Bagaimana Strategi Pemasaran Rumah Sakit?

Recomended


Bagaimana Strategi Pemasaran Rumah Sakit? – Pemasaran kini telah menjadi suatu kebutuhan bagi setiap perusahaan dalam memasarkan produknya, karena jika tidak dilakukan pemasaran produk maka penjualan produk tersebut kemungkinan besar tidak akan maksimal meski produk tersebut memiliki kualitas yang bagus sekalipun. Salah satu manfaat pemasaran ialah pelanggan akan mengetahui informasi terkait produk seperti manfaat apa yang akan diperoleh jika membeli produk tersebut.

Pemasaran selain berguna untuk perusahaan, pemasaran berguna pula untuk organisasi seperti rumah sakit baik yang berorientasi profit maupun berorientasi nirlaba, intinya pemasaran itu diperlukan dan oleh semua pihak yang memiliki produk yang ingin didistribusikan kepada pihak lainnya. Jadi pada kesempatan ini admin akan membahas mengenai pemasaran rumah sakit, poin yang akan dibahas ialah pengertian pemasaran, pengertian rumah sakit, jenis dan tipe rumah sakit, tugas dan fungsi rumah sakit, pelayanan rumah sakit, pemasaran rumah sakit, strategi pemasaran rumah sakit, proses penyusunan strategi pemasan rumah sakit, pilihan strategi pemasaran rumah sakit dan segmentasi pasar rumah sakit serta semoga dengan pembahasan mengenai pemasaran rumah sakit ini bermanfaat bagi teman-teman.

Bagaimana Strategi Pemasaran Rumah Sakit?
Pemasaran rumah sakit dan strategi pemasaran rumah sakit

Pemasaran Rumah Sakit

Pemasaran secara singkat dapat didefinisikan sebagai suatu proses menciptakan, menawarkan dan menukarkan suatu produk kepada pembeli. Pemasaran secara lengkap silahkan teman-teman membaca artikel dibawah ini:

Pengertian Rumah Sakit

Pengertian rumah sakit menurut WHO (World Health Organization)
Rumah sakit adalah bagian integral dari suatu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna (komprehensif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pencegahan penyakit (preventif) kepada masyarakat. Rumah sakit juga merupakan pusat pelatihan bagi tenaga kesehatan dan pusat penelitian medik.

Pengertian rumah sakit menurut Undang-Undang No. 44 tahun 2009
Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan karateristik tersendiri yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi, dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang harus tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Jenis dan tipe rumah sakit

Jenis dan tipe rumah sakit dapat dikategorikan berdasarkan jenis dan tipe pelayanan dan jenis dan tipe pengelolaan rumah sakit tersebut. 

Jenis dan tipe rumah sakit berdasarkan pelayanannya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu rumah sakit umum dan rumah sakit khusus.

Rumah sakit umum adalah rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan terhadap semua bidang kesehatan. Sedangkan rumah sakit khusus adalah rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan terhadap satu bidang kesehatan tertentu saja.

Jenis dan tipe rumah sakit berdasarkan pengelolaannya dapat dibedakan menjadi dua pula, yaitu rumah sakit sektor publik dan rumah sakit privat.

Rumah sakit sektor publik adalah rumah sakit yang pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta badan hukum yang berorientasi atau bersifat nirlaba dan rumah sakit tipe ini dilaksanakan oleh badan layanan umum (BLU). Sedangkan rumah sakit privat adalah rumah sakit yang pengelolaannya dilakukan oleh badan hukum tertentu yang berbentuk perseroan terbasatas (PT) dan berorientasi atau bersifat komersil yang artinya mereka mencari keuntungan atau laba dalam menjalankan kegiatannya.

