputusan pembelian yang lebih kompleks dibandingkan dengan pembeli bisnis konsumen. Hal ini disebabkan pembelian biasanya mencakup jumlah besar, jadi perlu dilakukan pertimbangan teknis dan ekonomi yang lebih kompleks serta banyak interaksi yang dilakukan pada level tertentu pada pihak pembeli. 

Selain itu, dikarenakan hal tersebut umumnya hubungan antara penjual dan pembeli dalam pasar bisnis lebih dekat dan stabil. Sedangkan dalam pasar konsumen, hubungan antara penjual dan pembeli umumnya jauh dan seringkali pembeli bertukar-tukar produk maupun tempat membeli.

5. Karakteristik pemasaran
Perbedaan antara pasar konsumen dan pasar bisnis dari sisi karakteristik pemasarannya terdapat banyak perbedaan pula dan untuk lebih jelasnya lihat kembali poin di atas yang membahas mengenai karakteristik pasar konsumen dan karakteristik pasar bisnis.

Sekian pembahasan tentang pasar konsumen dan pasar bisnis dan semoga pembahasan tentang pasar konsumen dan pasar bisnis ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Perbedaan Pasar Konsumen dan Pasar Bisnis"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.