Tugas dan fungsi rumah sakit

Tugas rumah sakit adalah memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna dan untuk menjalankan tugas rumah sakit tersebut, rumah sakit mempunyai fungsi sebagai berikut:
  • penyelenggaraan pelayanan pengobatan dan pemulihan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit.
  • pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perorangan melalui pelayanan kesehatan yang paripurna tingkat kedua dan ketiga  sesuai kebutuhan medis; 
  • penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kemampuan dalam pemberian pelayanan kesehatan;
  • penyelenggaraan penelitian dan pengembangan serta penapisan teknologi bidang kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan etika ilmu pengetahuan bidang kesehatan;  

Pelayanan Rumah Sakit

Membahas mengenai pelayanan kesehatan, hal ini telah diatur oleh Pemerintah Indonesia dan diatur dalam Undang-undang serta dijamin oleh UUD 1945, lebih jelasnya disebutkan bahwa pelayanan kesehatan merupakan hak setiap orang yang harus diwujudkan dengan upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Pelayanan rumah sakit berbeda-beda dan ini sesuai dengan yang telah dijelaskan di atas bahwa pelayanan rumah sakit dapat dibedakan menjadi dua yaitu umum dan khusus.

Pelayanan rumah sakit umum yaitu melayani semua keluhan kesehatan, sedangkan pelayanan rumah sakit khusus yaitu melayani satu keluhan kesehatan sesuai dengan keahliannya.

Bagaimana Strategi Pemasaran Rumah Sakit?

Pemasaran Rumah Sakit

Pemasaran rumah sakit adalah suatu perencanaan, implementasi dan kontrol terhadap program yang telah dirancang guna meningkatkan penjualan jasa kesehatan yang di sediakan oleh rumah sakit yang nantinya menghasilkan keuntungan atau laba sesuai harapan manajemen rumah sakit.

Pemasaran rumah sakit dilakukan manajemen rumah sakit untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, sasaran pelanggan sehingga nantinya terciptalah kepuasan pelanggan.

Menurut para ahli, kegiatan pemasaran rumah sakit dapat dikelompokkan sebagai berikut:
  • Riset konsumen
  • Pengembangan produk
  • Komunikasi konsumen
  • Distribusi produk
  • Penetapan harga produk
  • Layanan berkelanjutan

Strategi Pemasaran Rumah Sakit

Menurut para ahli pemasaran, strategi pemasaran rumah sakit dapat dilakukan dengan tiga tahapan sebagai berikut:
  • Memilih konsumen yang dituju (target)
  • Mengidentifikasi keinginan konsumen
  • Menentukan bauran pemasaran (marketing mix)
  • Proses Penyusunan Strategi Pemasaran Rumah Sakit

Menurut para ahli pemasaran, proses penyusunan strategi pemasaran rumah sakit dapat dilakukan dengan tiga tahapan sebagai berikut:
  • Analisis strategi pemasaran
  • Respon pasar terhadap produk 
  • Riset strategi pemasaran

Pilihan Strategi Pemasaran Rumah Sakit

Menurut para ahli pemasaran, pilihan strategi pemasaran rumah sakit dapat dilakukan dengan menggunakan analisis swot.

Analisis swot merupakan salah satu metode analisis yang digunakan sebelum membuat strategi pemasaran, dimana dengan menggunakan analisis  strentht, weakness, opportunity dan threat (SWOT) nantinya akan diketahui faktor yang mempengaruhi baik yang berasala dari dalam rumah sakit (intern) maupun dari luar rumah sakit (eksternal).

Segmentasi Pasar Rumah Sakit

Menurut para ahli pemasaran, segmentasi pasar rumah sakit adalah suatu proses mengelompokkan pasar (pasien rumah sakit) yang nantinya berguna untuk menentukan pasar sasaran (target).


Sekian pembahasan tentang pemasaran rumah sakit dan semoga pembahasan tentang pemasaran rumah sakit ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Bagaimana Strategi Pemasaran Rumah Sakit?"

Posting Komentar

Ada Pertanyaan atau Komentar? Silahkan sampaikan disini, InsyaAllah admin kami akan segera meresponnya.